NEWS

Stok Menipis, Kemungkinan Harga VGA Gaming Akan Naik Lagi!

Taufik Hidayat   |   Selasa, 05 Sep 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Tidak bisa dipungkiri lagi kalau saat ini Cryptocurrency sedang mengalami pelonjakan yang membuat para miner diseluruh dunia semakin giat menambang dan bahkan melahirkan bibit-bibit baru miner yang ingin mencari keuntungan hanya dengan duduk manis di depan komputer saja. Tapi ternyata, bukan hanya itu penyebab kelangkaan VGA aka kartu grafis saat ini.

Dilansir dari Digitimes (via Wccftech), kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 10 series yang akan paling terkena imbasnya mulai bulan ini, mulai dari GTX 1050 hingga GTX 1080 Ti. Pihak NVIDIA sendiri mengatakan bahwa hal tersebut dikarenakan pasokan memori GDDR5 tersendat sehingga mereka tidak bisa memproduksi secara berlebih, padahal permintaan saat ini sedang membludak.

Baca ini juga :

» Prosesor Zen 5 AMD Ryzen 9000 Masuk Daftar Driver Motherboard, pertanda Rilis Dalam Waktu Dekat?
» Rumor Nvidia RTX 5090 dan RTX 5080 Bakal Dirilis Pada Q4 2024!
» 5-10 Tahun Lagi akan Ada Game yang Setiap Pixel-nya Dibuat oleh AI, Kata CEO Nvidia
» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» NVIDIA X Inworld AI Perkenalkan Covert Protocol, AI yang Bikin NPC di Game Bisa Adaptasi dengan Kebiasaan Play

Samsung dan SK Hynix yang dikenal sebagai manufaktur memori GDDR5 sudah tidak berfokus pada kartu grafis desktop saja tetapi juga membuat teknologi RAM standar untuk mengatasi meningkatnya permintaan dari pasar enterprise dan mobile. Untuk kartu grafis AMD sendiri mungkin yang akan paling terkena imbasnya adalah varian RX 460 sampai dengan RX 580 yang masih menggunakan memori GDDR5, sementara varian terbaru RX Vega sudah menggunakan HBM2.

Peningkatan harga ini diperkirakan akan meningkat sebesar 10 persen. Stok menipis, sementara permintaan semakin membludak, tidak menutup kemungkinan tren harga VGA gaming naik ini akan terus terjadi sepanjang tahun 2017.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru