NEWS

Pengisi Suara Shizuka untuk Doraemon Versi Indonesia, Meninggal Dunia

Reza Alif   |   Jumat, 19 Jun 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Menjadi Anime yang sangat dicintai semenjak era 90-an di Indonesia, Doraemon versi Indonesia, memang tak lepas dari jasa para seiyuu atau pengisi suara para karakter untuk bahasa Indonesia yang punya suara sangat khas dan mirip dengan versi asli dari Anime Fujiko Fujio yang ada di Jepang.

Baca ini juga :

» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia
» Sang Ninja Hadir di Dunia Nyata! Film Live Action Naruto Resmi Digarap oleh Sutradara Film Shang-Chi!
» [RUMOR] Fortnite Kabarnya Akan Berkolaborasi dengan Animanga Populer, One Piece!

Prabawati Sukarta adalah pengisi suara pertama dari karakter utama Shizuka. Ia berjalan seiring dengan Animenya yang semakin sukses di Indonesia. Ia pun didapuk menjadi pengisi suara Shizuka, hingga akhirnya digantikan pada tahun 2006 oleh Nurul Ulfah. Tentu perjalanan yang panjang melalui 16 tahun menjadi seorang pengisi suara untuk satu karakter legendaris.

View this post on Instagram

Dubber "Shizuka" Prabawati Sukarta Dalam Serial Dora Emon Meninggal Dunia. Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Radio Republik Indoneisa (RRI). Salah satu penyiar RRI era 1980an bernama Prabawati Sukarta meninggal dunia. Kabar duka ini pertama kali disampaikan melalui sang anak, Ady Aiman. Prabawati Sukarta dikabarkan tutup usia pada Senin (15/6/2020) malam. Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar pada RRI Jakarta. Ia juga sebagai salah satu pengisi suara (dubber) tokoh kartun, Shizuka pada film serial Doraemon. Pengisi suara Shizuka pernah mengalami 4 kali pergantian. Dubber pertama kali adalah Prabawati Sukarta, kemudian pada tahun 2006 diganti oleh Nurul Ulfah hingga tahun 2008. Kemudian digantikan @risa_chandra atau Merysha Chandra. Setelah itu baru diganti oleh Jessy Milianty hingga saat ini. Tetapi dalam film Doraemon “Stand By Me”, suara Shizuka diisi oleh Nurul Ulfah. Keluarga besar Indonesian Voice Talent turut berduka cita atas meninggalnya Prabawati Sukarta. Semoga almarhumah husnul khotimah. . . . #indonesianvoicetalent #dubber #jualsuara #ivot #pengisisuara #voiceover #betadine #masker #voiceoverindonesia #voiceoverindonesia #voiceovertalent #voicetalent

A post shared by INDONESIAN VOICE TALENT (@indonesianvoicetalent) on

Sayang, beberapa waktu lalu tersiar kabar duka mengenai Prabawati Sukarta, ia dinyatakan telah meninggal di kediamannya di Bekasi. Berdasarkan laporan Kumparan, kabar ini didapatkan dari Santosa Amin yang juga mengisi suara Suneo. Prabawati meninggal diumurnya yang ke-63 tahun.


Sumber: Doraemon

Pastinya tak hanya rekan kerja dari Prabawati Sukarta, namun juga seluruh masyarakat Indonesia, khususnya anak zaman 90-an yang sangat akrab dengan suara beliau pada masa kecil dahulu. Selamat jalan Prabawati Sukarta!

Sumber: Kumparan

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru