NEWS

Anti HOAX! Fitur WhatsApp Terbaru akan Mempersempit Peredaran HOAX, dan Semakin Mirip Instagram

Billy Mariza   |   Selasa, 28 May 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Semua orang di dunia ini terutama pengguna smartphone pasti sudah gak asing lagi dengan namanya aplikasi chatting WhatsApp. Aplikasi ini sering digunakan sebagai media pertemanan mau perkantoran agar komunikasi lebih lancar tentunya.

Tapi siapa sangka, dalam waktu dekat WhatsApp akan mendapatkan beberapa fitur major yang cukup signifikan dalam pembaruannya. Fitur ini sendiri sudah terkonfirmasi dan ada pula yang dalam bentuk ujicoba. Penasaran? Ini dia beberapa fitur WhatsApp terbaru nantinya.

Baca ini juga :

» David GadgetIn: 2024 Tahun Yang Tepat Untuk Beli iPhone 12!? Ini Alasannya!
» Harga NFT Bored Ape Menurun dari 365 miliar jadi 762 juta, Investor Tuntut Pencipta Proyek NFT Tersebut!
» Selain Tempat Mencari Drama, Twitter Juga Bisa Digunakan Buat Mencari Kerja!
» YouTuber Tekno Linus Sebastian Umumkan Mundur Sebagai CEO Linus Tech Tips
» Moondrop Bagikan Art 'Waifu Material' IEM-nya Secara Gratis untuk Para User

1. Iklan WhatsApp di Status

Facebook sudah mengonfirmasi akan adanya iklan yang masuk ke dalam WhatsApp pada 2020, tepatnya akan ada di bagian WhatsApp stories. Seperti halnya ketika membuka Instagram Stories dan menemukan iklan nah akan terlihat sama. Nantinya iklan ini akan menjadi penghasil uang yang lumayan bagi layanan pesan instan yang cukup populer digunakan oleh orang-orang saat ini.

2. Dark Mode

Dark Mode atau Mode Gelap adalah mode dimana layar akan menjadi serba hitam menggantikan dominasi warna putih yang ada. Hal ini tengah digarap oleh WhatsApp nantinya dan akan mungkin dirilis dalam pembaruan terbaru. Sebelumnya Mode Gelap telah diimplemntasikan dalam Facebook Messenger. YouTube sendiri juga telah memiliki Mode Gelap ini dan membuat tampilan YouTube terlihat lebih berkelas.

3. Share Status WhatsApp ke Facebook Story

Whatsapp sedang menguji tentang kemungkinan ditambahkannya status WhatsApp ke Facebook Story dalam update beta untuk Android. Nantinya akan ada tombol baru 'Add to Facebook Story' agar pengguna bisa posting status WhatsApp ke Facebook Story. Hal ini sebelumnya telah diimplementasikan di Instagram Story dan terbilang cukup berhasil.

4. Share Kontak via Kode QR

Fitur ini masuk ke dalam versi beta, dengan fitur ini pengguna WhatsApp akan menghasilkan kode QR yang berisikan rincian kontaknya. Lalu kode itu dapat dibagi dalam bentuk terenkripsi, serupa fitur di Instagram. Namun hal ini telah diimplementasikan oleh Aplikasi Chat sejenis yaitu Line yang sudah terlebih dahulu menggunakan fitur tersebut.

5. Browsing dalam Aplikasi (in-app browsing)

Dalam fitur ini memungkinan tautan yang ada di dalam chat WhatsApp akan langsung bisa dibuka dalam aplikasi itu sendiri, jadi tidak perlu lompat dengan menggunakan browser default bawaan smartphone. Hal ini sebelumnya sudah diimplementasikan oleh Aplikasi Chatting sejenis yaitu Line.

6. Penelusuran Gambar (Reverse Image Search)

Fitur ini memungkinkan pengguna menerima sebuah gambar dan bisa mencari gambar yang lebih jernih atau HD dengan mengunggahnya ke Google, dan masih akan dalam WhatsApp karena seperti poin diatas WhatsApp sendiri telah memiliki fitur Browsernya sendiri.

7. Pengaturan Privasi Grup

Pengguna WhatsApp tidak lagi bisa sembarangan diundang masuk ke dalam grup karena ada pengaturan lebih jauh terkait undangan masuk grup. Pilihan "nobody" akan membuat pengguna menerima link undangan dari siapapun yang hendak memasukkannya ke dalam sebuah grup.

8. Informasi Chat yang Dijadikan Pesan Terusan

Nantinya akan ada label mengenai pesan terusan atau forward chat, ini juga menjadi salah satu cara WhatsApp membenfung peredaran Hoax dalam platformnya, jadi pesan yang banyak di forward akan dilabeli dengan "frequently forwarded message".

9. Admin Grup Akan Membatasi Chat Terusan

Fitur ini membuat admin grup dapat membatasi chat yang terlewat sering di forward, Ini juga merupakan salah satu cara untuk meredam WhatsApp menjadi sirkulasi tersebarnya Hoax.

10. Katalog WhatsApp Business

Di konferensi Facebook F8, diumumkan bahwa WhatsApp akan punya fitur katalog Bisnis baru, yang dapat di akses lewat aplikasi WhatsApp Business. Dalam acara Facebook Marketing Summit baru-baru ini, diumumkan bahwa katalog WhatsApp akan diintegrasikan dengan katalog Facebook Business Manager yang sudah ada saat ini.

11. Otentikasi Sidik Jari dan Blok Screenshot pada Chat

Saat otentikasi sidik jari sudah disebar WhatsApp ke iOS, Androidpun tengah menguji fitur serupa pada Android. Secara bersamaan WhatsApp juga menguji fitur lain yang bisa memblok pengguna melakukan screenshot saat otentikasi sidik jari aktif.

12. Doodle UI dan Emoji Terbaru

WhatsApp akan memperkenalkan Doodle UI ke aplikasinya untuk dibagikan, Stiker akan dikelompokkan dalam favorit dan kategori. Antarmuka ini membuat pengguna bisa menaruh stiker di atas foto, video dan GIF. Adapula emoji terbaru yang nantinya akan menggantikan emoji yang ada saat ini.

Dari banyak poin diatas, yang mana sih kira-kira menjadi pembaruan yang paling kamu tunggu untuk WhatsApp?

Source : detikinet

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru