NEWS

Narapidana Jepang Diperbolehkan Bekerja Sebagai Asisten Mangaka!

Culdesacc   |   Jumat, 05 Jan 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Mungkin kalau Kotakers menonton anime Gintama, terdapat salah satu karakter bernama Shachi yang merupakan seorang narapidana yang berusaha untuk membuat manga selagi ia dipenjara. Walau nampaknya hal tersebut hanya dapat terjadi dalam karya fiksi saja, tapi di Jepang, seorang narapidana diperbolehkan untuk bekerja sebagai asisten mangaka!

Baca ini juga :

» Eiichiro Oda Ambil Libur Panjang, Manga One Piece Libur Selama Tiga Minggu Setelah Chapter 1111 Rilis!
» RIP Akira Toriyama (1955-2024), Mangaka Legendaris Dragon Ball Tutup Usia di Umur 68 Tahun
» Jadwal dan Venue Tokyo Game Show 2024 Diumumkan! Angkat Tema "Trailblaze the World with Gaming"
» [RUMOR] Fortnite Kabarnya Akan Berkolaborasi dengan Animanga Populer, One Piece!
» Ramai, Seru, dan Epik! Yuk, Intip Keseruan Hari Pertama Motion Ime Festival 2023!

Program Rehabilitasi di Mine, Prefektur Kawaguchi memperbolehkan narapidana-nya untuk menggambar manga selagi mereka menjalani masa tahanan. Program tersebut dimulai sejak 2014 lalu dengan bantuan seorang mangaka bernama Ryo Sonoba.

Dilansir dari Asahi Shimbun, Sonoba terinspirasi oleh karya yang dibuat oleh seorang narapidana saat ia melakukan kunjungannya ke penjara beberapa tahun lalu. Ia lalu bersukarela untuk menjadi instruktor dalam program seni, yang mana ia membawa komputer dan tablet untuk dipinjamkan ke beberapa narapidana.

Dalam 2015, Sonoba mengajukan sebuah proyek manga dimana karyanya akan dibantu oleh narapidana yang telah ia didik dalam proses rehabilitasi tersebut. Setelah diterima, ia menyuruh para asistennya untuk membuat gedung, mobil, gedung pencakar dan banyak latar lainnya. Proyek tersebut menuai sukses dan banyak mangaka yang akhirnya menggunakan jasa tersebut.

Pada April 2017, Sonoba membuka sebuah website dimana mangaka dapat mengunduh file-file background tersebut dengan harga sekitar 300 sampai 600 yen. Ia juga mengingat beberapa napi tersenyum ketika mereka melihat gambar mereka terpampang di salah satu manga, bahkan ketika mereka tidak dapat bertemu mangaka-nya.

Dengan rehabilitasi ini, impian Sonoba adalah para narapidana bisa mendapatkan pekerjaan yang layak ketika mereka kembali ke masyarakat nantinya. Wah, ide rehabilitasi yang menarik ya Kotakers! Kamu bisa melihat contoh karya-karya mereka lewat gambar berikut.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru