NEWS

Server PDN Kominfo Down Sebabkan Gangguan Layanan Imigrasi, Diduga Karena Serangan Ransomware?

Rahmat Handiko    |   Minggu, 23 Jun 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Server Pusat Data Nasional (PDN) milik Kominfo mengalami gangguan sejak dini hari Kamis (20/6). Menkopolhukam Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa perbaikan masih berlangsung dan penyebab gangguan sedang diteliti lebih lanjut.

"Ini adalah masalah teknis yang rumit. Kami terus melakukan perbaikan dan analisis agar masalah ini tidak terjadi lagi di masa mendatang," ujar Hadi seusai menghadiri Bhayangkara Fun Walk di Jakarta Selatan, Sabtu (22/6).

Gangguan pada server PDN di Kemenkominfo selama beberapa hari terakhir telah menyebabkan layanan keimigrasian terganggu di seluruh bandara internasional di Indonesia. Para ahli IT mencurigai bahwa gangguan ini disebabkan oleh serangan siber berupa ransomware, mengingat waktu pemulihan yang cukup lama.

Akibat gangguan ini, terjadi antrean panjang di pemeriksaan imigrasi bandara. Untuk mengatasi masalah tersebut, Ditjen Imigrasi menambah 100 personel di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, karena pemeriksaan keimigrasian dilakukan secara manual selama gangguan berlangsung.


Dirjen Imigrasi, Silmy Karim

"Semua konter pemeriksaan di terminal kedatangan internasional sudah penuh dengan petugas, dan kami akan menambah konter tambahan,"" ujar Silmy pada Jumat (21/6).

Polri sedang melakukan asesmen untuk mengetahui penyebab gangguan server PDN di Kominfo, bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kami bekerja sama dengan BSSN untuk melakukan asesmen dan penelitian. Jika ditemukan unsur pidana, maka akan diproses oleh kepolisian," kata Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6).

Kapolri tidak memberikan detail mengenai asesmen tersebut, namun menegaskan bahwa kerja sama dalam menangani serangan siber terus dilakukan.

Baca ini juga :

» Platform Game Indie Itch.io Sempat Tidak Bisa Diakses, Karena Diblokir Kominfo?
» Ternyata Password yang Digunakan Untuk Akses Server PDN Adalah "Admin#1234"!
» Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan Resmi Mengundurkan Diri Setelah Kasus PDN!
» Hacker Brain Cipher Tepati Janji, Kunci Enkripsi Data PDN Sudah Diberikan Secara Gratis!
» Hacker Brain Cipher Bakal Kasih Kode Enkripsi PDN Secara Gratis!

"Kerja sama dengan rekan-rekan di bidang siber sudah menjadi hal biasa," tambahnya.

Juru bicara BSSN, Ariandi Putra, menyatakan bahwa investigasi terkait gangguan masih berlangsung. "Tim BSSN sedang dalam proses investigasi terkait insiden ini," katanya.

Ariandi belum mau mengungkapkan dugaan penyebab gangguan server PDN. "Update akan diinformasikan lebih lanjut. Untuk sementara itu informasi yang bisa kami berikan," ujarnya.


Suasana antrean penumpang pesawat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akibat kendala server Pusat Data Nasional (PDN) Kamis (20/6/2024). (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

Server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 juga mengalami gangguan sejak 20 Juni 2024, yang berdampak pada sejumlah layanan publik, termasuk sistem imigrasi.

Dirjen APTIKA Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Samuel Abrijani Pangarepan, menjelaskan bahwa pihaknya masih berupaya melakukan pemulihan terhadap gangguan server PDNS 2.

"Langkah-langkah pemulihan terus kami lakukan," jelasnya dalam keterangan resmi, Sabtu (22/6).

Samuel menyebutkan beberapa layanan publik mulai pulih, termasuk layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan yang sudah mulai beroperasi kembali.

Sebagian layanan imigrasi melalui Autogate di Bandara Soekarno-Hatta juga telah kembali beroperasi secara bertahap, sementara pemulihan layanan di bandara lain masih terus diupayakan.

"Agar proses keimigrasian tetap berjalan, layanan kombinasi dengan verifikasi manual masih dilakukan," ungkapnya.

Kominfo berjanji untuk mempercepat proses pemulihan dengan tetap memperhatikan kehati-hatian dan mengutamakan kepentingan publik serta pengguna layanan.



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru