NEWS

ISP Indonesia Ramai-ramai Banting Harga Dampak Starlink Milik Elon Musk Resmi Masuk ke Indonesia!

Rahmat Handiko    |   Senin, 10 Jun 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Persaingan antara penyedia layanan internet lokal dengan Starlink nampaknya masih akan terus memanas. Kali ini, kita melihat berbagai provider internet di Indonesia yang mulai menurunkan harga mereka sejak kehadiran Starlink yang dianggap bisa mengancam bisnis telekomunikasi di tanah air.

Sejak Starlink mulai beroperasi di Indonesia, beberapa penyedia layanan internet lokal terlihat panik. Mereka khawatir dengan kehadiran pesaing baru yang bukan berasal dari Indonesia dan akhirnya segera mengambil langkah strategis dengan menurunkan tarif bulanan mereka.

Menurut hasil investigasi kami, sejumlah provider internet lokal kini tengah berusaha menarik perhatian konsumen dengan menawarkan potongan harga yang signifikan. Di antaranya adalah MyRepublic, XL, Biznet, Telkomsel, dan MNC Play yang diketahui memberikan diskon besar hingga setengah harga pada paket bulanan mereka.

Sebagai contoh, paket MyRepublic dengan kecepatan 50 Mbps yang sebelumnya dihargai IDR 500.000, kini hanya dibanderol IDR 250.000. Begitu juga dengan paket 100 Mbps yang tadinya seharga IDR 639.640, kini bisa dinikmati dengan harga IDR 350.000 berkat adanya Starlink.

Baca ini juga :

» Siap ke Tempat Cuci Steam di Livestream, iShowSpeed Bilang Dirinya Bakal ke Indonesia Bulan September!
» Neuralink Targetkan 1.000 Pasien dengan Implan Chip pada 2026
» Starlink Mini Resmi Dirilis, Cuma Segede Laptop dan Bisa Colok Powerbank!
» Ditanya Negara yang Akan Dikunjungi, iShowspeed: Saya Rasa Bakal ke Indonesia!
» Lolos Sebagai Runner-Up Grup, Timnas Indonesia Pria Akan Hadapi Myanmar di Babak Playoffs IESF WEC 2024!

Selain MyRepublic, MNC Play juga mengikuti jejak dengan menurunkan harga untuk layanan internet fiber optik mereka. Bayangkan saja, layanan internet dengan kecepatan 20 Mbps yang sebelumnya dihargai IDR 280.000 per bulan, kini menawarkan kecepatan 70 Mbps hanya dengan biaya langganan IDR 223.000 per bulan, bahkan sudah termasuk STB dan layanan TV.

Tidak hanya itu, Biznet juga terlihat menurunkan tarif langganan bulanannya. Paket dengan kecepatan 250 Mbps untuk wilayah Jawa kini dibanderol IDR 375.000. Sementara itu, di Pekanbaru, paket 200 Mbps yang awalnya lebih mahal kini hanya seharga IDR 350.000, menjadikannya penawaran yang sangat menarik.

Meski harga bulanan dari beberapa provider ini belum semuanya jelas, kenaikan kecepatan hingga 100 Mbps tentu menjadi kabar baik bagi para pengguna setia layanan internet mereka.

Terakhir, ada Telkomsel yang juga menurunkan harga. Paket dengan kecepatan 300 Mbps kini ditawarkan dengan harga IDR 370.000 per bulan. Sayangnya, belum ada informasi apakah IndiHome akan mengikuti langkah Telkomsel dalam menurunkan harga.

Secara keseluruhan, langkah-langkah ini menunjukkan bahwa persaingan di industri layanan internet semakin ketat, dan para penyedia lokal harus berinovasi serta memberikan penawaran yang lebih menarik agar bisa bersaing dengan kehadiran Starlink. Buat para gamer, ini tentu menjadi kabar baik karena bisa menikmati kecepatan internet tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.