NEWS

Gigabyte Konfirmasi Kehadiran Prosesor Zen 5 Terbaru AMD Ryzen 9000 Series Lewat Website Mereka!

Rahmat Handiko    |   Kamis, 25 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Gigabyte baru saja mengumumkan berita terbaru mengenai prosesor desktop Ryzen generasi terbaru pada website resmi mereka, yang telah resmi diberi nama Ryzen 9000. Selama beberapa waktu, ada spekulasi mengenai apakah AMD akan mempertahankan pola penamaan yang sama seperti lini mobile dan menggunakan "8000" untuk SKU yang akan diluncurkan pada tahun 2024. Namun, Gigabyte kini telah mengonfirmasi bahwa seri prosesor desktop terbaru ini akan dinamakan Ryzen 9000.

Seri Ryzen 9000, yang memiliki nama kode "Granite Ridge," dibangun di atas arsitektur Zen5 yang baru dan menawarkan jalur peningkatan yang mulus dari prosesor Zen4 "Raphael" yang telah beredar di pasaran. Semua motherboard AMD AM5 yang sudah ada saat ini akan mendukung prosesor Ryzen 9000, meskipun pembaruan BIOS mungkin diperlukan.

Selain ASUS dan MSI yang telah menyatakan dukungan mereka, Gigabyte juga telah menegaskan kesiapan motherboard mereka untuk mendukung seri baru ini. Dengan pengumuman ini, Gigabyte telah memperlihatkan informasi mengenai seri 9000 yang sebelumnya dirahasiakan oleh AMD.

Baca ini juga :


» AMD Umumkan Jajaran Ryzen 9000 Series di Computex 2024 dan Akan Dirilis Pada Bulan Juli
» Dilema Dualisme AI: Potensi Disalahgunakan Sama Besar dengan Manfaatnya!
» MSI Bakal Fokus ke GPU NVIDIA daripada AMD? Katanya Lebih Banyak Peminat GPU NVIDIA Dibandingkan AMD
» Prosesor Zen 5 AMD Ryzen 9000 Masuk Daftar Driver Motherboard, pertanda Rilis Dalam Waktu Dekat?
» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?


Sumber: Gigabyte

Meskipun pengumuman ini menarik, masih belum ada pernyataan resmi dari AMD yang menunjukkan bahwa Ryzen 9000 akan segera diluncurkan. Namun, banyak pihak yakin bahwa AMD akan memperkenalkan seri ini di ajang Computex 2024, yang hanya akan berlangsung sekitar 1,5 bulan lagi.

Mengenai pola penamaan AMD, Strix Point kemungkinan akan diberi nama Ryzen 8050 secara logis. Namun, desas-desus mengindikasikan bahwa Fire Range dan Strix Halo akan dirilis pada tahun depan. Untuk menjaga konsistensi, kemungkinan besar semua produk Zen5 akan menggunakan skema penamaan yang sama. Satu-satunya produk Ryzen 8000 yang kemungkinan besar akan dirilis adalah yang berbasiskan Hawk Point.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru