NEWS

Epic Games Tuntut Google Terkait Play Store, Gak Bahaya Ta?

Rahmat Handiko    |   Rabu, 08 Nov 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Pembuat game terkenal "Fortnite", Epic Games, melancarkan serangan di pengadilan untuk melawan Google dalam konfrontasi anti monopoli yang mungkin memiliki konsekuensi luas terhadap cara pengguna Android mengakses aplikasi dan cara mereka melakukan in-app purchase atau pembelian dalam aplikasi.

Gugatan yang diajukan Epic ke Pengadilan Distrik AS di Distrik Utara California adalah mengenai Google Play Store yang berfokus pada biaya Google untuk in-app subscription atau langganan di dalam aplikasi dan one-time transaction atau transaksi satu kali, serta persyaratan lain yang menurut pengembang aplikasi pihak ketiga seperti Epic membantu Google mempertahankan monopoli ilegal atas distribusi aplikasi.

Jika Epic menang, Google mungkin harus melakukan perubahan pada aturan untuk developer aplikasi Android agar tidak dikenakan biaya 15% hingga 30% lebih banyak untuk barang dan layanan digital yang dibeli melalui aplikasi. Hal ini juga memungkinkan App store milik Epic dapat terinstall secara default di perangkat android, yang dapat memudahkan orang mengunduh game tanpa melalui Playstore Google.

Baca ini juga :


» Google Ikut Rayakan Rilisnya Final Fantasy VII Rebirth! Ada Easter Egg di Search Engine Google!
» Epic Games Di-hack Sama Kelompok Ransomware! 200GB Data Dilaporkan Dicuri Termasuk Info Login User
» Uni Eropa Jatuhkan Denda $539 Juta ke Apple Karena Tuduhan Monopoli di App Store
» Apple Damai Dengan Epic Games! Fornite Akan Kembali Di iOS Tahun Ini Di Eropa!
» Bang David Gadgetin Salfok Saat Nyobain Canggihnya Apple Vision Pro, Full Senyum Sepanjang Video

Kasus pengadilan ini muncul setelah diskusi bertahun-tahun tentang apakah appstore besar seperti Google dan Apple mendukung ekosistem aplikasi yang bebas dan kompetitif. Sedangkan kedua perusahaan tersebut mengatakan bahwa appstore milik mereka membantu usaha kecil menghasilkan miliaran dolar dan bahwa pengguna Android dan iOS mendapat manfaat dari pemeriksaan keamanan yang mereka lakukan.

Perselisihan ini dimulai ketika Epic meluncurkan pembaruan pada game Fortnite pada Agustus 2020 yang memungkinkan perusahaan melakukan pembayaran secara langsung dari dalam aplikasi alih-alih melalui Appstore. Karena hal itu Apple dan Google dengan cepat menghapus Fortnite dari appstore mereka. Epic menggugat keduanya agar ia diizinkan untuk pembayaran langsung dari aplikasi tanpa harus ada campur tangan app store dan Epic appstore dapat diinstall di smartphone tanpa masalah.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru