NEWS

MPL Indonesia Season 1 Buktikan Mobile Legends Sukses Menangkan Hati Gamer Indonesia

Master-Fakry   |   Senin, 02 Apr 2018

Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 1 telah usai digelar. Tim yang menjadi juara pada turnamen ini pun telah ditentukan, yakni Team nxl> yang berhasil membawa pulang kebanggaan, gelar juara, piala dan pastinya yang diperebutkan oleh seluruh tim dalam kompetisi ini, uang senilai USD 36.794 atau sekitar IDR 500.000.000


Team nxl> juara MPL Indonesia Season 1

Terlepas dari kejayaan Team nxl> tersebut, Kru KotGa ingin mengulas tentang acaranya itu sendiri. Secara keseluruhan, turnamen ini berlangsung dengan sangat sukses. Siapapun yang datang ke playoff dan grand final-nya di Mol Taman Anggrek pasti bisa melihat betapa suksesnya acara ini, khususnya dari antusiasme para gamer Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang memenuhi hampir setiap sudut Atrium Mol Taman Anggrek sampai ke lantai paling atas. Gemuruh dan sorak sorai gamer pun sering kali pecah ketika tim yang didukungnya melakukan manuver tertentu kepada lawannya.


Di samping antusiasme pengunjung terhadap MLBB, para gamer ini juga memiliki antusiasme yang sangat tinggi untuk bertemu dengan tim esports idolanya. Pada kasus ini, Kru KotGa melihat bahwa akhirnya tim esports lokal mampu memliki pesona yang mampu memikat hati penggemar suatu game, dalam kasus ini adalah Mobile Legends. Tidak heranlah jika nama Lemon dan TUTURU dari RRQ Oxygen, serta Donkey dan JessNoLimit dari EVOS Esports sering kali diteriakkan oleh para penggemarnya. Baik RRQ Oxygen dan EVOS Esports merupakan tim yang diunggulkan dalam turnamen ini, meskipun secara mengejutkan Team nxl> dapat menghabisi keduanya di grand final.

Ketika pertandingan best of 5 antara EVOS Esports melawan Team nxl> berlangsung begitu ketat akibat kedua tim tidak mau ada yang mengalah, dan sempat diwarnai adegan mati listrik yang menyebabkan pertandingan diulang. Laga terakhir ini baru benar-benar selesai lebih kurang jam 23.30 WIB. Meski demikian, antusiasme kebanyakan gamer yang nonton langsung di Atrium Mol Taman Anggrek tidak juga surut, mereka rela menyaksikan aksi tim jagoannya hingga usai. Well, walaupun sebagian ada yang begitu berjuang sampai akhirnya ketiduran di lokasi.


Foto bareng RRQ Oxygen

Menariknya, tidak hanya tim esports yang jadi incaran gamer, tetapi para YouTuber konten MLBB juga cukup menjadi daya tarik bagi mereka. Tidak jarang ketika ada YouTuber yang keluar di belakang panggung, para penggemar langsung menghampiri dan mengajak mereka untuk selfie. "Akhirnya gue bisa liat Si Bosqu (salah satu YouTuber MLBB) secara langsung. Biasanya gue cuma nontonin dia setiap malem," ucap seorang remaja putri dengan histeris saat melihat YouTuber langganannya di MPL.

Ramainya MPL Indonesia Season 1 ini tidak lepas dari pesona Mobile Legends yang mampu menjangkau hampir segala usia, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa. Dan juga segala kalangan, mulai dari pelajar, orang kantoran, pekerja lapangan, dan lainnya. Pada acara yang berlangsung dari tanggal 30 Maret-1 April 2018 inilah, kita bisa melihat mereka hadir untuk menyaksikan aksi dari tim favoritnya atau hanya sekadar jumpa dengan komunitas MLBB.


Melalui acara ini, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Wakilnya, Mahyudin, memberikan apresiasi kepada tim esports yang berlaga dan juga ke para gamer MLBB. Dalam sambutannya, entah ini adalah joke April Mop atau ia benar-benar jujur ketika Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa awalnya ia mengira Mobile Legends adalah acara parade mobil-mobil antik. Well, minimal pihak pemerintah melalui Ketua dan Wakil Ketua MPR RI ini mau memberikan dukungan untuk scene esports Mobile Legends, setidaknya dalam bentuk dukungan moral.


Ki-ka: Mahyudin dan Zulkifli Hasan

Baca ini juga :

» [SPECIAL] 5 Hero Mobile Legends yang Diprediksi Kuasi Land of Dawn di Season 12!
» Iori, Leone, dan Athena Resmi Bergabung di Mobile Legends!
» Datang dan Ramaikan! Final Turnamen Piala Presiden Esports 2019 akan Digelar di Istora Senayan!
» Firaun Has Joined Mobile Legends! Khufra, Hero Tank Terbaru Anti Blink-Blink Club
» Rekap Turnamen MPL Season 3 Paruh Musim Reguler, ONIC dan SFI Critical Pimpin Peringkat Klasemen

Demikianlah ulasan Kru KotGa untuk MPL Indonesia Season 1. Harapannya, agar pada penyelenggaraan selanjutnya, pihak penyelenggara bisa mempertimbangkan venue yang lebih luas dan tetap mudah dijangkau supaya para pengunjung bisa menikmati setiap pertandingan dengan lebih nyaman. Berdasarkan pengamatan Kru KotGa, dibandingkan dengan kompetisi tingkat Asia Tenggara (MSC 2017) yang digelar tempo hari, MPL yang merupakan turnamen tingkat nasional ini ternyata dihadiri oleh lebih banyak pengunjung dan mereka lebih betah berada di venue sehingga berjubelnya pengunjung pun tidak bisa dihindari.

Oh ya, satu lagi, salah satu fitur menarik yang dihadirkan pada MPL Indonesia Season 1 ini adalah MPL All-Star Vote untuk menentukan atlet esports MLBB terbaik di role-nya (Marksman, Tank/Support, Assassin, Fighter, Mage) berdasarkan pilihan penggemar di situs resmi MPL.

Atas dukungan dari para penggemar, inilah para atlet terbaik berdasarkan role-nya.

  • Marksman: RRQ`TUTURU (21.578 vote)
  • Tank/Support: EVOS•Donkey (11.102 vote)
  • Assassin: EVOS•JessNoLimit (16.339 vote)
  • Fighter: Louvre ARSS (16.831 vote)
  • Mage: RRQ`Lemon (22.121 vote)


MPL All-Star

Selain MPL All-Star Vote, ada juga penghargaan lainnya, yaitu Regular Season MVP yang diraih oleh 8E•SPADE, dan Top KDA (Kill Death Assist) oleh EVOS•JessNoLimit. Regular Season MVP mendapat bonus hadiah USD 1.000, sedangkan Top KDA mendapat bonus USD 500.


Regular Season MVP


Top KDA

Satu bagian yang tidak boleh lupa untuk di-mention. MPL Indonesia Season 1 ditutup oleh penampilan dari Young Lex, YouTuber musik yang juga main Mobile Legends.



(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru