NEWS

AMD Perkenalkan Fluid Motion Frames Pada Driver Resmi Pertama Untuk Tahun 2024! Support Game DX11/DX12

Aeprukmana   |   Rabu, 24 Jan 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Driver 2024 pertama adalah rilis utama dengan dukungan untuk dua game: Tekken 8 dan Like a Dragon: Infinite Wealth. Driver ini juga merupakan rilis penting untuk kartu grafis Radeon RX 7600 XT yang akan datang dengan VRAM 16GB, yang dijadwalkan akan diluncurkan besok. Namun yang lebih penting lagi, driver ini merupakan rilis WHQL publik pertama yang memperkenalkan teknologi AMD Fluid Motion Frames, tidak lagi menjadi bagian dari driver preview.

Sejak diperkenalkannya Fluid Motion Frames beberapa bulan yang lalu, AMD akhirnya memenuhi janjinya, dan menghadirkan pembuatan frame kepada masyarakat luas, sekarang untuk semua orang yang menggunakan driver stabil resmi. Gamer dengan hardware yang kompatibel akan dapat menambahkan frame ke game DirectX 11 atau DirectX 12 melalui teknologi HYPR-RX, sebuah fitur baru di dalam driver. Perusahaan menjanjikan peningkatan FPS hingga 97%. AMD memberikan estimasi performa berikut ini berdasarkan GPU RX 7600 XT:

  • Peningkatan performa rata-rata hingga 97% pada game tertentu pada resolusi 1080p saat AMD Fluid Motion Frames (AFMF) diaktifkan dan di-upscale dengan FidelityFX™ Super Resolution 2 (FSR 2) pada Mode Kualitas, menggunakan Software AMD: Adrenalin Edition™ 24.1.1 pada GPU Radeon™ RX 7600XT, dibandingkan saat AFMF dan peningkatan FSR 2 dalam keadaan OFF.
  • Peningkatan performa rata-rata hingga 103% pada game tertentu pada resolusi 1440p saat AMD Fluid Motion Frames (AFMF) diaktifkan dan di-upscale dengan FidelityFX™ Super Resolution 2 (FSR 2) pada Mode Kualitas, menggunakan Software AMD: Adrenalin Edition™ 24.1.1 pada GPU Radeon™ RX 7600XT, dibandingkan dengan saat AFMF dan peningkatan FSR 2 dalam keadaan OFF.

Baca ini juga :


» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™
» Resiko Gede Tambah Storage? Solusi cepat tepat & aman Gamer! SanDisk GamePlay microSD Gaming Ngebut!
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!
» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!

Teknologi AFMF akan bekerja dengan GPU desktop dan mobile Radeon RX 7000/RX 6000, serta grafis terintegrasi Radeon 700M yang berbasiskan arsitektur RDNA3. Sejauh ini, belum disebutkan dukungan untuk hardware lain.

AMD merekomendasikan untuk mengaktifkan AFMF pada sistem yang sudah mendukung setidaknya 60 FPS. Meskipun akan berfungsi terlepas dari rekomendasi ini, namun mungkin tidak memberikan pengalaman yang diinginkan. Selain itu, karena pembuatan frame menambah latensi, gamer harus mengaktifkan teknologi Anti-Lag jika memungkinkan.

Saat ini, AFMF hanya bekerja dalam mode layar penuh dengan V-Sync dinonaktifkan, sehingga gamer yang lebih menyukai gameplay tanpa batas mungkin perlu mengubah atau menunggu AMD memperbarui driver. Ada juga masalah dalam melaporkan FPS dengan benar, karena beberapa aplikasi tidak akan terhubung ke pipeline grafis setelah frame dihasilkan, sehingga menghasilkan FPS yang lebih rendah. AMD merekomendasikan untuk menggunakan overlay bawaan driver Adrenalin untuk memantau framerate.

Seperti yang dijanjikan, AMD juga menambahkan dukungan untuk Video Upscaling, yang seharusnya didukung oleh sebagian besar aplikasi DirectX 11. Teknologi ini merupakan respons AMD terhadap RTX Video Upscaling dari NVIDIA, yang bertanggung jawab untuk menambahkan peningkatan pada video secara real time, meningkatkan kualitasnya. Video Upscaling didukung oleh browser Google Chrome dan Microsoft Edge, tetapi langkah-langkah tambahan mungkin diperlukan untuk mengaktifkannya. Tampaknya teknologi ini saat ini hanya didukung oleh Radeon RX 7000 series.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru