NEWS

Hanya Optimal Untuk Intel? Windows 11 Dilaporkan Memperlambat CPU AMD Hingga 15 Persen

Yohanes   |   Jumat, 08 Oct 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Windows 11 baru saja tersedia selama beberapa hari, dan sudah mulai muncul masalah di sekitar sistem operasi terbaru Microsoft tersebut. Beberapa di antaranya adalah masalah yang diketahui terkait dengan ketidakcocokan dengan perangkat lunak atau aplikasi jaringan tertentu seperti Oracle's VirtualBox, serta berbagai macam bug yang biasa menyertai hampir semua versi Windows baru.

Baca ini juga :


» Gunakan Gambar Kim Jong Un di Forza Horizon 5, Seorang Gamer Dibanned hingga Tahun 9999!
» Hampir Membeli Nintendo, Microsoft Akhirnya Membagikan Kisah Dibalik Kejadiannya!
» Build PC Future Ready! Siap DDR5 + Intel Gen 12 Alder Lake! Review ROG Strix Z690-E Gaming WiFi
» [VIDEO] Build PC Future Ready! Siap DDR5 + Intel Alder Lake! Review ROG Strix Z690-E Gaming WiFi
» Kripto Jenis Baru Raptoreum Dapat Sebabkan Kelangkaan CPU AMD Ryzen Demi L3 Cache Yang Besar




Sumber: AMD


Namun, menurut posting blog dari AMD, orang yang upgrade ke Windows 11 pada sistem Ryzen akan mengalami kinerja yang lebih rendah dalam beberapa skenario. Regresi kinerja di sebagian besar aplikasi akan berada dalam kisaran 3 hingga 5 persen, tetapi AMD menemukan selama pengujian terdapat penurunan kinerja hingga 15 persen di beberapa game eSports populer.



Masalah ini memengaruhi semua CPU Ryzen dan Athlon yang didukung di Windows 11, termasuk sekitar 100 model dari seri Ryzen 2000, Ryzen 3000, Ryzen 4000, dan CPU seri Ryzen 5000 generasi saat ini. AMD mengatakan prosesor EPYC untuk pusat data dan prosesor Threadripper untuk workstation juga terpengaruh.

AMD menjelaskan masalahnya ada dua. Pertama, perusahaan menentukan bahwa Windows 11 dapat menyebabkan latensi cache L3 fungsional naik tiga kali lipat. Yang kedua terkait dengan fitur yang disebut UEFI CCPC2 (juga dikenal sebagai "preferred core"), yang biasanya akan menjadwalkan thread pada inti prosesor tercepat. Dalam versi rilis Windows 11, ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan sebagian besar akan memengaruhi kinerja untuk prosesor dengan delapan inti atau lebih dan TDP lebih dari 65 watt. Untuk saat ini, Microsoft dan AMD menyarankan pengguna tetap menggunakan versi Windows 10 yang memang sudahlah sangat optimal. Kedua perusahaan sedang mengerjakan perbaikan perangkat lunak yang akan tiba akhir bulan ini.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru