NEWS

Main Game Kompetitif Jadi Makin Lancar, Yuk Kenali Apa Itu NVIDIA Reflex!

Taufik Hidayat   |   Jumat, 16 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Saat ini dunia kompetitif dalam bidang esports semakin bergeliat dan ramai diminati oleh para gamer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Dalam dunia kompetitif, bukan saja kemampuan dari skill pemain itu sendiri yang dibutuhkan, melainkan juga alat atau perlengkapan yang digunakan untuk menunjang aktivitas gaming kompetitif tersebut.

Saat ini, sudah banyak perusahaan teknologi yang berlomba-lomba untuk memanjakan para gamer kompetitif, salah satunya adalah NVIDIA. Belakangan ini, NVIDIA benar-benar mendorong para gamer untuk paham mengenai pentingnya latency dalam sebuah sistem dan betapa pentingnya hal tersebut buat para gamer kompetitif.

Latency adalah waktu yang dibutuhkan data dari asal sampai tujuan dengan diukur dalam satuan mili detik. Istilah mudahnya adalah delay/penundaan. Sebagai contoh misalnya kamu sedang bermain game FPS seperti Valorant, dimana akan terjadi waktu jeda sepersekian milidetik antara mengklik mouse dan tampilan gerakan yang sesuai di layar.

Masalahnya, jika latency antara monitor dan kartu grafis yang dimiliki sangat tinggi, hal tersebut tentu saja sangat mengganggu dan bisa mempengaruhi hasil dari game kompetitif yang dimainkan. Maka dari itu, meminimalkan sebuah Latency sangat penting untuk para gamer kompetitif yang haus akan kemenangan.

Untungnya, NVIDIA punya teknologi yang mereka sebut NVIDIA Reflex. NVIDIA Reflex adalah teknologi mengurangi latensi sistem ketika bermain game sehingga waktu jeda antara mengklik mouse dan tampilan gerakan di layar akan lebih sesuai. Rahasia NVIDIA Reflex adalah dengan cara memangkas jumlah frame yang diselaraskan oleh GPU dalam keadaan tertentu, yang tentu mengurangi ketegangan pada CPU. NVIDIA mengklaim bahwa teknologi tersebut dapat mengurangi input lag hingga 50 persen, bahkan dengan GPU low to mid-end sekalipun.

Menurunkan latensi sistem terbukti sangat berguna bagi pemain game kompetitif, mengingat seberapa cepatnya sistem permainan dalam sebuah game esports kompetitif. NVIDIA Reflex tentu saja tidak bisa memperbaiki koneksi internet yang lambat atau kecepatan tangan pemain, akan tetapi Reflex pasti akan membantu permainan game terasa lebih responsif. Saat diaktifkan, fitur ini diyakini sanggup meningkatkan responsivitas secara keseluruhan, membantu meningkatkan akurasi dan kecepatan bidikan para pemain.

Baca ini juga :

» Rumor Sebut Epic Games Store Bayar 2.8 Triliun Rupiah Untuk Eksklusifitas 4-6 Game PlayStation!
» Gamer PC Mengsedih, Final Fantasy VII Remake Baru Akan Rilis di PC Pada Tahun 2022!
» Sukses dengan Yakuza 7, Sega Konfirmasi Akan Gunakan Sistem Turn-Based untuk Game Yakuza Berikutnya!
» Sega, Square Enix, dan Perusahaan Game Lainnya Dipastikan Hadir di E3 2021!
» Deretan 7 Game dengan Plot Twist Terbaik yang Bikin Tidak Terduga

Kalau kamu memiliki kartu grafis seri GeForce GTX 900 atau yang lebih baru dan Game Ready Driver kamu sudah versi terbaru, kamu dapat memeriksa Reflex dengan mengaktifkannya di pengaturan video gamenya masing-masing.

Selain dari game yang sudah didukung dengan Nvidia Reflex SDK, NVIDIA juga sudah menanamkan improvisasi untuk NVIDIA Reflex melalui driver terbaru. Dimana pengaturannya sangat mudah dimana para pengguna kartu grafis NVIDIA hanya perlu membuka NVIDIA Control Panel dan mengaktifkan Low Latency Mode.

Saat ini sudah banyak game yang mendukung NVIDIA Reflex seperti Overwatch, Valorant, Apex Legends, Fortnite, Warzone, Destiny 2, Rainbow Six Siege dan coming soon untuk Rush dan Ghostrunner.. Jumlah game yang didukung tentu saja bakal terus bertambah mengingat fitur seperti NVIDIA Reflex ini sangat dibutuhkan oleh para gamer kompetitif.

Jika kartu grafisnya tidak terlalu tinggi juga jangan terlalu khawatir. Bahkan kartu grafis kelas menengah seperti NVIDIA GeForce GTX 1660 Super masih dapat menurunkan latency dari 77ms ke 31ms di game Destiny 2 atau di game Valorant dari 33ms menjadi hanya 12ms!. Peningkatan tersebut bakal lebih jauh lagi ketika kamu menggunakan kartu grafis RTX 30 Series dan juga monitor yang mendukung NVIDIA G-Sync.

Meskipun kamu hanya gamer kasual, fitur ini sangatlah berguna untuk melatih Refleks kamu di game - game kompetitif, terlebih para gamer yang professional bergelut di bidang esports sangat membutuhkannya dan sekecil apapun latency yang dimilikinya akan sangat berpengaruh di lapangan. Untuk itulah NVIDIA hadir dengan fitur Reflex yang cukup mutakhir untuk memanjakan para gamer kompetitif.

Info selengkapnya tentang NVIDIA Reflex, klik pada link di bawah ini.
https://www.nvidia.com/en-us/geforce/technologies/reflex/
https://www.nvidia.com/en-us/geforce/news/reflex-low-latency-platform/

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru