NEWS

Bocoran Chipset Baru Qualcomm Dengan Kode SM8635, Apakah Ini Akan Jadi Snapdragon 8s Gen 3?

Rahmat Handiko    |   Jumat, 23 Feb 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Qualcomm memutuskan untuk mengubah skema penamaannya beberapa tahun yang lalu, yang sebelumnya menggunakan angka-angka seperti 4, 6, 7, dan 8 untuk menunjukkan posisi jajaran SoC, serta akhiran generasi untuk mencerminkan rilis tahunan. Awalnya, skema penamaan ini berhasil memberikan kejelasan, tetapi belakangan ini, perusahaan kembali memperkenalkan kebingungan dengan pengaturan yang lebih rumit.

Informasi terbaru dari seorang penyelidik yang dikenal sebagai Digital Chat Station mengungkapkan bahwa Qualcomm tengah mengembangkan Snapdragon 8s Gen 3, suatu System-on-Chip (SoC) dengan kode nama SM8635 dan nama pemasaran sementara Snapdragon 8s Gen 3.

Bocoran ini mengindikasikan bahwa SoC ini mungkin dilengkapi dengan inti utama Cortex-X4 berkecepatan clock 3.01GHz, empat inti performa Cortex-A720 berkecepatan clock 2.61GHz, dan tiga inti efisiensi Cortex-A520 berkecepatan clock 1.84GHz. SoC ini juga dapat dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis Adreno 735.

Meskipun informasi terkini ini memberikan gambaran baru mengenai kecepatan clock, yang menarik perhatian adalah bahwa Snapdragon 8s Gen 3 tampaknya tidak akan melampaui Snapdragon 8 Gen 3 yang saat ini digunakan pada ponsel kelas atas. Kecepatan clock lebih rendah, kode nama yang lebih rendah (SM8635 dibandingkan dengan SM8650 pada 8 Gen 3), dan GPU yang lebih rendah (Adreno 735 dibandingkan dengan Adreno 750 pada 8 Gen 3).

Baca ini juga :


» Rumor Hasil Pengujian Chipset Baru Samsung Exynos 2500 Lebih Kuat Dari Snapdragon 8 Gen 3!
» Mediatek Klaim Dimensity 9300 Akan 10% Lebih Cepat Dibandingkan Snapdragon 8 Gen 3
» iPhone 15 Ketar-ketir! Skor AnTuTu Snapdragon 8 Gen 3 Bocor di Internet, Skornya Tembus 2 Jutaan
» Bukan Snapdragon 8 Gen 1, Samsung Galaxy S23 FE Masuk Indonesia dengan Chipset Exynos 2200
» Xiaomi Pad 6 Akhirnya Dirilis Resmi, Langsung Sold Out di Semua E-Commerce di Penjualan Perdana

Sebagai tambahan, posisinya dalam hierarki produk Qualcomm juga menimbulkan kebingungan. Biasanya, penambahan akhiran "S" pada nama SoC menunjukkan peningkatan bertahap, tetapi dalam kasus Snapdragon 8s Gen 3, tampaknya ditempatkan di antara Snapdragon 8 Gen 3 dan Snapdragon 8 Gen 2.

Ketidakjelasan semakin muncul ketika melihat jajaran produk Qualcomm secara keseluruhan, dengan varian "untuk Galaxy" / "Plus" yang menempati posisi di atas SoC unggulan, sementara varian dengan merek yang tampaknya lebih sederhana tersebar di sepanjang spektrum kinerja.

Jadi, setelah peluncuran Snapdragon 8s Gen 3, daftar produk Qualcomm terlihat sebagai berikut, mulai dari yang paling tinggi:

  • Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy
  • Snapdragon 8 Gen 3
  • Snapdragon 8s Gen 3
  • Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy / Snapdragon 8 Plus Gen 2
  • Snapdragon 8 Gen 2
  • Snapdragon 8 Plus Gen 1


Meskipun kemungkinan Qualcomm dapat mengubah strategi penamaannya pada saat perilisan, kebingungan yang terlihat dalam jajaran produk menimbulkan pertanyaan mengenai konsistensi dan keselarasan branding di antara produk-produknya.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru