NEWS

VGA Misterius Dari Cina ini Bersaing Secara Langsung Dengan AMD dan NVIDIA

Yohanes   |   Kamis, 08 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Tianshu Zhixin, perusahaan startup dari Cina, secara resmi memasuki produksi desain GPGPU (General Purpose on Graphic Processing Unit) terbarunya. Dinamakan "Big Island", ini adalah pintu menuju ke pasar GPU, yang saat ini didominasi oleh AMD, NVIDIA, dan juga sebentar lagi Intel akan turut serta. Sesuatu yang istimewa dari GPU Big Island Tianshu Zhixin ini ialah awal mula dari upaya kemerdekaan Cina dari pemasok prosesor luar. Hal ini pula merupakan sebuah prestasi yang menarik untuk memasuki pasar yang dikendalikan oleh pemain-pemain besar dan mencoba ikut berbagi kue besar industri.

Baca ini juga :


» NVIDIA Rilis VGA Kelas Profesional, Gamer Dianaktirikan?
» Makin Melambung, Harga VGA 'GTX 1660' Melambung Hingga Hampir 10 Juta Rupiah!
» VGA Dari Intel, DG2 Akan Memiliki Performa Yang Mirip Dengan RTX 3070
» Gamer Makin Merana? MSI Berencana Untuk Naikkan Harga VGA!
» Resmi Masuk di Indonesia! Berikut Harga AMD Radeon RX 6700 XT




Sumber: Tianshu Zhixin


GPU khusus server ini dapat disandingkan dengan AMD Instinct MI100, maupun NVIDIA A100 dalam urusan kinerja, setidaknya ini klaim mereka. Angka-angka Big Island tidak hanya dapat bersaing dengan chip komersial AMD dan Nvidia dalam hal kinerja, Tianshu Zhixin mengklaim Big Island akan datang dengan rasio harga-kinerja yang lebih mengesankan, serta konsumsi daya yang lebih rendah. Ini bisa berarti dorongan epik ke sektor-sektor seperti pendidikan, kedokteran, dan keamanan yang memanfaatkan solusi grafik yang kuat untuk pekerjaan penting.

GPU ini diatas kertas memiliki fabrikasi 7nm TSMC dan menggunakan teknologi pengemasan CoWos, yang memungkinkan die untuk memiliki lebih dari 24 miliar transistor. Big Island akan datang dengan memori HBM2 sebesar 32GB, dan juga bandwidth super tebal yaitu 1,2 TB. Hasil benchmark yang mereka rilis menuliskan performa sampai pada pada 37 TFLOPs di konsumsi daya 300W.


Sumber: Tianshu Zhixin


Akselerator ini akan ditawarkan dalam bentuk PCIe Gen4 x16 slot ganda tradisional dengan pendinginan pasif serta form factor papan mezanin standar. Tianshu Zhixin juga menjanjikan dengan harga yang akan lebih murah dari pesaing-pesaing besar lainnya. Kita hanya bisa berharap Tianshu Zhixin juga akan memproduksi GPU khusus render, agar gamer maupun konten kreator mendapatkan alternatif di era Cryptocurrency ini, dimana pilihan kita hanya membayar jauh lebih mahal atau bersyukur dengan apa yang sudah ada.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru