NEWS

ASUS Umumkan Expansion Card ASUS Hyper M.2 SSD Gen5 x16, 1,2 Jutaan! Speed 512Gb/s

Aeprukmana   |   Senin, 09 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

ASUS telah memperkenalkan iterasi baru dari kartu ekspansi PCIe Hyper M.2 PCIe, melengkapi model Gen4 yang sudah ada. Kartu ekspansi SSD M.2 ini dapat menampung hingga empat drive, memanfaatkan bandwidth penuh slot PCIe x16 secara optimal. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa pengenalan standar PCI Gen5 pada model ini dapat membatasi kompatibilitas dengan jajaran motherboard yang ada saat ini.

Sesuai dengan informasi yang terdapat pada halaman produk ASUS, solusi penyimpanan ini dapat menangani bandwidth hingga 512 Gbps (64 GB/s) dalam mode RAID0. Untuk mencapai kecepatan ini, produsen penyimpanan harus memproduksi perangkat Gen5 dengan kecepatan baca hingga 16 GB/s, yang belum tersedia di pasaran.


Sumber: ASUS

Baca ini juga :


» TERLALU OVERPOWER! Semua Dilibas & Bikin Puas! Review ASUS ROG Strix RTX 4080 Super OC Edition!
» ASUS Gelar Solution Day, Hadirkan Solusi Terintegrasi Untuk Semua Lini Bisnis
» Keren! Youtuber Ini Bawa Setup Gaming Ready Player One Ke Dunia Nyata!
» Benchmark CPU 12-Core Snapdragon X Elite Bocor! Setara AMD & Intel Generasi Saat Ini!
» Microsoft Akan Menghadirkan DirectSR (Super Resolution) Di GDC 2024

Kartu Hyper M.2 serbaguna, mendukung berbagai form factor seperti 2242, 2260, 2280, dan 22110, dan kompatibel dengan standar Gen4 dan Gen5. Pemasangan dan penukaran drive menjadi tidak merepotkan berkat sistem Q-Latch ASUS, sehingga tidak memerlukan sekrup.

Kartu ini membutuhkan koneksi daya eksternal PCIe 6-pin untuk memberi daya pada keempat drive SSD secara bersamaan, dengan masing-masing drive mampu menerima daya hingga 14 watt, menurut ASUS. Pengguna dapat memilih untuk mengoperasikannya secara terpisah atau dalam berbagai konfigurasi RAID.


Sumber: ASUS

Khususnya, kartu ini memiliki sistem pendingin aktif yang mencakup seluruh board dengan tetap mempertahankan desain slot tunggal. Yang menarik, ASUS menyediakan opsi untuk menonaktifkan kipas melalui tombol kecil yang terletak pada braket I/O. Selain itu, terdapat empat LED pada braket, satu untuk setiap SSD, yang menunjukkan status operasionalnya.


Sumber: ASUS

Dari segi kompatibilitas, kartu ekspansi dapat mendukung konfigurasi SSD mulai dari 1 hingga 4 drive. Konfigurasi spesifik yang didukung akan bergantung pada platform dan CPU yang dipilih (beberapa CPU membatasi jumlah jalur PCIe yang diaktifkan). Platform desktop kelas atas (HEDT) seperti TRX40 dan X299 menawarkan dukungan jalur PCIe yang lebih luas dan dapat mengakomodasi lebih banyak kartu ekspansi.

Namun, penggunaan PCIe Gen5 yang efektif terutama terlihat pada platform yang lebih baru seperti Intel W690, Z790, W790, atau AMD X670 dan B650. Untuk Intel, platform optimal untuk kartu ini adalah chipset HEDT W790, yang menawarkan dukungan PCIe Gen5 dan lebih banyak jalur dibandingkan dengan lini konsumen, yang terbatas pada total 16 jalur. Akibatnya, motherboard Intel Z690/Z790 hanya dapat mendukung dua drive, sedangkan AMD X670 dapat mengakomodasi hingga empat drive ketika dipasang pada kartu ekspansi Hyper.

Manajer Produk ASUS untuk Amerika Utara, Juan Jose Guerrero, telah mengkonfirmasi bahwa kartu ekspansi Hyper M.2 akan dibanderol dengan harga $79 (IDR 1,2 Jutaan).

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru