NEWS

Demi Ekosistem Esports yang Baik Kabarnya PBESI Akan Membuat Sistem MPL Menjadi Liga dengan 16 Tim!

Junior Cesaerea   |   Kamis, 18 May 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Esports telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan popularitasnya yang terus meningkat di seluruh dunia. Di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) telah menjadi salah satu game esports paling populer, dengan kompetisi MPL (Mobile Legends Professional League) sebagai liga profesional utama untuk MLBB di negara ini.

Indonesia sendiri saat ini merupakan salah satu negara terkuat pada gelaran SEA Games 2023 lalu gagal untuk lolos ke babak playoff. Karena hal itu, PBESI melalui sekjennya Frengky Ong membuat Instastory mengejutkan karena kabarnya PBESI akan mengambil alih MPL dan membuatnya menjadi liga terbuka menjadi 16 tim. Kita ketahui bahwa MPL Indonesia saat ini menggunakan sistem Franchise League.

Hal ini sendiri langsung menimbulkan pro kontra bagi komunitas yang ada di Mobile Legends. Berbagai macam tanggapan hadir untuk menolak usulan tersebut. Namun, ada juga yang menerima usulan yang diajukan oleh PBESI tersebut, karena mereka menganggap bahwa Perubahan ini akan memberikan peluang baru bagi pemain, organisasi, dan penggemar, serta memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan esports di tingkat global.

Kita ketahui bahwa dengan sistem Franchise League tim yang mengikuti turnamen tersebut hanya yang masuk ke dalam sana. Namun, Moonton sendiri tetap memperhatikan komunitas yang ada untuk mencari bibit-bibit unggul dengan membuat MDL dengan membuat sistem open qualifier untuk delapan tim non MPL.


Baca ini juga :

» Selain #TOSDULU, Kolaborasi RRQ & EVOS Juga Hadirkan T-Shirt Keren!
» Masih Unbeaten, AP Bren dan ECHO Esports Jadi yang Terkuat di Minggu Awal MPL PH Season 13!
» Youtuber Bernama Karl Buat Colloseum dengan 1 Juta Blok di Minecraft!
» Mengkeren! Pro Player Overwatch Korea Main Piano Saat Sedang Spawn Pada Pertandingan Penentuan!
» Kembali Ciptakan Meta Baru, Freya Goldlane Akhirnya Hadir di MPL PH Season 13!

Selain hal tersebut, Moonton juga membuat berbagai macam turnamen komunitas yang bekerja sama dengan berbagai macam brand dan bahkan pada event di Surabaya lalu yang bertepatan dengan event All Star mereka juga membuat event turnamen dengan berbagai macam hadiah untuk melihat bibit yang ada di Surabaya.

Sejatinya, sistem Franchise League sendiri juga cukup bagus untuk perkembangan esports Indonesia, selain menyajikan enternainment yang baik layaknya NBA di Amerika Serikat. Sistem ini juga mengundang keuntungan bagi para tim peserta agar ekonomi mereka tetap stabil.

Mungkin salah satu hal yang harus diperhatikan PBESI adalah sistem seleksi mereka untuk menuju ke ajang tahunan seperti SEA Games. Mungkin, PBESI harus memperhatikan cara federasi di Filipina dengan mengambil satu tim yang berlaga dan mungkin mengambil dua pemain dari finalis untuk cadangan. Kita dapat melihat dari hal tersebut Filipina berhasil meraih emas di ajang SEA Games tiga kali beruntun.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru