NEWS

Founder Studio Ufotable, Hikaru Kondo Akui Telah Menghindari Pembayaran Pajak

Billy Mariza   |   Minggu, 19 Sep 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Pendiri, direktur perwakilan, dan presiden studio anime ufotable Hikaru Kondo mengakui tuduhan melanggar Undang-Undang Pajak Perusahaan dan Undang-Undang Pajak Konsumsi karena gagal membayar pajak sebesar 138 juta yen (sekitar US$1,25 juta) pada sidang pendahuluan oleh Pengadilan Distrik Tokyo pada hari Jumat. Selama sidang yang sama, Kondo mengeluarkan permintaan maaf, mengakui bahwa dia pikir penghindaran pajaknya "tidak akan membawa masalah bagi [ufotable]."

Penuntut mengatakan dalam pernyataan pembukaannya bahwa ufotable dan Kondo menyembunyikan sebagian pendapatan dari kafe dan barang dagangan perusahaan dari 2015 hingga 2018 untuk menghadapi penurunan bisnis di masa depan. Studio tersebut diduga menyembunyikan pendapatan sekitar 441 juta yen (sekitar US$4 juta).

Baca ini juga :

» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia
» Sang Ninja Hadir di Dunia Nyata! Film Live Action Naruto Resmi Digarap oleh Sutradara Film Shang-Chi!
» [RUMOR] Fortnite Kabarnya Akan Berkolaborasi dengan Animanga Populer, One Piece!
» FPS Kok Anime, Developer Game China Buat Game FPS Seperti Valorant Tapi Gunakan Waifu Cantik!

Setelah dakwaan resmi Kondo dan ufotable pada 9 Juli, ufotable mengakui dakwaan Kantor Kejaksaan Umum Tokyo, dan memberikan jaminan bahwa perusahaan telah mengajukan pengembalian pajak yang dikoreksi dan membayar jumlah yang sesuai.

Mainichi Shimbun melaporkan tahun lalu bahwa Kondo diduga menyembunyikan sekitar 30% dari hasil dari beberapa restoran bertema anime ufotable di Tokyo dan menyimpannya di brankas pribadi di rumah.

Majalah Weekly Bunshun Digital Bungeishunju melaporkan pada April 2019 bahwa ufotable diduga berutang pajak 400 juta yen (sekitar US$3,57 juta), mengutip sumber dari Biro Perpajakan Regional Tokyo. Laporan tersebut mencatat bahwa ufotable diduga menyalahgunakan dana yang dikumpulkan dari lelang amal untuk gempa bumi Tōhoku 2011, pelanggaran KUHP yang membawa kemungkinan hukuman penjara tidak lebih dari 10 tahun.

Kondo akhirnya mengundurkan diri dari perannya sebagai ketua komite eksekutif untuk Machi Asobi, acara Tokushima yang pernah menjadi penyelenggara utama ufotable, pada Mei 2019.

Kondo mendirikan ufotable pada tahun 2000, dan studio ini mungkin paling terkenal dengan anime televisi Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba terbaru dan film hit yang menyertainya Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train, serta berbagai adaptasi anime dari Waralaba Type-Moon's Fate, termasuk Fate/Zero dan Fate/stay night: Unlimited Blade Works.

Sumber: Animenewsnetwork

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru