NEWS

Sebuah Penelitian di Amerika Serikat Sebut Game dapat Meningkatkan IQ Anak

Billy Mariza   |   Jumat, 20 May 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Sebuah penelitian terhadap remaja Amerika mengungkapkan bahwa anak-anak yang bermain video game memiliki peningkatan skor IQ yang sangat bisa terukur. Seperti dilaporkan oleh Neuroscience News, studi oleh Karolinska Institutet Swedia "menemukan efek positif pada perubahan kecerdasan dari waktu bermain game, dengan lebih banyak waktu menonton video digital atau bermain video game yang mengarah pada peningkatan kecerdasan yang lebih besar."

Para peneliti juga mengukur efek dari aktivitas berbasis layar lainnya seperti streaming, menonton TV, dan bersosialisasi secara online. Penelitian dimulai dengan kelompok awal yang teridri dari 10 ribu anak laki-laki dan perempuan dengan rentang umur 9-10 tahun.

Baca ini juga :

» Pengembang Indie Buat Game Adaptasi Attack on Titan Lengkap Mekanisme 3D Manuver Gear
» Tower of Fantasy Sudah Rilis di Indonesia, Bikin Acara Heboh di Mal Taman Anggrek!
» Fall Guys Resmi Kolaborasi dengan Sonic the Hedgehog dan Hadirkan Skin Eksklusif!
» Catat Sejarah! BOOM Esports Jadi Tim Indonesia Pertama yang Masuk ke Ajang The International!
» YouTube Matikan Fitur Sembunyikan Jumlah Subscriber di Channel Para Konten Kreatornya


Sumber: Somoskudasai

Mereka di analisis, diuji, diberi skor kecerdasan, dan keluarga mereka ditanya seberapa banyak waktu yang mereka habis dalam aktifitas layar yang berbeda (bermain game, menonton, atau bermedia sosial).

Setelah dua tahun, anak-anak diuji lagi dan mereka menyimpulkan bahwa "game berdampak positif pada kecerdasan." Mereka juga mencatat bahwa temuan ini "konsisten dengan manfaat kognitif" yang ditemukan dalam penelitian sebelumnya tentang video game.

Rata-rata, penelitian menemukan bahwa anak-anak menghabiskan 2,5 jam sehari menonton TV, setengah jam di media sosial dan 1 jam bermain video game. Temuan yang paling signifikan adalah bahwa "mereka yang bermain game lebih dari rata-rata meningkatkan kecerdasan mereka ... sekitar 2,5 poin IQ lebih dari rata-rata.

" Para peneliti mengatakan mereka memiliki "harapan kuat" dalam penelitian bahwa bermain game akan bermanfaat bagi anak-anak, menyebut video game sebagai jenis aktivitas digital yang "unik". Laporan tersebut mengklaim bahwa manfaat game "masuk akal secara intuitif dan selaras dengan teori pembelajaran aktif dan kekuatan praktik yang disengaja."

Sumber: CBR

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru