NEWS

ASUS TUF Gaming F16: Layar Lebih Besar, Kinerja Solid, Desain Tangguh

Rahmat Handiko    |   Jumat, 31 May 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Bermain game di layar yang lebih luas memang lebih menyenangkan. Itulah mengapa banyak sekali laptop gaming yang menggunakan layar besar seperti 15-inci, 17-inci, bahkan hingga 18-inci. Laptop gaming 17 dan 18-inci biasanya dipilih sebagai desktop replacement atau pengganti PC desktop karena. Sementara laptop 15-inci biasanya hadir sebagai solusi perangkat komputasi powerful yang masih dapat dibawa bepergian dengan nyaman. Lalu bagaimana jika Anda ingin laptop gaming dengan layar yang lebih luas dari 15-inci namun tetap mempertahankan portabilitas?

Salah satu jawaban dari ASUS untuk kebutuhan tersebut adalah TUF Gaming F16 (FX607JU) yang merupakan laptop gaming dengan ukuran layar 16-inci dan tetap menggunakan desain bodi yang ukurannya masih sangat mirip dengan laptop 15-inci. Selain mengusung layar lebih luas dan dimensi yang cukup ringkas, laptop gaming ini juga mengusung hardware serta fitur modern sehingga cocok untuk berbagai aktivitas mulai dari bermain game hingga membuat konten kreatif.


Gratis Berlangganan PC Game Pass Selama Tiga Bulan

Khusus untuk gamers, ASUS juga memberikan gratis berlangganan layanan PC Game Pass selama tiga bulan di laptop ini. PC Game Pass merupakan layanan gaming berlangganan dengan 100 lebih judul game AAA popular yang dapat dimainkan. Beberapa game populer yang sudah tersedia di PC Game Pass di antaranya adalah Forza Horizon 5, Diablo IV, Starfield, Gears 5, Microsoft Flight Simulator, Age of Empire IV, hingga Persona 3 Reload.


Powerful, Ditenagai Oleh Prosesor 13th Gen Intel® Core™

TUF Gaming F15 (FX607JU) merupakan laptop gaming yang ditenagai oleh CPU Intel® Core™ i7-13650HX dan resmi tampil sebagai CPU paling kencang yang pernah hadir di jajaran TUF Gaming. Intel® Core™ i7-13650HX merupakan CPU kelas extreme performance dengan base power sebesar 55W, jauh di atas rata-rata laptop gaming di kelasnya yang biasanya menggunakan CPU dengan base power 35W.

Intel® Core™ i7-13650HX juga merupakan CPU modern dengan arsitektur hibrida yang mengkombinasikan 6 P-core dan 8 E-core dengan total 20 threads. Konfigurasi tersebut memastikan TUF Gaming F15 (FX607JU) memiliki performa multitasking yang sangat baik, serta efisiensi daya yang lebih baik dari pendahulunya.

Bersama dengan CPU Intel® Core™ i7-13650HX, TUF Gaming F15 (FX607JU) juga ditenagai oleh GPU NVIDIA GeForce RTX 4050 dengan VRAM 6GB serta dukungan berbagai teknologi grafis modern termasuk DLSS Frame Generation yang dapat meningkatkan framerate saat bermain game, serta MUX Switch yang dapat memaksimalkan performa GPU.

Sistem pendingin pada ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) dirancang untuk menjaga suhu kerja yang optimal, yang krusial untuk mempertahankan performa yang stabil selama penggunaan intensif. Dengan menggunakan teknologi 84-blade Arc Flow Fans™, laptop ini mampu mengalirkan udara dingin ke komponen penting dengan efisien, sementara lima heatpipe berkontribusi dalam menghilangkan panas berlebih. Sistem ini berhasil menjaga suhu tetap terkendali tanpa menimbulkan kebisingan yang mengganggu, memungkinkan pengguna untuk terus bermain atau bekerja dalam kondisi yang nyaman.

ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) juga memperhatikan aspek mobilitas dengan menyertakan baterai berkapasitas 90Wh yang menjanjikan durasi penggunaan yang lebih lama dibandingkan laptop gaming sejenis. Ketahanan baterai yang ditingkatkan ini memungkinkan pengguna untuk menjauh dari colokan listrik lebih lama, memberikan kebebasan untuk bermain atau bekerja dari lokasi mana pun. Tambahan fitur pengisian cepat adalah nilai plus, yang memastikan bahwa pengguna dapat kembali ke aktivitasnya dengan cepat setelah baterai habis.

Baca ini juga :


» ROG Strix SCAR 18 (G834JYR), Laptop Gaming Paling Powerful di Tahun 2024
» TUF Gaming A15, Laptop Gaming Rp12 Jutaan Bisa Apa Saja?
» Review ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406), Laptop AI Berbasis AMD
» ASUS ROG Strix Scar 18, Laptop dengan Spesifikasi Terbaik, Semua Dilibas!
» Kamera AI Dahsyat! Performa Ganas, Gak Gampang Panas! Review ASUS Zenfone 11 Ultra


Modern dan Tangguh

ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) hadir dengan desain yang fokus pada fungsionalitas dengan sentuhan estetika modern. Laptop gaming ini memiliki penampilan yang solid dengan warna dominan hitam matte, memberikan kesan profesional dan serius. Desainnya yang cukup ramping dan ringan untuk sekelas laptop gaming 16-inci memudahkan pengguna untuk membawa perangkat ini kemana saja, tanpa mengorbankan durabilitas yang menjadi ciri khas seri TUF.

Sementara di sisi layarnya, ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) dilengkapi dengan panel FHD+ (16:10) 100% sRGB yang menawarkan kualitas gambar yang tajam dengan refresh rate 165Hz. Teknologi G-SYNC yang terintegrasi membantu mengurangi screen tearing dan stuttering, memberikan pengalaman visual yang lebih halus, baik saat bermain game atau menonton video. Desain bezel yang tipis memaksimalkan ruang layar sehingga pengguna mendapatkan lebih banyak area tampilan.

ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) telah melalui serangkaian pengujian berstandar militer MIL-STD-810H untuk memastikan ketahanannya terhadap berbagai kondisi fisik yang mungkin terjadi selama penggunaan. Laptop ini dirancang untuk menahan dampak dari penggunaan harian, termasuk getaran dan benturan yang tidak disengaja.

Ketahanan laptop gaming ini juga mencakup kemampuan untuk beroperasi dalam berbagai kondisi lingkungan, seperti perubahan suhu. Ini menunjukkan bahwa ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) adalah pilihan yang dapat diandalkan untuk pengguna yang membutuhkan laptop yang tahan lama dan stabil dalam berbagai situasi.


Laptop Gaming 16-inci Terbaik di Kelasnya

ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) hadir sebagai laptop gaming yang menggabungkan ketahanan desain dengan performa yang solid. Chassis yang dibangun untuk ketahanan sesuai standar militer memberikan kepercayaan dalam kekuatan dan durabilitas, sementara faktor bentuk yang ringan dan ramping memudahkan mobilitas. Layar dengan resolusi FHD+ (16:10) 100% sRGB dan refresh rate 165Hz, ditunjang oleh teknologi G-SYNC, menyediakan pengalaman visual yang tajam dan lancar, ideal untuk gaming dan menonton konten multimedia. Sistem pendingin canggih dengan kipas Arc Flow Fans™ dan heatpipe yang dirancang dengan baik memastikan suhu kerja tetap terkontrol, menjaga laptop beroperasi pada performa optimal.

Dalam hal spesifikasi, ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ i7-13650HX dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 4050, serta 16GB RAM yang secara bersamaan memberikan kekuatan yang dibutuhkan untuk menjalankan game terkini dan aplikasi yang memerlukan banyak sumber daya. Baterai dengan kapasitas 90Wh memberikan kemampuan bertahan yang memuaskan, memungkinkan pengguna untuk bekerja dan bermain dengan lebih sedikit ketergantungan pada pengisian daya. Dengan fitur-fitur ini, ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU) menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna yang mencari laptop yang mampu menawarkan performa yang konsisten, ketahanan baterai yang memadai, dan desain yang dibuat untuk tahan lama.

Main Spec TUF Gaming F16 (FX607JU)
CPU 13th Gen Intel® Core™ i7-13650HX Processor 2.6 GHz 24M Cache, up to 4.9 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores
Operating System Windows 11 Home
Memory 2x8GB DDR5-4800 SO-DIMM
Storage 512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD
Display 16-inch FHD+ (1920 x 1200) 16:10, 165Hz, 3ms, G-Sync, 250 nits, Anti-Glare, 100% sRGB
Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 4050
Input/Output 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
Camera 720p HD Camera
Audio AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 35.5 x 25.2 x 2.21 ~ 2.82 cm
Weight 2.27 Kg
Color Jaeger Gray, Mecha Gray
Price Rp21.999.000



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru