NEWS

Wawancara Business Producer Persona 5 Tactica, Atsushi Nomura! Siap Gabungkan Elemen Lama dan Baru!

Bagas Prawira   |   Kamis, 05 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
KotakGame bersama beberapa media telah mendapatkan kesempatan istimewa untuk mengikuti interview bersama Atsushi Nomura, Business Producer Persona 5 Tactica, melalui Acara ATLUS TGS 2023 Media Briefing diadakan di HULIC HALL, Yurakucho, Tokyo pada tanggal 20 September 2023, tepat sebelum berlangsungnya Tokyo Game Show (TGS) 2023.

Berikut adalah hasil interview yang kami dapatkan!

Q: Persona 5 Tactica adalah game tactical RPG pertama dalam seri ini, tetapi juga memiliki elemen-elemen dari game utama. Bagaimana proses penggabungan elemen-elemen baru dan lama dalam game ini?

A: "Persona 5 Tactica" adalah game tactical RPG pertama dalam seri ini, tetapi juga mengedepankan ciri khas Persona 5. Dalam dunia strategi, ada pertempuran kelompok seperti tentara melawan tentara dan mengelola banyak unit, tetapi kami merasa bahwa konsep itu tidak cocok dengan "kerjasama tim Phantom Thieves." Oleh karena itu, kami berusaha mempertahankan elemen game tim dan misi sambil menciptakan strategi yang menonjolkan kepribadian karakter. Selain itu, kami perlu menyelaraskan elemen-elemen dari Persona 5, seperti elemen game yang menggambarkan pencurian dan pergerakan tiga dimensi, penggunaan warna merah sebagai tema, desain antarmuka yang terintegrasi dengan karakter, dan kecepatan dalam presentasi. Hasilnya adalah game taktik yang tetap setia pada Persona 5.

Q: Erina sudah mendapatkan banyak cinta dari para penggemar sebagai karakter asli baru dalam dunia Persona 5. Bagaimana proses pemikiran dan perancangan karakter yang cocok menjadi teman baru untuk Phantom Thieves?

A: Erina adalah karakter yang memimpin kelompok revolusi dalam game ini. Desainnya dibuat dengan citra "wanita yang kuat dan bersemangat" untuk mencerminkan perannya sebagai pemimpin. Namun, kami juga memperhatikan agar karakter ini tidak terlalu serius dan menunjukkan sisi humor yang membuatnya lebih mudah didekati. Sejak awal pengembangan, kami memutuskan bahwa Erina akan menjadi anggota tim pada awal game dan dapat dimainkan oleh pemain. Hal ini kami lakukan agar pemain dapat merasakan ikatan dengan karakter ini selama permainan.


Sumber: SEGA ATLUS


Q: Apa tantangan terbesar yang dihadapi selama pengembangan Persona 5 Tactica?

A: Tantangan terbesar adalah menciptakan game dalam genre yang baru bagi tim pengembang. Kami memiliki dua pandangan yang berbeda dalam tim terkait dengan judul game ini. Ada yang berpendapat bahwa menonjolkan elemen strategi dapat membuat game terlihat sulit dan tidak menarik bagi pemain, sementara yang lain ingin menekankan genre permainan tersebut agar mudah diidentifikasi oleh pemain. Akhirnya, kami memutuskan untuk memilih judul yang dapat dengan mudah diidentifikasi bersama dengan gambaran visualnya. Alasan kami memilih kata "Tactica" adalah karena kata tersebut memiliki konotasi yang lebih ringan dan ramah daripada "Tactics" dalam bahasa Jepang. Kami juga berbagi ide dan konsep judul permainan ini dengan tim di berbagai kantor Sega di seluruh dunia, dan akhirnya "Persona 5 Tactica" dipilih sebagai judul resmi.

Q: Bisakah kamu berbagi dengan kami dua fitur favorit pribadi kamu dalam game ini yang akan membuat para penggemar antusias?

A: Dua fitur favorit saya dalam permainan ini adalah sistem pohon skill (Skill Tree) dan soundtrack. Sistem pohon skill memberikan pemain banyak pilihan untuk mengembangkan karakter mereka sesuai dengan gaya bermain mereka. Kamu dapat memilih jalur pertumbuhan yang sesuai dengan karakter yang kamu inginkan. Selain itu, sistem ini dapat direset sehingga Kamu dapat mencoba berbagai kombinasi skill. Fitur kedua adalah soundtrack yang mengesankan. Kami bekerja sama dengan vokalis Lyn dan anggota tim suara Atlas, Koji Nakamura, untuk menghasilkan lagu-lagu yang benar-benar menggambarkan tema revolusi dalam permainan ini. Musiknya memiliki nuansa rock yang kuat, dan saya pikir pemain akan menikmatinya selama permainan.



Q: Persona 5 Tactica tentu terlihat sangat stylish, tetapi salah satu hal yang membuatnya berbeda adalah pendekatan terhadap gaya chibi dalam desain karakter. Jadi, bagaimana prosesnya ketika memutuskan game ini akan terlihat seperti apa?

A: Selama tahap awal pengembangan, ada dua pendapat dalam tim mengenai apakah karakter harus tetap memiliki penampilan aslinya atau menggunakan gaya chibi yang sesuai dengan game taktis. Namun, kami memutuskan untuk menggunakan gaya chibi untuk karakter-karakter ini. Kami merasa bahwa dengan mempertahankan ukuran asli karakter, game akan terlalu fokus pada karakter dan membuat tampilan strategis dari atas menjadi kurang jelas. Oleh karena itu, kami memilih gaya chibi untuk memberikan tampilan yang lebih seimbang dan memastikan bahwa elemen strategi tetap dominan. Kami juga melakukan banyak penyesuaian pada proporsi tubuh karakter untuk memastikan bahwa mereka tetap terlihat stylish dalam gaya chibi.

Q: Sangat mengejutkan melihat adanya perbedaan mencolok dalam game di mana pemain dapat menjelajahi sebuah Kerajaan dengan nuansa Revolusi Prancis dan yang lainnya yang mengingatkan pada Jepang pertengahan abad ke-19. Jadi sejauh mana perubahan setting ini akan memajukan naratif dan bahkan aspek di game Tactica?

A: Dalam Persona 5 Tactica, kita memiliki berbagai setting yang berbeda, seperti Kerajaan dengan nuansa Revolusi Prancis dan lingkungan Jepang pertengahan abad ke-19. Perubahan-perubahan ini tidak hanya memberikan variasi dalam tampilan visual, tetapi juga mempengaruhi mekanik game dan aspek strategis. Misalnya, setiap setting memiliki elemen unik dan tantangan yang berbeda, seperti gempa bumi di Jepang atau pengawalan kereta di Prancis. Ini memungkinkan pemain untuk merasakan variasi dalam game dan menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan setiap lingkungan. Selain itu, perubahan setting ini juga memberikan kekayaan dalam naratif permainan, menghadirkan berbagai karakter dan konflik yang berbeda sesuai dengan setiap tempat.


Sumber: SEGA ATLUS


Q: Bisakah kamu memberitahu kami lebih banyak tentang bagaimana Persona Fusion bekerja dalam game ini dan seberapa pentingnya untuk mendapatkan keuntungan dalam pertempuran?

A: Sistem Persona Fusion dalam game ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan Persona untuk menciptakan Persona yang lebih kuat. Ini memberikan variasi dan strategi yang unik dalam gaya bermain kamu. Dalam Persona 5, karakter utama dapat mengenakan Persona tambahan untuk meningkatkan statistik dan memperoleh keterampilan tambahan. Dengan menggabungkan Persona yang berbeda, kamu dapat menciptakan Persona yang lebih kuat melalui proses Persona Fusion. Dalam Persona 5 Tactica, anggota tim selain karakter utama juga dapat mengenakan Persona tambahan. Hal ini memungkinkan karakter-karakter tersebut untuk memperoleh keterampilan yang mungkin tidak mereka miliki sebelumnya. Misalnya, karakter yang awalnya tidak memiliki kemampuan penyembuhan dapat memperoleh kemampuan penyembuhan dengan mengenakan Persona baru.

Q: Apakah kamu memiliki tips penting untuk dibagikan kepada para pemain yang ingin menguasai sistem pertempuran dengan cepat dan menghadapi tingkat kesulitan yang lebih tinggi dalam game mereka yang pertama?

A: Seringkali, bermain game dari Atlus akan membawa pengalaman tantangan yang memikat bagi para pemain. Jadi, saya tidak akan memberikan tips secara langsung. Yang bisa saya katakan adalah, ketika kamu menghadapi tingkat kesulitan seperti HARD atau lebih tinggi, kamu harus berhati-hati dengan Friendly Fire, di mana serangan dari karakter kamu sendiri juga dapat mengenai rekan tim. Ini berarti kamu perlu mempertimbangkan apakah akan bermain dengan hati-hati atau bersikap lebih berani dalam pertempuran. Selain itu, kamu juga dapat mencoba mengatur ulang keterampilan karakter atau bahkan mengganti anggota tim kamu untuk menghadapi tantangan yang lebih tinggi. Cobalah berbagai strategi dan eksperimen untuk menemukan pendekatan terbaik dalam game.

Diharapkan agar para penggemar di seluruh dunia, terutama di Asia Tenggara, dapat menikmati game ini saat secara resmi diluncurkan.

Persona 5 Tactica adalah game tactical role-playing yang dikembangkan oleh P-Studio dan diterbitkan oleh Sega. Game ini dijadwalkan akan dirilis untuk Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5, Windows, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada tanggal 17 November 2023.

Baca ini juga :

» Persona 3 Reload Terjual 1 Juta Unit Dalam Seminggu, Kreator Suikoden Tutup Usia
» ATLUS Catat Sejarah Baru! Persona 3 Reload Terjual 1 Juta Unit di Seluruh Dunia pada Pekan Pertama
» Game Tactical RPG Baru Dari Atlus dan Vanillaware, Unicorn Overload
» Atlus Perketat Klaim Persona 3 Reload Karena Oknum Tak Bertanggung Jawab
» Jelajahi Menara Sekolah Malam Bulan Purnama - Persona 3 Reload



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru