NEWS

Dapatkan Investasi 3 Juta Dollar AS! Anantarupa Studios Siap Kembangkan IP Lokapala Menuju Pasar Global

Master-Fakry   |   Selasa, 06 Dec 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Lokapala, game MOBA pertama dari Indonesia dan Asia Tenggara kembangan Anantarupa Studios, mendapatkan suntikan 3 juta Dollar AS dari perusahaan modal ventura asal Singapura. Lead investor dari seed-round ini adalah Oriza Greenwillow Technology Fund , yang menargetkan investasi kepada perusahaan-perusahaan yang berpotensi untuk menjadi leader di Asia Tenggara. Investasi seed-round Greenwillow ke Anantarupa Studios ditujukan untuk mempercepat ekspansi Lokapala ke wilayah Asia Tenggara dan menyiapkan pengembangan IP/konten Lokapala. Penandatanganan investasi dari Oriza Greenwillow Technology Fund untuk Anantarupa Studios ini difasilitasi oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah Indonesia terhadap industri game dan industri kekayaan intelektual (IP) nasional.

Baca ini juga :

» [BREAKING NEWS] RRQ Skylar Dilarikan ke Rumah Sakit Karena DBD, Kemungkinan Besar Absen dari MPL
» Terus Ekspansi! CEO Bigetron Esports Spill Mereka Akan Kembali Tambah Dua Divisi Baru!
» Sempat Kalah 3 Beruntun, CW Sebut Cheese Pick Jadi Alasan ONIC Dapatkan Hasil Tersebut!
» Unik! Acara Takbiran di Kabupaten Pati Hadirkan Sosok Barats dalam Pawai Keliling!
» Banyak Cuannya! Bonus Melimpah dari UniPin Selama Bulan Penuh Kemenangan

"Anantarupa Studios mengembangkan karakter-karakter dalam Lokapala berdasarkan ksatriya-ksatriya legendaris dalam berbagai kekayaan sejarah dan budaya di Indonesia dan Asia Tenggara. Para ksatriya legendaris ini akan beresonansi dengan kuat dengan para pemain di sini dan membentuk koneksi secara emosional maupun kultural dengan mereka. Konten game Lokapala yang unik dapat menjadi IP unggulan dalam industri konten lain yang selalu membutuhkan konten-konten baru, seperti komik, animasi, film, medium bercerita lainnya serta merchandising dan gamifikasi konten edukasi. Seluruh sektor ini tentunya akan membentuk kekuatan ekonomi kreatif baru yang berbasis IP bagi Indonesia dan wilayah Asia Tenggara lainnya, serta mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi para millenial," kata Loh Wai Keong, Managing Partner of Oriza Greenwillow Technology Fund yang berbasis di Singapura.

Dari data terbaru, industri game adalah industri konten atau IP terbesar di dunia yang mampu menyumbang transaksi hingga 3.200 triliun Rupiah di tahun 2022. Jumlah ini bahkan tiga kali lebih besar daripada industri film dunia. Menurut riset yang sama, 61% dari total transaksi industri game seluler mencapai 136 milyar Dollar di tahun 2022, meningkat 170% lebih cepat dari pertumbuhan industri secara menyeluruh. Sudah ada beberapa modal ventura ternama yang berkomitmen untuk berinvestasi sebesar 12 triliun Rupiah di tahun 2023 untuk industri game di Asia Tenggara. Oleh karenanya, industri game Indonesia juga diharapkan mampu untuk memperoleh porsi investasi yang signifikan di antara negara Asia Tenggara lainnya.

"Di dalam ekosistem esports, mata rantai bisnisnya berpusat pada komoditas utama, yaitu game-nya. Kami membuktikan bahwa Lokapala sebagai IP Indonesia mempunyai potensi besar untuk menembus pasar global. Untuk itu kami juga mempersiapkan pengembangan IP Lokapala dengan berkolaborasi bersama sektor lain untuk memproduksi komik, animasi, film, musik, dan merchandising. Kami berharap Lokapala dapat membawa IP Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi," kata Ivan Chen, CEO Anantarupa Studios.

Lokapala mempunyai peluang besar untuk menguasai pasar Asia Tenggara, mengingat 90% pemain game di Asia Tenggara memainkan game esports. Bahkan beberapa negara di Asia Tenggara mulai mengembangkan wisata esports sebagai program pariwisata negaranya karena esports menjadi medium komunikasi bagi generasi muda, melintasi batasan-batasan budaya dan bahasa. Saat ini, Anantarupa Studios sedang mempersiapkan uji server untuk kawasan Asia Tenggara, serta mengembangkan beberapa mode game dan fitur baru seperti Battle Pass dan inter-regional matchmaking untuk mengakomodasi para pemain lintas negara.

Banyak berita menarik di channel YouTube KotakGame!

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru