NEWS

Google Resmi Menjadi Perusahaan Bernilai 2 Triliun Dollar Atau Senilai 32 Kuadriliun Rupiah!

Rahmat Handiko    |   Selasa, 30 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Selama satu tahun terakhir, Google telah menghadapi dua tantangan terbesar dalam sejarah 25 tahun perusahaannya: perkembangan AI generatif yang pesat dan meningkatnya regulasi yang harus dihadapi. Perusahaan telah menjalani perubahan besar, terutama dalam layanan pencarian, dengan menyelaraskan tim Search, Android, dan perangkat keras seputar AI, serta memperkenalkan model AI baru bernama Gemini untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Google juga telah melakukan perubahan struktural, termasuk pemangkasan proyek dan pengurangan jumlah karyawan untuk mengalihkan fokusnya. Kemarin, Google mengumumkan dividen pertamanya dan program pembelian kembali saham senilai $70 miliar bersamaan dengan laporan keuangan kuartal pertama tahun 2024. Para investor menyambut baik kabar ini, yang tercermin dalam keberhasilan Alphabet mencapai dan mempertahankan kapitalisasi pasar sebesar $2 triliun selama satu hari perdagangan.

Dalam dunia bisnis publik, Google berada di posisi keempat dalam hal kapitalisasi pasar, di belakang Nvidia, Apple, dan Microsoft. Sementara itu, Amazon dan Meta memiliki nilai pasar yang lebih rendah. Tidak seperti Meta, yang sahamnya turun 10 persen setelah CEO Mark Zuckerberg menyatakan bahwa membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan uang dari investasi besar-besaran pada AI generatif, Google telah menemukan cara untuk memonetisasi AI.

Baca ini juga :


» Apple Vision Pro Bakal Dirilis Secara Global Pada Bulan Juli Mendatang!
» Waduh! Gara-gara Bing AI, Microsoft Terancam Kena Denda Miliaran Dolar!
» Take-Two Interactive Layoff 5% Karyawan dan Cancel Beberapa Game! Layoff Udah Jadi Trend?
» Google Ikut Rayakan Rilisnya Final Fantasy VII Rebirth! Ada Easter Egg di Search Engine Google!
» Nvidia Raih Prestasi Luar Biasa! Jadi Perusahaan Senilai 2 Triliun USD Berkat Dominasi di Bidang AI

Perusahaan ini telah membantu pengiklan untuk mengoptimalkan kampanye mereka menggunakan AI di alat Performance Max dan menyatakan bahwa pengiklan lebih mungkin untuk mencapai hasil yang baik atau sangat baik dalam kampanye mereka. Selain itu, Google telah meluncurkan alat AI ke hampir 10.000 agen pusat panggilan dengan Discover Financial dan melihat peningkatan pendapatan di bidang penawaran berbasis nilai dengan Ikea.

Google juga tetap optimis dengan prospek monetisasi jawaban AI di layanan pencariannya, meski belum membicarakan detailnya. CEO Sundar Pichai menyatakan bahwa perusahaan yakin dapat mengelola biaya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Perusahaan berupaya untuk menjaga pencarian tetap optimal sambil memprioritaskan lalu lintas ke situs web dan pedagang.

Secara keseluruhan, bisnis Google berjalan baik. Perusahaan mencatat laba sebesar $23,7 miliar dari pendapatan $80,5 miliar, dengan kenaikan pendapatan sebesar 15 persen dari tahun ke tahun dan kenaikan keuntungan sebesar 14 persen dibandingkan kuartal liburan. Meskipun Google telah melakukan pengurangan karyawan untuk meningkatkan keuntungan, tampaknya pemutusan hubungan kerja telah melambat atau berhenti.

Pendapatan dari pencarian dan iklan Q1 meningkat 14 persen dari tahun ke tahun, iklan YouTube naik hampir 21 persen, dan langganan, platform, dan perangkat meningkat 18 persen. Google juga melaporkan peningkatan monetisasi YouTube Shorts dan berupaya bersaing dengan TikTok dan Instagram Reels.

Secara keseluruhan, Google terus menghadapi tantangan besar namun tetap berhasil mempertahankan kinerjanya dan mencari peluang untuk mengembangkan bisnisnya.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru