NEWS

MSI Mengonfirmasi Handheld Gaming CLAW 2 Sudah Dalam Tahap Pengembangan

Rahmat Handiko    |   Selasa, 16 Jan 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

MSI Claw telah menghasilkan beberapa gebrakan sebagai salah satu produk menonjol yang diluncurkan di CES 2024. Produk ini tidak hanya meningkatkan persaingan di pasar handheld gaming, tetapi juga menandai masuknya Intel ke pasar ini dengan seri Core Ultra 100H berbasis Arc pertama mereka.

Dalam sebuah wawancara dengan Clifford Chun, System Product Managing Director MSI, seperti yang dilaporkan oleh IGN, terungkap bahwa Claw hanyalah permulaan dari rencana ambisius MSI. Mereka telah mengincar pembaruan di masa depan untuk seri ini, menjanjikan lebih banyak opsi CPU dan GPU yang lebih bertenaga.

MSI mengkonfirmasi bahwa Claw pertama telah dibuat selama dua tahun. Produk ini bisa saja hadir lebih cepat jika Intel meluncurkan Meteor Lake lebih awal, yang hanya terjadi pada bulan Desember tahun sebelumnya.

MSI berencana untuk mempertahankan siklus rilis 2 hingga 3 tahun yang konsisten untuk sistemnya, dengan Claw 2, 3, dan 4 yang akan datang sudah dalam pengerjaan. Meskipun detail tentang peningkatan spesifik masih dirahasiakan, fokus utamanya adalah meningkatkan kemampuan CPU dan GPU, dengan potensi penyegaran tambahan.

Baca ini juga :


» ASUS Luncurkan Kipas Case TUF Gaming TR120 ARGB
» ASUS Republic of Gamers Umumkan Kehadiran ROG Tessen Mobile Controller
» Tingkatkan Produktivitas Dengan Dual Layar! Review ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU)
» ASUS Ungkap Beberapa Detail Tentang ROG Ally X, Console Handheld Baru Upgrade Dari Seri Lama!
» ASUS Bakal Umumin ROG Ally Terbaru! Beneran Baru Atau Cuma Sekedar Refresh?

Mempertimbangkan pilihan Intel untuk seri Claw di masa depan, CPU signifikan berikutnya adalah Arrow Lake dan Lunar Lake, yang terakhir dilengkapi dengan arsitektur GPU Xe2 yang baru. Namun, perlu dicatat bahwa Lunar Lake menargetkan sistem berdaya rendah, dan handheld gaming dengan konsumsi daya 15-30W mungkin menuntut sesuatu yang lebih bertenaga. Pilihan berikutnya adalah Panther Lake, yang diharapkan menampilkan arsitektur inti CPU baru dan seri GPU Xe3, tetapi kedatangannya tidak diantisipasi hingga 2025/2026, mungkin saja sejalan dengan rencana MSI.

Handheld baru ini akan dirilis jika sudah siap, MSI tidak menyebutkan tanggal rilisnya. Beberapa media mengklaim bahwa perangkat ini mungkin akan hadir pada akhir Q1, yang lain mengatakan pada paruh pertama tahun 2024, sementara IGN bahkan lebih jauh mengatakan bahwa perangkat ini akan diluncurkan pada paruh kedua 2024. Satu hal yang pasti, MSI ingin meluncurkan seri barunya sebelum handheld berbasis AMD Strix Point hadir dengan upgrade Zen5/RDNA3.5.




Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru