NEWS

Penuh Kontroversi, Nintendo Dikabarkan Tidak Terlibat Dalam Denuvo DRM Switch!

Billy Mariza   |   Sabtu, 27 Aug 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Kehadiran sistem software seperti Denuvo DRM bertujuan untuk mencegah produk game dari pembajakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Meskipun begitu, tak banyak developer maupun perusahaan game yang terlalu ambil pusing jika gamenya mampu dibajak, terkecuali perusahaan game Jepang yang sudah terkenal dengan persona anti-bajakan; Nintendo.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, perusahaan Denuvo mengabarkan bahwa mereka tengah mengerjakan sebuah software anti-bajakan khusus yang bernama “Nintendo Switch Emulator Protection”. Sesuai namanya, sistem tersebut ditujukan untuk game eksklusif konsol Switch agar tidak mudah dibajak maupun diemulasikan lewat platform lain. Namun, apakah pihak Nintendo sendiri memang ikut andil dalam pembuatannya?

Pertanyaan tersebut mungkin sedikit terjawab lewat salah seorang perwakilan atau juru bicara dari Denuvo yang mengungkap alasan dibalik pembuatan sistem software tersebut adalah permintaan yang cukup banyak dan kuat dari klien mereka. Juru Bicara Denuvo juga berkata bahwa implementasi software anti-bajakan tersebut tidak akan mempengaruhi performa konsol handheld dari Nintendo itu.

Baca ini juga :

» Lewati Game Boy, Nintendo Switch Berada Di Tiga Besar Konsol Terlaris Terlaris Sepanjang Masa!
» Ocotpath Traveler II Rilis di 24 Februari 2023 untuk PS5, PS4, Nintendo Switch dan juga PC
» Fitness Boxing Fist of The North Star, Cocok Buat Kalian yang Malas Berlatih!
» Fire Emblem Engage Rilis Januari 2023, Perlihatkan Berbagai Karakter Baru
» Hindari Pembajakan Dan Emulator, Nintendo Segera Implementasikan Sistem Denuvo DRM Untuk Switch!

Dengan kata lain; Nintendo tidak ada sangkut pautnya dalam software anti-bajakan Switch itu. Juru bicara Denuvo berkata jika Nintendo bakal terlibat sebagai pihak yang nantinya menyetujui produk mereka atau tidak. Namun para fans tetap kurang yakin terhadap klarifikasi tersebut. Terlebih soal masalah performa game yang berpengaruh karena adanya Denuvo, dimana beberapa game punya kasus seperti itu.

Pihak Nintendo sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait Nintendo Switch Emulator Protection. Untuk saat ini, keterkaitan antara kedua pihak ini masih abu-abu dan kemungkinan bakal terjawab dalam waktu dekat.

Sumber: Gamerant

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru