NEWS

Staf Asosiasi Esport Korea Ditahan Atas Tuduhan Penggelapan Dana

GerryKhogeen   |   Kamis, 09 Nov 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Setidaknya tiga orang staf dari Korean Esports Association (KeSPA), termasuk seorang mantan asisten dan pemimpin organisasi, Jun Byung-hun, telah ditahan atas dugaan menerima suap, dan penggelapan dana, menurut sumber berikut. KeSPA, adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh pemerintahan Korea Selatan pada tahun 2000 silam, yang bertanggung jawab mengawasi industri esports negeri ginseng tersebut.

Jun Byung-hun yang juga pernah menjabat sebagai ketua dari KeSPA, dulunya adalah mantan anggota kongres Korea Selatan yang bertugas di komite parlemen penyiaran dan komunikasi. Menurut sumber yang sama, dugaan penyuapan berkembang saat KeSPA menerima 300 juta won (atau sekitar 3,6 milyar rupiah) oleh Lotte Home Shopping, sebuah saluran perbelanjaan di Korea Selatan yang memiliki sejarah dengan penyuapan dan pemalsuan dokumen untuk mengamankan lisensi penyiarannya.

Asisten Jun Byung-hun dan dua orang pegawai lainnya, telah ditahan atas dugaan penggelapan dana yang diterima oleh KeSPA dari Lotte Home Shopping. Bila dana tersebut diterima oleh Jun Byung-hun ketika ia masih menjabat dalam bidang politik, maka dapat dipastikan kalau Jun Byung-hun telah menerima suap. Hal ini berdasarkan Jun Byung-hun yang sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota komite penyiaran dan komunikasi.

Baca ini juga :

» Sempat Kalah 3 Beruntun, CW Sebut Cheese Pick Jadi Alasan ONIC Dapatkan Hasil Tersebut!
» Unik! Acara Takbiran di Kabupaten Pati Hadirkan Sosok Barats dalam Pawai Keliling!
» Lanjutin Main MLBB! Timothy Ronald Berhasil Winstreak dan Sebut Dirinya Hanya Bisa Main 2 Kali Sehari!
» Gokil! EWC 2024 Akan Jadi Turnamen dengan Prize Pool Hampir 1 Triliun Rupiah!
» Ratusan Mahasiswa Indonesia Ikut Program Regenerasi Talenta Esports Moonton Cares!

Jun Byung-hun sendiri telah menjadi sosok yang populer dikalangan pecinta video game semasa ia terlibat dalam dunia politik, berkat dukungannya untuk mengembangkan pemain – pemain esports dalam negeri. Jun Byung-hun sendiri sebelumnya pernah membubarkan StarCraft II ProLeague yang digelar oleh KeSPA, dengan alasan beredarnya skandal Matchfixing. Jun Byung-hun sendiri memiliki reputasi yang cukup baik dalam dunia esports, dan beredarnya dugaan bahwa ia telah menerima suap menjadi sebuah skandal yang besar.

Jun Byung-hun telah membantah klaim bahwa ia pernah menerima suap, berdasarkan pernyataan yang ia sampaikan melalui sumber yang sama.

[KotakGame]

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru