NEWS

Tak Kunjung Berkabar, Manga Hunter x Hunter Kini Capai 3 Tahun Hiatus Berkepanjangan!

Billy Mariza   |   Sabtu, 27 Nov 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Jika ingin menjelaskan soal Hunter x Hunter, rasanya tidak afdol kalau tak membawa kata "Hiatus". Sedari memasuki tahun 2006, Yoshihiro Togashi selaku kreator dari manganya kerap mengalami masalah kesehatan yang mengharuskannya istirahat dari melanjutkan ceritanya tersebut. Namun sayangnya kesehatannya tak kunjung membaik, membuatnya terus-menerus melakukan hiatus yang membuat para fans cukup kesal.

Chapter terakhir dari Hunter x Hunter rilis pada 26 November 2018, dan sejak saat itu tak ada kabar terbaru mengenai kapan Togashi akan melanjutkan manga nya. Ya, hari ini merupakan tahun ketiga tanpa satupun chapter terbaru dari Hunter x Hunter. Ini juga menandakan rekor hiatus terpanjang yang dimiliki manga tersebut, dan mungkin akan terus berjalan sampai waktu yang tak ditentukan. Yoshihiro Togashi sempat meminta maaf sebelum hiatus pada tahun 2018, bahwa ia mengambil hiatus berkepanjangan karena sakit pinggangnya yang cukup kronis kembali menyerang.



Baca ini juga :

» Segera Berakhir, Manga Fire Force Hanya Tersisa 2 Chapter Lagi?
» Menambah Api, Chapter Terbaru Manga Rent A Girlfriend Dijanjikan Buat Fans Makin Ketar-Ketir!
» Dianggap Berlebihan, Fans Rent A Girlfriend Melepaskan Rasa Frustasi Mereka Ke Penulisnya di Twitter
» Parah! Bocoran Chapter Baru Manga Rent A Girlfriend Mengundang Kontroversi Dari Para Fans!
» Arungi Lautan Bersama ONIC! ONIC Esports Resmi Berkolaborasi dengan Anime Manga Ternama, One Piece!

Fans dari Hunter x Hunter pun menanggapi hal ini seperti sudah makanan sehari-hari, karena selain sering Hiatus, beberapa manga yang diikuti orang yang sama terkadang juga mengalami masalah yang serupa. Namun ada juga beberapa fans yang kesal karena fakta bahwa selama 3 tahun, ia tidak memberi kontribusi apapun kepada penerbit Shueisa.

Rilis pertama kali pada 1998, Hunter x Hunter merupakan salah satu manga Jump paling populer dikalangan wibu. Menghasilkan 2 adaptasi anime yang rilis pada 1999 dan 2011, manganya sendiri rupanya rilis setahun setelah One Piece, yaitu 1997. Cukup ironis karena melihat One Piece yang sudah mencapai 1000-an chapter sedangkan Hunter x Hunter masih sekitar 300-an chapter saja.

Sumber: Kotaku

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru