NEWS

Rupanya, Rumor Kreator Plants VS Zombies Dipecat Tidak Benar!

Culdesacc   |   Selasa, 21 Nov 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Mendengar blunder EA soal microtransaction dalam Star Wars Battlefront II, banyak pemain yang merasa jengkel dengan lagak EA Games yang belakangan seakan ingin mengeruk lebih banyak uang dari mega franchise tersebut. Tapi ternyata sifat serakah EA Games bukanlah hal yang baru!

Kreator dari game casual Plants VS Zombies, George Fan diberitakan diberhentikan sementara dari EA Games karena menolak permintaan untuk menambahkan microtransaction dalam game besutannya.

Edmund McMillen, kreator dibalik game The Binding of Isaac dan Super Meat Boy membenarkan hal ini dengan menceritakan kisah dibalik Plants VS Zombies dan kebobrokan EA Games. McMillen bercerita, PopCap merekrut Fan secara langsung untuk ditarik kedalam tim kecil yang mengerjakan Plants VS Zombies. Game tersebut sukses besar, dan hal tersebut merupakan langkah besar bagi PopCap.

Baca ini juga :

» FIFA Mobile Ultimate Community Exhibition Bali 2023 Siap Digelar
» Pendaftaran FIFA Mobile TOTY Indonesia Ultimate Community Exhibition Telah Dibuka
» Usung Nuansa Sunda! Apex Legends Mobile Hadirkan Video Harmony N Diversity Kolaborasi dengan Seniman Musik
» Apex Legends Mobile Adakan Event Baru Underworld Mulai Hari Ini
» Gandeng Shin Tae-yong! EA SPORTS FIFA Mobile Rayakan Update Terbaru

Namun McMillen menekankan bahwa Fan berpikir dengan mindset indie, yang menekankan bahwa game harus dapat menyenangkan dan tidak terlalu terikat pada ekonomi. "Ini personal. Aku tahu dia (Fan), aku paham betul bahwa karakter-karakter dalam game tersebut dianggap seperti anak sendiri."

EA Games mengambil alih PopCap pada tahun 2011, dan dimulai dari sinilah kebobrokan terlihat. Ketika EA mengajukan proposal sekuel dari Plants VS Zombies untuk menambahkan elemen microtransaction yang mensupport transaksi dalam app, Fan menolak dengan berkata "Maaf, saya rasa ini bukan ide bagus untuk diterapkan dalam game ini."

Menurut McMillen, Fan langsung dipecat karena penolakan tersebut. Selepas pemecatan tersebut, Fan langsung beralih ke skena game indie dimana ia mengembangkan proyek game pribadinya, Octogeddon. Namun rupanya, McMillen tidak sepenuhnya benar karena Fan hanya diberhentikan sementara, bukan dipecat serta merta. George Fan berkata di Twitternya bahwa ‘Benar kalau saya diberhentikan sementara oleh EA dan benar, saya tidak setuju dengan praktik Microtransaction dalam gamenya.’ Namun ia hanya berkata sampai situ saja.

Microtransaction memang bukan merupakan hal baru dalam game belakangan ini, karena banyak dari game-game mengeksploitasi sistem ini untuk meraup untung lebih banyak dari biasanya. Sampai saat berita ini ditulis, belum ada konfirmasi langsung dari pihak EA Games.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru