NEWS

Preview Unicorn Overlord - Tactical RPG Paket Komplit dengan Grafis Super Indah

Haykal Yama Dena   |   Jumat, 01 Mar 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Di awal tahun 2024 ini, genre RPG banyak mendapatkan judul game baru yang keren dan sangat layak kamu coba, beruntungnya “ombak” RPG ini belum usai, dan pada 8 Maret nanti kita akan mendapatkan game Tactical RPG yang menjanjikan dari developer Vanillaware dan Atlus, yaitu Unicorn Overlord. Versi demo dari Unicorn Overlord sudah bisa kamu download untuk PS4, PS5, Xbox Series X|S dan Nintendo Switch. Kali ini, KotakGame akan membuat preview Unicorn Overlord berdasarkan versi demonya. Penasaran? Ayo kita gas!

Unicorn Overlord dikembangkan oleh Vanillaware, developer yang memiliki rapor cukup baik dengan beberapa game besutannya yang kebanyakan juga bergenre RPG. Selain genre, Vanillaware juga memiliki desain visual yang khas dan aspek tersebut berhasil diaplikasikan pada Unicorn Overlord yang memiliki grafis yang begitu indah dengan ciri khas game strategi klasik. Hal ini berhasil membuat impresi pertama kami dalam segi grafis memberikan kesan nostalgia pada era Tactical RPG tahun 2000-an.

Baca ini juga :

» [Eksklusif] Interview Produser Unicorn Overlord, Yamamoto Akiyasu. Apa Ada Kemungkinan Rilis di PC?
» Tactical RPG Paket Komplit dengan Grafis Super Indah - Review Unicorn Overlord
» Rilis Duluan! Persona 5: The Phantom X Bakal Rilis April 2024 Hanya di Tiongkok
» Rumor: Persona 6 Akan Punya 2 Karakter Sebagai Protagonis
» Diskon Pertama untuk Like a Dragon: Infinite Wealth! SEGA ATLUS Spring Sale 2024 Tengah Berlangsung di Steam

Dari segi cerita, pada versi demo ini cerita dari Unicorn Overlord tidak bisa kita dalami terlalu dalam, namun setidaknya kita sudah bisa mendapatkan premis dari keseluruhan ceritanya. Cerita dalam game ini akan berfokus pada Alain, sang pangeran yang diasingkan akibat invasi yang menimpa negaranya ketika ia masih belia. Kita akan mengikuti perjalanan seorang pangeran untuk merebut kembali tahtanya dari penjajah.



Dari segi gameplay, Unicorn Overlord memiliki beberapa poin plus dari game tactical RPG sejenis. Tidak seperti kebanyakan game serupa dimana pertarungan antar unit hanya berlangsung 1vs1, di game ini kita bisa mengatur beberapa unit menjadi satu. Setiap unit memiliki skill passive yang bisa memiliki efek yang berbeda tergantung dari di barisan mana dia diletakkan.

Pertarungan di Unicorn Overlord berlangsung secara otomatis ketika dua unit yang berlawanan bertemu. Setiap unit memiliki stamina untuk bertarung, jika stamina unit tersebut habis, maka mereka harus beristirahat sebelum bertarung lagi. Hal ini menjadi salah satu fitur yang baik karena kita jadi tidak bisa bertarung hanya dengan unit yang itu-itu saja dan perlu menguasai strategi pertarungan dengan baik.

Setiap unit memiliki dua tipe skill yang bisa diatur, skill aktif dan pasif. Untuk menggunakan skill ini, diperlukan Action Point (AP) dan Passive Point (PP). AP dan PP setiap karakter memiliki batas yang berbeda. Pertarungan akan selesai jika salah satu unit kehabisan pasukan atau seluruh unit yang bertarung kehabisan AP dan PP mereka.



Setiap pertarungan di Unicorn Overlord memiliki objektif tersendiri dimana jika diselesaikan maka pertarungan akan berakhir meski masih ada musuh tersisa. Namun, kita tidak bisa serta merta langsung rush menyelesaikan misi seperti mengalahkan jendral atau mengambil sebuah kastil. Di Unicorn Overlord ada beberapa titik yang bisa diambil oleh pasukan kita seperti reruntuhan, jembatan, hingga kastil. Setiap bangunan memiliki pasif seperti bisa menjadi tempat mengeluarkan pasukan, mengisi HP, hingga memberikan keuntungan tambahan di setiap pertarungan.

Selain itu, seperti tactical RPG lainnya, setiap class di Unicorn Overlord juga memiliki keuntungan dan kelemahan jika bertemu dengan class lain. Seperti chavalry yang unggul akan infantry, dan archer yang bisa menghilangkan dodge thief.



Satu hal yang membuat kami terpesona adalah bagaimana Unicorn Overlord memiliki banyak sekali fitur dan hal yang bisa dikerjakan. Bukan hanya mengikuti jalan cerita yang linear, kita bisa menjelajahi over-world dimana kita bisa membantu membebaskan beberapa kota untuk membuka berbagai fitur dan mencari karakter baru untuk menjadi pasukan. Bukan hanya karakter utama, di Unicorn Overlord kita juga bisa menyewa mercenary dengan class yang berbeda. Seperti pada awal permainan, belum ada karakter Gryphon Knight yang bisa kita rekrut, tapi kita bisa merekrut mercenary dengan class tersebut untuk mengisi kekosongan unit kita.

Selain itu, kami tidak dibuat bosan dengan Unicorn Overlord selama memainkan demonya, dengan grafis yang sangat indah dan cerita yang menggugah, Unicorn Overlord menjadi salah satu wishlist kami di kuartal pertama 2024. Demo Unicorn Overlord sudah bisa kamu download sekarang dan progressnya bisa dilanjutkan ketika kamu memiliki gamenya saat rilis di tanggal 8 Maret nanti untuk PS4, PS5, Xbox Series X|S dan Nintendo Switch.

Kamu bisa cek Unicorn Overlord TAGS
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru