NEWS

AMD Diperkirakan Sedang Persiapkan Ryzen 7000G Dengan Phoenix Zen4/RDNA3

Aeprukmana   |   Jumat, 06 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Memang sudah cukup lama sejak peluncuran APU desktop terakhir dari AMD. Perusahaan ini tampaknya telah mengarahkan perhatiannya pada seri gaming kelas atas, dengan produk seperti Vermeer/Cezanne (Zen3) dan Raphael (Zen4), yang terakhir ini sudah menawarkan grafis RDNA2 terintegrasi. Namun, ada basis pengguna yang besar yang menantikan pembaruan pada seri APU AMD, terutama dengan masuknya grafis RDNA3 modern.

Sebagai pengingat, seri Ryzen 5000G, yang mengusung arsitektur Zen3, masih dilengkapi dengan grafis Vega yang lama. AMD belum pernah merilis APU desktop dengan arsitektur grafis RDNA1 atau RDNA2, itu hanya bagian dari GPU Raphael SOC 2CU yang tidak didesain untuk gaming. Oleh karena itu, pengenalan silikon Phoenix pada platform desktop akan menandakan lompatan tiga generasi dalam hal teknologi grafis untuk seri APU desktop AMD.

Baca ini juga :


» Gaptech.id: Mini PC Bisa Tetep Powerful! Ini Ukurannya Cuma Segede Box GPU!
» Kudet Tech: Mini PC Ini Lebih Kecil Dari Mangkuk! Harganya Cukup Terjangkau!
» Dari Pada Beli, Modder Milih Bikin Steamdeck Sendiri Dari Laptop Framework! Dikasih Nama FrameDeck
» Wibu Harus Lihat Ini! Youtuber Ngerakit PC Gaming Dengan Tema Waifu Anime! Keren Banget!
» David GadgetIn: Hape 4 Jutaan Tergila Yang Pernah Saya Review!

Antisipasi sedang dibangun untuk kemungkinan peluncuran seri Phoenix Ryzen 7000G, terutama mengingat dukungan untuk chip tersebut baru-baru ini diperkenalkan dengan firmware AGESA 1.0.8.0 terbaru untuk platform AM5. Perkembangan ini menunjukkan bahwa kita mungkin akan segera melihat APU baru ini memasuki pasar.


Sumber: Reous

Silikon Phoenix telah berhasil digunakan sebagai Ryzen 7040H(S), Ryzen 7040U dan seri Ryzen Z1 untuk laptop, Mini-PC dan konsol genggam. Ini memberikan peningkatan yang signifikan dibandingkan Rembrandt (Zen3+/RDNA2) yang sayangnya tidak pernah dirilis sebagai CPU desktop.

Perlu dicatat bahwa halaman motherboard ASUS B650 yang mencantumkan daftar firmware baru dengan jelas menyebutkan 'upcoming CPU':


Sumber: ASUS

Perlu dicatat bahwa Intel tidak memiliki produk lain yang dapat menjadi alternatif bagi Phoenix dalam jajaran produknya saat ini. APU Phoenix menawarkan hingga 8 core Zen4 dan 12 Compute Units, sedangkan Intel Raptor Lake terbatas pada 96 Xe Execution Units. Intel berpotensi meluncurkan sesuatu yang lebih mumpuni dengan Meteor Lake, tetapi hal ini belum dikonfirmasi atau diusulkan oleh bocoran apa pun sejauh ini. Selain itu, pengenalan APU dengan grafis terintegrasi yang kuat juga berarti bahwa pasar grafis desktop kelas bawah akan semakin menyusut.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru