NEWS

[First Impression] Harvestella: Hari Ini Berkebun, Besok Menyelamatkan Dunia

Haykal Yama Dena   |   Selasa, 08 Nov 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Harvestella, game life simulation RPG besutan Square Enix yang baru saja dirilis pada 4 November lalu ini bercerita mengenai sang pemeran utama yang mengalami amnesia dan terbangun di tengah-tengah ancaman Quietius, sebuah musim kematian yang hadir di setiap pergantian musim.

Baca ini juga :

» Youtuber Bernama Karl Buat Colloseum dengan 1 Juta Blok di Minecraft!
» Akhirnya Ikut Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Minimal Biar Bisa Mainin Horizon Forbidden West
» [RUMOR] God of War Ragnarok Baru Akan Rilis di PC Pada Tahun 2025
» Diskon Pertama untuk Like a Dragon: Infinite Wealth! SEGA ATLUS Spring Sale 2024 Tengah Berlangsung di Steam
» Dibekali Fitur Khusus untuk AI! ASUS Luncurkan Lini Terbaru Laptop Gaming ROG dan TUF GAMING 2024

Kebetulan KotakGame mendapatkan kesempatan untuk mencoba Harvestella nih. Sebelumnya kami ingin berterima kasih ke Square Enix yang sudah memberikan kami kesempatan untuk mainin game yang seru ini. Yuk, langsung kita cek first impression Harvestella dari KotakGame!

Pada permulaan Harvestella kamu harus melakukan pembuatan karakter utama yang akan kamu mainkan, dimulai dari gendernya yang bisa kamu pilih antara wanita, pria, atau non-binary. Sayangnya, menurut kru KotakGame asset fisik antara karakter pria dan wanita tidak terlihat begitu berbeda. Kita juga tidak bisa mengubah gaya rambut hanya warna rambut dan bola mata saja.


Setelah memulai game, kita akan disambut dengan dunia unik dimana kalian dalam sekali lihat sudah bisa merasakan aura Square Enix dari game ini. Dimana terdapat geografi yang indah serta banyak kristal dimana-mana.


Seperti game life simulation kebanyakan, kita akan menghabiskan beberapa hari pertama untuk melakukan tutorial dan Harvestella juga memberikan tutorial bercocok tanam di awal permainan. Perbedaan dari Harvestella yang cukup bisa dirasakan adalah cepatnya tanaman untuk tumbuh, beberapa tanaman sudah bisa kamu panen dalam waktu 1-2 hari saja. Hal ini berguna untuk membangun ekonomi pemain di awal permainan.


Nah, selanjutnya kita akan diperkenalkan dengan aspek RPG dalam game ini dimana kita bisa mengunjungi field untuk melawan berbagai monster. Namun sayangnya menurut KotakGame, sistem combat di Harvestella masih monoton dimana hanya berfokus pada satu tombol untuk menyerang saja meskipun kadang masih digabungkan dengan tombol untuk mengeluarkan skill.


Disini juga terdapat sistem job dimana karaktermu akan memiliki job fighter di awal permainan. Sepertinya nanti kamu bisa mengganti job karakter utamamu. Kamu juga bisa membangun party dengan NPC yang memiliki job berbeda.


Salah satu hal yang cukup mengganggu di Harvestella pada awal permainan adalah sistem stamina dimana berlari, bertarung, dan berkebun menggunakan bar stamina yang sama. Satu-satunya cara meningkatkan stamina adalah dengan memakan makanan dan meningkatkan bar hunger kamu yang nantinya sedikit demi sedikit akan berkurang untuk mengisi bar stamina. Meskipun jika kita melihat game sejenis, max stamina karaktermu akan bertambah seiring berjalannya game.


Kesimpulan dari first-impression Harvestella dari KotakGame adalah game ini merupakan perpaduan yang baik antara game life simulation dan RPG meskipun di awal permainan terasa masih setengah-setengah antara keduanya. Seperti sistem stamina yang cepat habis serta waktu yang bergerak cepat untuk melakukan eksplorasi dan berkebun, hingga interaksi ke NPC yang monoton seperti game action RPG kebanyakan. Namun, game ini masih sangat menyenangkan untuk dimainkan secara santai. KotakGame merekomendasikan kamu yang suka perpaduan antara life simulation dan action RPG untuk mencoba Harvestella.
(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru