NEWS

Pendapatan XBOX Merosot 13% di Q2 Tapi Langganan Game Pass Terus Tumbuh

Aeprukmana   |   Rabu, 25 Jan 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Microsoft telah merilis laporan keuangan mereka untuk kuartal yang berakhir 31 Desember 2022 (tahun fiskal mereka berjalan dari 1 Juli hingga akhir Juni tahun berikutnya) dan hasilnya tidak sekuat yang biasa Anda lihat dari perusahaan tersebut. Pendapatan keseluruhan adalah $ 52,7 miliar, naik 2 persen dari tahun sebelumnya, tetapi laba bersih adalah $ 16,4 miliar, turun 12 persen dari tahun sebelumnya. Hasil yang biasa saja disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling menonjol adalah penurunan pendapatan OEM Windows dan perangkat. Namun demikian, hasil Q2 FY2023 dari divisi Xbox tidak mengesankan.

Baca ini juga :


» Microsoft Akan Menghadirkan DirectSR (Super Resolution) Di GDC 2024
» [RUMOR] 343 Industries Dikabarkan Telah Mengerjakan Seri Halo Berikutnya Sejak April 2022
» Setelah 6 Bulan, GTA V Segera Tinggalkan Xbox Game Pass Pada 15 Januari 2024
» Versi Premium Dirilis Duluan, Forza Motorsport Siap Rilis Pada 10 Oktober 2023!
» [TGS 2023] Xbox Umumkan Makin Banyak Game Yang Rilis Day 1 di Game Pass!




Sumber: Microsoft


Pendapatan Gaming Microsoft secara keseluruhan turun 13 persen dari tahun sebelumnya, karena penurunan pendapatan perangkat keras Xbox sebesar 13 persen dan penurunan pendapatan konten dan layanan Xbox sebesar 12 persen. Microsoft menyatakan bahwa penurunan pendapatan konten game disebabkan oleh kurangnya konten first-party dan penjualan third-party yang lebih rendah. Itu cukup masuk akal, karena Q2 sebelumnya melihat rilis Halo Infinite, sementara pada Q2 ini game besar Microsoft adalah Pentiment. Sebuah game yang bagus, tetapi tidak sama dengan Master Chief.

Penurunan penjualan perangkat keras lebih sulit dijelaskan. Tahun lalu, Xbox Series X dan S masih terbatas pasokan, sementara tahun ini mereka tersedia dalam jumlah yang relatif banyak. Bahkan, Xbox Series S adalah satu-satunya konsol generasi saat ini yang menawarkan diskon yang cukup besar selama musim belanja liburan. Diskon tersebut tidak mampu mendorong Xbox Series S untuk meraih kemenangan liburan - Nintendo Switch dan PlayStation 5 masih jauh lebih unggul - atau bahkan di atas penjualan Xbox Series dari tahun lalu.


Sumber: Microsoft


Sisi positif dari semua ini adalah layanan Game Pass milik Microsoft terus tumbuh, meskipun perusahaan tidak menyediakan jumlah pelanggan yang spesifik. Game Pass telah ditekan keras oleh Microsoft dalam beberapa tahun terakhir, dan meskipun layanan terus tumbuh, ia kurang dari target pada tahun 2022. Bos Xbox Phil Spencer juga mengakui bahwa Game Pass mungkin tidak akan pernah menjadi lebih dari 10 hingga 15 persen dari bisnis game mereka. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil hari ini, jika penjualan perangkat keras Xbox dan game tradisional turun, Game Pass tidak cukup untuk memperbaiki kondisi. Dalam hal ini, selama panggilan pendapatan Microsoft, CFO Amy Hood mengatakan konten Xbox kemungkinan akan turun dalam angka "low single digit" lagi pada kuartal berikutnya, karena pertumbuhan Game Pass tidak dapat menutupi penurunan pendapatan layanan langsung dari judul first dan third-party.


Sumber: Microsoft


Minggu lalu Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi 10.000 pekerjaan, dengan divisi Xbox yang merasakan efeknya. Terutama, developer Halo 343 Industries dikatakan telah "terkena dampak keras". Tentu saja, Microsoft juga sedang dalam proses untuk membeli Activision Blizzard seharga 69 miliar dolar, meskipun deal tersebut menghadapi tantangan dari regulator.

Selain berita utama di atas, kotakgame juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru