NEWS

Image Generator Milik Meta AI Ga Akurat Kalau Bikin Gambar Dua Orang Beda Ras!

Rahmat Handiko    |   Jumat, 05 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Setelah melalui tantangan yang serupa dengan Google, generator image AI yang dikembangkan oleh Meta juga tergelincir dalam masalah yang serupa. Meskipun telah diberikan petunjuk yang jelas dan mudah dipahami, generator gambar tersebut gagal menghasilkan gambar yang akurat. Laporan terbaru yang muncul menyebutkan bahwa meskipun telah melalui beberapa penyesuaian, generator gambar Meta masih menghasilkan gambar yang tidak sesuai, seperti contohnya adalah gambar seorang pria Asia dengan wanita berkulit putih.

Dalam laporan tersebut, dicatat bahwa AI Meta secara konsisten gagal menciptakan gambar yang akurat, memunculkan pertanyaan apakah model ini mungkin memiliki bias terhadap ras tertentu. Meskipun petunjuk yang diberikan cukup sederhana, alat penghasil gambar AI di dalam platform Instagram terus menghasilkan gambar yang tidak sesuai, seperti gambar seorang pria Asia dengan teman Kaukasia atau istri berkulit putih. Kejadian ini tidak terisolasi, karena telah terjadi beberapa kali.

Media The Verge juga mengulas bahwa meskipun telah dilakukan berbagai upaya, generator gambar AI Meta hanya mampu menciptakan satu gambar yang berhasil, yaitu gambar seorang "Wanita Asia dengan suami Kaukasia." Namun demikian, keberhasilan ini terjadi setelah sepuluh kali percobaan, dengan sembilan percobaan sebelumnya gagal menghasilkan gambar yang akurat. Hal ini menunjukkan bahwa platform tersebut masih mengalami kesulitan dalam menghasilkan gambar yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Baca ini juga :


» Microsoft Integrasikan Copilot AI ke Game! Jadi Bisa Nanya Tips Game dan Langsung Dijawab Sama AI!
» ASUS Vivobook S 15, Copilot+ PC Pertama dengan Fitur AI Windows 11
» Mark Zuckerberg Pamer Setup PC Zaman Anak-anak Pada Perayaan Ultah yang Ke-40 Tahun!
» OpenAI Rilis ChatGPT Versi Terbaru GPT-4o, Lebih Pintar dan Gratis Untuk Semua Pengguna!
» [RUMOR] Siap Bersaing Dengan Google! OpenAI Akan Membuat Mesin Pencarian Dengan Tenaga AI!

Tidak jarang kita mendengar kasus serupa pada generator gambar AI sebelumnya. Contohnya, Google telah memutuskan untuk menonaktifkan alat pembuat gambar AI Gemini karena masalah yang serupa terkait ketidakakuratan gambar yang dihasilkan. Hal ini menimbulkan kesamaan dengan situasi yang terjadi pada pembuat gambar Meta.

Setelah kejadian tersebut Meta akhirnya membuat prompt yang berhubungan dengan Asian jadi tidak tersedia. Mungkin mereka sedang memperbaikinya.

Mengingat kejadian ini, tidak mengherankan jika ada skeptisisme terhadap penggunaan generator gambar AI sebagai solusi terbaik dalam situasi ini. Ketidakakuratan yang konsisten dalam hasil gambar dapat menyebabkan kebingungan dan keraguan.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru