NEWS

(LAGI) Kartu Grafis Bisa Langka Gara-Gara AI! Dulu Kripto, Sekarang AI!

Aeprukmana   |   Senin, 07 Aug 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

2020 menjadi tahun yang kurang menyenangkan untuk user PC Desktop dan Laptop. Ditahun tersebut GPU atau kartu grafis menjadi sangat langka karena diburu oleh para miner kripto. Kalaupun ada, harganya jadi berkali-kali lipat dari MSRP. Sekarang hal itu diprediksi akan kembali terjadi, namun kali ini bukan disebabkan oleh kripto, melainkan karena AI.

Kelangkaan ini mulai dikeluhkan oleh sejumlah perusahaan AI, yang menyebut booming AI ini meningkatkan permintaan terhadap GPU, yang bisa berujung pada kelangkaan. Perusahaan seperti Microsoft, OpenAI, dan lainnya, juga menyebut sampai harus mengambil langkah khusus untuk menghadapi kelangkaan GPU Nvidia H100 dan A100.

Bahkan Elon Musk sempat bercanda dengan menyebut GPU enterprise saat ini lebih sulit dibeli dibanding narkoba.

Baca ini juga :


» Sekilas IT: Rekomendasi PC 5 Jutaan Untuk Semua Kebutuhan! Mulai Dari Gaming Sampai Produktivitas!
» Laptop Murah, Spek Gaming! Powerful dengan RTX 40 Series! Review Acer Nitro V15
» Wibu Harus Lihat Ini! Youtuber Ngerakit PC Gaming Dengan Tema Waifu Anime! Keren Banget!
» Samsung Akan Memamerkan Memori GDDR7 37 Gbps Untuk Next-gen GPU Di ISSCC
» AMD Konfirmasi APU "Strix Halo" Dikabarkan Akan Membawa Up To 16 Core Zen5 & 40 CU RDNA3.5

Nvidia pun membela diri. Mereka menyebut rantai pasokan komponen belum benar-benar gagal dalam memenuhi permintaan, namun memang mereka sedang mengalami hambatan.

Selain itu, mereka juga menyebut kalau hambatan dalam produksi GPU tak melulu melibatkan chip grafis utamanya, karena bisa saja terjadi karena pasokan komponen tambahan yang ada di dalam GPU yang terganjal.

Dalam kasus yang terjadi saat ini misalnya, ganjalan produksi GPU terjadi karena masalah di bagian proses packaging, yang merupakan proses pengolahan lebih lanjut setelah wafer chip diproduksi.

Nvidia mengakui kalau mereka tengah menyelesaikan masalah ini menggunakan teknologi stacking chip on wafer on substrate (CoWoS) milik TSMC. Mereka menjanjikan kalau pasokan chip GPU enterprise ini akan lebih baik pada pertengahan kedua 2023.

Belum bisa dipastikan apakah kelangkaan GPU enterprise ini akan berdampak pada GPU kelas consumer yang ditujukan untuk keperluan gaming. Namun yang jelas Nvidia pernah mengakui kalau mereka sudah mengalihkan sebagian sumber daya produksi RTX 4090 ke GPU H100.

Sejauh ini Nvidia memang lebih dominan di sektor GPU enterprise untuk AI. Namun AMD tampaknya tak tinggal diam dan mulai bergerak untuk merambah sektor tersebut.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru