Feature

Nyobain Fitur AiMesh di Router ASUS! Sinyal Luas, Gaming Lancar Tanpa Khawatir WiFi Lemot

oleh: Keyboard22
ASUS hadir dengan berbagai jenis produk gaming yang bisa dibilang lengkap mengisi berbagai lini. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk gaming, mulai dari laptop, gaming gear, motherboard, kartu grafis, hingga router. Untuk memainkan berbagai game online khususnya yang berada di scene kompetitif, router bisa menjadi komponen yang cukup krusial.

Berbicara mengenai router yang mumpuni untuk memberikan pengalaman terbaik dalam bermain game-game kompetitif, tentu saja router dengan segudang fitur adalah pilihan utama. Umumnya dengan menggunakan sebuah router, kebutuhan WiFi di rumah sudah akan tercukupi. Tetapi ada kalanya jika rumahnya cukup luas, sinyal di tempat tertentu kurang maksimal sehingga kita perlu menambahkan perangkat seperti repeater. Untungnya, ASUS cukup jeli dengan menyediakan sebuah fitur pada semua router miliknya yang dinamakan AiMesh. Fitur tersebut adalah fitur inovatif dari ASUS untuk menggabungkan beberapa router ASUS menjadi sebuah Mesh Network dimana jangkauan sinyal WiFi menjadi lebih luas dan optimal.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan mencicipi dan menjelaskan lebih detail mengenai fitur AiMesh dari ASUS tersebut, terutama bagi kamu yang tinggal disebuah bangunan luas atau rumah berlantai-lantai dan ingin membangun sebuah mesh network dengan mudah tanpa mengurangi performa jaringan dan router yang dimiliki. Yuk simak artikelnya!

Penjelasan Singkat Mengenai Jenis Wi-Fi

Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Pastinya kamu pernah mendengar di berbagai spesifikasi laptop atau smartphone yang mendukung spesifikasi 802.11n misalnya. Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:

Saat ini, standarisasi di dunia sudah menggunakan generasi kelima, yaitu 802.11ac yang mampu menghasilkan troughput tinggi pada band 5GHz. Lantas, apa untungnya? Bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan Wi-Fi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Baca ini juga :

» Biar Kayak Pro Player, Upgrade Monitor Kamu ke Monitor Gaming ASUS
» Khilaf Berkah! Ini Dia Panduan Membeli Monitor Gaming Sesuai Kantongmu
» Tiga Kelas Monitor Gaming yang Wajib Diketahui Para Gamer
» Lancar Gaming Maksimal! Tips Jitu untuk Menambah Kinerja Wifi dengan Router ASUS!
» Tips dan Trik Dongkrat Kinerja Wifi untuk Mendapatkan Jangkauan Terbaiknya!
ASUS RT-AC66U
Pada pengujian kali ini, kru KotGa menggunakan router ASUS RT-AC66U yang merupakan dual-band Wi-Fi router. Kecepatan router tersebut bisa mencapai hingga 1.75Gbps. Selain itu, router tersebut uga telah dilengkapi dengan kontroler Wi-Fi Broadcom 802.11ac dan bekerja pada 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Jaringan pita 5Ghz mendukung sampai denagn 1.4Gbps, melebihi transmidi kabel Gigabit saat ini dan 3X lebih cepat dari 802.11n. RT-AC66U memberikan multitasking mulus bebas lag dan streaming yang sangat cepat serta tentunya untuk memainkan game kekinian. Kru KotGa gunakan router sebagai node.

Konfigurasi mudah dan cepat

Meskipun berbagai kelebihan yang dimiliki oleh AiMesh terlihat sangat rumit, namun untuk konfigurasinya tidak terlalu sulit kok Kotakers. Pertama-tama tentunya kamu harus upgrade firmware si router yang akan digunakan jika masih menggunakan versi lama, karena hanya firmware terbaru yang mendukung fitur AiMesh. Setelah itu, kamu diharuskan untuk reset konfigurasi router yang akan dijadikan sebagai penghubung dari router utama demi mempermudah konfigurasi. Router utama tidak diharuskan untuk mereset konfigurasi.

Setelah itu, kamu hanya diharus untuk membuka setup interface router ASUS seperti biasa melalui http://router.asus.com/. Ketika sudah memasuki halaman tersebut kamu akan melihat bahwa AiMesh Node masih menunjukkan angka 0. Nah, dibagian kanan tampilan pengguna hanya harus mengklik tombol "Search" pada bagian find AiMesh node. Jika router penghubung sudah dinyalakan, makan ia akan otomatis masuk menjadi node.

Oh ya, ASUS juga merekomendasikan router utama yang digunakan sebagai AiMesh adalah yang memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni. Alasannya karena AiMesh juga akan membebani kinerja router, yang tentu aja akan jauh lebih baik jika menggunakan router yang lebih mumpuni sebagai router utama. Cara di atas juga bisa terus dilakukan hingga ke beberapa node selanjutnya. Setelah itu, posisi berbagai node tersebut bisa dipindahkan sesuai dengan keinginan. Cukup mudah bukan?

AiMesh juga memiliki fitur yang lebih membludak jika dibandingkan dengan fitur mesh network lainnya. Contohnya, ASUS menjamin bahwa kecepatan WiFi pada fitur AiMesh ini bisa mencapai 5300Mbps, belum lagi juga tersedia pilihan single hingga multiple SSID. Berbagai fitur lainnya juga bisa menunjang kebutuhan para pengguna seperti Adaptive QoS hingga Parental Control untuk mengatur penggunaan pada masing-masing user.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru