Release Date7 January 2013
ESRB RatingEveryone 10+
GenreRole-Playing Game Turn-Based Strategy
Publisher
WebGame Indonesia

Developer
Kalends Online

Console
KOTAK GAME RATING
80
PLAYER RATING
97
BERI RATING
Review

Three Kingdoms Online II

oleh: Master-Fakry

Review

Three Kingdoms Online II (TKOII) adalah game berbasis web yang diterbitkan oleh Webgame. Game ini bercerita tentang tiga kerajaan yaitu Wei, Wu dan Shu. Game yang juga bisa dimainkan melalui akun Facebook ini telah memulai tahap Open Beta (OBT) pada tanggal 9 Januari 2013. Untuk bisa memainkan TKOII ini, gamers cukup memiliki koneksi internet pada komputer atau gadget yang sudah dipasang Adobe Flash Player.

Ketika pertama kali mendengar judul game ini, kru KotGa merasa terkejut, karena sudah ada banyak game online yang bercerita tentang tiga kerajaan. Setelah itu, kru KotGa mencoba game ini dengan setengah hati saat Closed Beta (CBT), lalu berhenti bermain dan berencana untuk memainkannya lagi pada saat OBT saja.

Namun, semuanya berubah setelah kru KotGa bermain saat OBT hari ini. Ternyata suasana klasik yang berpadu dengan latar belakang berupa lukisan indah dan percakapan antara karakter yang sangat puitis membuat kru KotGa jatuh cinta kepada game ini. Dari setengah hati, menjadi sangat niat untuk mengetahui lebih dalam tentang TKOII. Rasanya menyesal juga, kenapa saat CBT kemarin kru KotGa berhenti bermain, padahal game ini sangat seru jika kita sudah mengerti jalan ceritanya.


Penasaran dengan fitur yang terdapat pada game TKOII ini, kru KotGa segera login lalu memilih server S1 Syal Kuning untuk membuat karakter dan memulai permainan. Ada 5 Jendral yang bisa dipilih ketika membuat karakter yaitu Jendral Infantri (pertahanan fisik tinggi), Jendral Kavaleri (serangan fisik tinggi), Jendral Bijaksana (serangan sihir tinggi), Jendral Pemanah (serangan fisik dan pertahanan sihir tinggi) dan Jendral Sipil (serangan, pertahanan dan sihir yang seimbang). Kru KotGa memilih untuk menjadi Jendral Kavaleri dengan nickname PauChiChi karena kru KotGa lebih menyukai karakter dengan serangan fisik tinggi daripada status yang lain.

Setelah itu, kru KotGa mengikuti dan membaca semua petunjuk saat tutorial yang dipandu oleh nona Zhen Yao. TKOII menyediakan sistem tutorial yang sangat mudah untuk dimengerti, karena setiap langkahnya ditunjukkan dengan tongkat, sehingga gamers tidak perlu memutar otak untuk memahami perintah dari nona Yao.




Zhen Yao

Saat tutorial, kru KotGa diajarkan cara untuk menjalankan ekspedisi, menggunakan armor dan senjata, upgrade armor dan senjata, upgrade bangunan dan mencari Jendral yang tersebar di seluruh dataran China. Pertempuran pada TKOII ini masuk ke dalam turn-based, jadi gamers akan saling menyerang dengan bergantian. Selain fitur pertempuran turn-based saat menjalankan ekspedisi, TKOII juga menghadirkan fitur Menara Tempur yang kalau di game lain itu bernama tower defense.


Menjalankan ekpedisi membutuhkan poin Perintah Militer yang bisa dilihat pada pojok kanan bawah user-interface dan point itu akan kembali satu poin setiap satu jam. Ketika menjalankan ekspedisi, gamers akan bertemu dengan para jendral yang sangat kuat. Namun, gamers bisa mengajak pemain lain untuk bergabung ke dalam pertempuran sebagai grup atau follow-up ketika ada karakter yag terbunuh. Follow-up ini hanya akan maju, jika ada karakter gamers yang terbunuh dalam pertempuran.


Saat bertempur, kru KotGa tidak selalu menang. Karena saat bertemu musuh yang levelnya lebih tinggi, kru KotGa kalah telak. Agar menjadi lebih kuat, kru KotGa segera meningkatkan level para Jendral dan memberikan mereka armor dan senjata yang kuat. Oleh karena itu, kru KotGa harus melakukan upgrade pada bangunan-bangunan yang ada di Rumah Ningrat khusunya Rumah Jendral hingga level tertinggi karena batas level Jendral tergantung dari level Rumah Jendral. Namun, untuk melakukan upgrade dibutuhkan waktu yang cukup lama dan untuk mengatasi waktu menunggu itu, kru KotGa harus membeli slot tambahan agar bisa melakukan upgrade lebih banyak seharga 50 uang. Namun, gamers juga bisa mempercepat waktu menunggu itu dengan membayar sejumlah uang, tergantung dari lama waktu menunggu yang tersisa.


Setelah upgrade Rumah Ningrat hingga level tertentu, akan muncul fitur-fitur pendukung seperti Rumah Harta, Perkebunan, Pusat Pelatihan, Hall P'rajin dan lain-lain. Namun, jangan terlalu terpaku untuk upgrade Rumah Nigrat saja karena gamers juga membutuhkan level tinggi untuk bangunan lainnya agar kekuatan gamers semakin tinggi.


Perintah Militer 0 (habis) = Tidak bisa ekspedisi

Menggunakan fitur Menara Tempur juga membutuhkan poin tetapi poin itu berbeda dengan poin Perintah Militer untuk menjalankan ekspedisi. Poin Menara Tempur ini bisa dilihat pada pojok kanan atas user-interface ketika gamers berada pada mode Menara Tempur. Agar bisa menahan semua musuh yang mencoba menembus pertahanan Menara Tempur, kru KotGa juga harus melakukan upgrade pada setiap menara atau menambahkan menara khusus di titik-titik tertentu untuk menambah pertahanan. Namun, jumlah menara yang banyak saja tidak menjamin kemampuan untuk menahan musuh, kru KotGa lebih menyarankan agar melakukan upgrade saja pada menara-menara yang sudah tersedia di peta untuk kekuatan maksimal.




Upgrade Menara agar lebih kuat

Ketika memainkan game ini, ada banyak adegan dimana Jendral berbicara dengan prajurit, musuh, penasehat, mentri dan lain-lain. Dialog antara karakter itu sangat seru untuk dibaca. Menurut kru KotGa kalimat yang dipilih sangat puitis dan menggambarkan kosakata orang mandarin di film-film dunia persilatan yang sering kru KotGa lihat di televisi. Tetapi dialog tersebut kadang kala tidak enak dibaca karena penerjemahan yang kurang baik dan menggunakan singkatan-singkatan yang membuat percakapan antar karakter menjadi kurang menarik. Saran kru KotGa untuk pihak penerbit, agar menyuguhkan penerjemahan yang lebih baik tanpa singkatan-singkatan supaya gamers bisa lebih menikmati percakapan antar karakter.


Cerita yang disajikan pada game ini sangat menarik, selain itu grafis yang ditampilkan juga enak untuk dilihat bahkan sangat bagus untuk game berbasis website (terlihat seperti 3D walaupun sebenarnya 2D). Apalagi ketika para Jendral mengeluarkan jurus-jurus andalannya, seakan-akan game ini bukanlah game berbasis web. Setelah itu, musik yang digunakan pada TKOII sangat cocok dengan situasi di dalam game. Contohnya saja saat pertarungan berlangsung, musik yang diputar sangat membangkitkan semangat dan ketika berada di Rumah Nigrat, musik yang diputar begitu damai dan lembut sehingga kru KotGa tidak bosan selama bermain TKOII. Nilai keseluruhan yang bisa kru KotGa berikan untuk game ini adalah sangat memuaskan.

TKOII sangat cocok sebagai media pengisi waktu luang atau pada saat bosan. Karena gamers tidak perlu melakukan kombo-kombo atau hunting yang membutuhkan pemikiran rumit. Terkadang kita hanya membutuhkan sebuah permainan ringan tetapi seru, nah TKOII inilah gamenya. Penasaran dengan game ini, yuk langsung saja dimainkan.

Official site: http://tk.webgame.web.id
Aplikasi Facebook: http://apps.facebook.com/threekingdoms_online

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview