NEWS

Kominfo Bantah Soal Claim Ela Elo Sebagai Pengganti X Dibikin Oleh Pemerintah!

Rahmat Handiko    |   Rabu, 19 Jun 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara tegas membantah klaim bahwa Elaelo, platform yang disebut-sebut sebagai pengganti X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), adalah milik pemerintah. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

"Pastinya bukan," tegas Semuel mengutip dari detikNET.

Elaelo, yang menggunakan nama domain .id, juga ditelusuri oleh detikINET melalui Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). Sebagai informasi, Pandi adalah lembaga yang bertanggung jawab sebagai registri untuk domain tingkat atas Indonesia (.id) serta domain tingkat dua di bawahnya.

Ketua Pandi, John Sihar Simanjuntak, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap pendaftar domain elaelo.id. Dari hasil pengecekan tersebut, dipastikan bahwa domain tersebut bukan milik Kementerian Kominfo.

Baca ini juga :

» Elon Musk Ingin Manusia Punya Kekuatan Super Lewat Neuralink, Chip yang Ditanam Dalam Otak!
» Starlink Mini Resmi Dirilis, Cuma Segede Laptop dan Bisa Colok Powerbank!
» Hakim Tolak Gugatan Pesangon Rp 8 Triliun dari Mantan Karyawan Twitter Terhadap Elon Musk
» Platform Game Indie Itch.io Sempat Tidak Bisa Diakses, Karena Diblokir Kominfo?
» Elon Musk Hapus Tombol Retweet dan Reply di Postingan, Identitas Twitter Mulai Hilang Sepenuhnya?

"Saya sudah cek registrant (pendaftar)-nya, dan bisa dipastikan bukan Kominfo dan registrasi dilakukan melalui registrar Qwords, namun identitas registrant tidak bisa saya disclose ya, mohon maaf," jelas John.

Elaelo sempat mengalami gangguan dan tidak bisa diakses. Namun, platform ini kini telah aktif kembali. Sebelumnya, masyarakat Indonesia sempat dihebohkan oleh kehadiran Elaelo ID yang mengklaim dirinya sebagai media sosial pengganti X/Twitter. Sejumlah netizen berperan besar dalam memviralkan platform ini melalui berbagai media sosial.

Pada Senin, 17 Juni, Elaelo terkena suspend dan malam harinya platform ini sudah tidak bisa diakses lagi. Namun, pada Selasa, 18 Juni 2024, Elaelo kembali beroperasi.

Berdasarkan pantauan pagi ini jam 10:15 WIB 19 Juni 2024 saat mengakses elaelo.id, muncul layar hitam dengan logo Garuda Pancasila. Di bawahnya terdapat tulisan "Under Construction by Kominfo" beserta timer countdown yang menunjukkan waktu tersisa 7 jam. Selain itu, terdapat pesan yang berbunyi: "Ela Elo Is Coming, Big Features Will Be Ready," dengan tambahan tulisan "Iron Dome #Hmei".

Pesan tersebut mengindikasikan bahwa Elaelo sedang dalam proses pengembangan lebih lanjut, menjanjikan fitur-fitur besar yang akan segera siap digunakan oleh pengguna.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru