NEWS

OpenAI Rilis ChatGPT Versi Terbaru GPT-4o, Lebih Pintar dan Gratis Untuk Semua Pengguna!

Rahmat Handiko    |   Rabu, 15 May 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

OpenAI baru saja meluncurkan GPT-4o, sebuah versi terbaru dari model GPT-4 yang digunakan dalam produk andalan mereka, ChatGPT. Model yang diperbarui ini diklaim "jauh lebih cepat" dan menawarkan peningkatan kemampuan dalam teks, visi, dan audio. Hal ini diungkapkan oleh CTO OpenAI, Mira Murati, dalam sebuah pengumuman langsung pada hari Senin. GPT-4o akan tersedia gratis untuk semua pengguna, sementara pengguna berbayar akan tetap mendapatkan keuntungan berupa batas kapasitas hingga lima kali lipat lebih besar dibandingkan pengguna gratis, jelas Murati.

Dalam postingan blog perusahaan, OpenAI menyebutkan bahwa kemampuan GPT-4o akan diluncurkan secara bertahap, namun fitur teks dan gambar akan mulai tersedia hari ini di ChatGPT. CEO OpenAI, Sam Altman, menjelaskan bahwa model ini bersifat "secara alami multimodal," artinya GPT-4o mampu menghasilkan konten atau memahami perintah dalam format suara, teks, maupun gambar. Bagi para pengembang yang ingin bereksperimen dengan GPT-4o, mereka akan memiliki akses ke API yang harganya setengah dan kecepatannya dua kali lebih cepat dibandingkan dengan GPT-4 Turbo, tambah Altman di platform X.

Salah satu fitur baru yang akan hadir di ChatGPT adalah mode suara yang lebih canggih sebagai bagian dari model baru ini. Aplikasi ini akan mampu berfungsi sebagai asisten suara yang responsif seperti dalam film Her, mampu merespons secara real time dan memperhatikan lingkungan sekitar pengguna. Mode suara saat ini masih terbatas, hanya bisa merespons satu perintah pada satu waktu dan bekerja berdasarkan apa yang didengar saat itu juga.

Baca ini juga :


» LinkedIn Umumkan Fitur Baru, Mulai Dari Cari Kerja Sampai Bikin Surat Lamaran Bisa Dibantu AI!
» ASUS Luncurkan Zenfone 11 Ultra, Ponsel Flagship yang Berikan Fitur Canggih dalam Desain Estetik
» Smartphone Lipat Terbaru Samsung Akan Mendapat Dukungan Galaxy AI
» ASUS Perlihatkan Laptop Ultra-thin Dengan Chip AI ASUS Zenbook S16 di Computex 2024
» ASUS Umumkan Laptop Vivobook S 15 yang Pakai Prosesor Snapdragon X Elite di Computex 2024

Altman juga merenungkan perjalanan OpenAI dalam sebuah posting blog setelah acara siaran langsung tersebut. Ia menjelaskan bahwa visi awal perusahaan adalah untuk "menciptakan berbagai macam manfaat bagi dunia," namun diakui bahwa visi tersebut telah mengalami perubahan. OpenAI telah mendapat kritik karena tidak membuka akses sumber terbuka untuk model AI canggih mereka, dan Altman mengisyaratkan bahwa fokus perusahaan kini telah bergeser untuk membuat model-model tersebut tersedia bagi pengembang melalui API berbayar dan pihak ketiga untuk menciptakan hal-hal luar biasa yang bisa dimanfaatkan bersama. "Sekarang sepertinya kami akan menciptakan AI dan kemudian orang lain akan menggunakannya untuk menciptakan berbagai macam hal luar biasa yang dapat kita manfaatkan bersama," kata Altman.

Sebelum peluncuran GPT-4o hari ini, terdapat berbagai spekulasi yang beredar mengenai apa yang akan diumumkan oleh OpenAI. Beberapa laporan memperkirakan bahwa perusahaan akan meluncurkan mesin pencari AI untuk menyaingi Google dan Perplexity, sebuah asisten suara yang menggunakan GPT-4, atau bahkan memperkenalkan model baru yang lebih canggih, GPT-5. Peluncuran GPT-4o ini dilakukan tepat sebelum Google I/O, konferensi besar dari raksasa teknologi Google, di mana berbagai produk AI dari tim Gemini diharapkan akan diperkenalkan.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru