NEWS

Hands-On ASUS TUF Gaming FX504GE, Laptop Gaming 15 Jutaan dengan Layar 60 Hz

Master-Fakry   |   Rabu, 09 May 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Biasanya, kalau mendengar tentang laptop gaming ASUS, kamu pasti akan langsung kepikiran dengan nama Republic Of Gamers atau ROG, kan? Namun mulai saat ini, mind set itu bakal berubah, karena ASUS telah meluncurkan jajaran laptop gaming terbarunya yang diberi nama The Ultimate Force Gaming atau disingkat TUF Gaming. Tentang kelasnya, TUF Gaming berada di bawah ROG tetapi punya power di atas laptop mainstream. Yang jelas, TUF Gaming ini adalah seri laptop gaming ASUS yang harganya paling terjangkau.

TUF Gaming pertama yang diluncurkan oleh ASUS adalah FX504, penerus dari FX503. Pada acara bertajuk "Finish the Fight with ROG Intel 8th Gen Processors" diungkap bahwa FX504 hadir dalam tiga varian, yaitu FX504GD (Core i5-8300HQ, GTX 1050, 1 TB SSHD), FX504GD (Core i7-8750H, GTX 1050, 1 TB SSHD), dan FX504GE (Core i7-8750H, 1050Ti, 1 TB SSHD, 128 SSD). Seluruh varian laptop tersebut menggunakan RAM DDR4 sebesar 8 GB yang bisa ditingkatkan hingga 32 GB.


Tentang kelengkapan laptop berbobot 2,3 Kg ini sudah dilengkapi 1x combo audio jack 3,5 mm, 2x USB port 3.0, 1x USB port 2.0, 1x port LAN RJ45, 1x port HDMI, dan 1x multi format card reader (SD/SDHC). Built-in HD web camera terdapat di atas layar. Tidak ketinggalan juga fitur Wifi untuk konektivitas.


Kelengkapan ports

Tempo hari, Kru KotGa berkesempatan untuk melakukan hands-on TUF Gaming yang FX504GE. Ketiga varian tersebut akan dijual di Indonesia, kecuali pilihan warnanya. Sebenarnya, TUF Gaming kali ini terdiri dari tiga warna, yaitu merah, silver dan hitam. Tetapi, tim ASUS menjelaskan bahwa pilihan warna yang masuk ke Indonesia hanya yang merah dan silver. Sepenglihatan Kru KotGa, perbedaannya bukan cuma di sisi warna, tetapi juga dari material cover yang digunakan. Cover yang berwarna silver berbahan metal, sedangkan yang warna merah adalah polycarbonate.


Cover

Laptop dengan sitem operasi bawaan Windows 10 ini menggunakan layar 15,6 inci FHD (1920x1080) yang punya refresh rate 60 Hz serta panel Anti-Glare sehingga tidak memantulkan bayangan atau cahaya yang berlebihan. Layar dengan refresh rate yang tinggi itu berguna untuk menghasilkan pergantian frame yang lebih mulus. Dengan kata lain, semakin tinggi refresh rate, maka semakin tinggi juga batas frame rate per second (fps) yang dihasilkan ketika bermain game.

Masuk ke area desain, laptop dengan panjang 384 mm, lebar 262 mm dan ketebalan 25 mm ini tampil dengan cover yang maskulin, baik itu yang cover metal maupun polycarbonate. Sementara itu, body laptop terbuat hanya dari plastik elegan yang dihias corak modern. Menurut Kru KotGa, corak yang terdapat pada sudut-sudut lapotop ini membuatnya tampil semakin keren. Oh iya, asal kamu tahu saja kalau logo ASUS di cover juga bisa menyala ketika laptop dalam kondisi aktif.


Corak modern

Kesan terhadap keyboard-nya, Kru KotGa merasa sih biasa saja alias tidak terlalu spesial ketika menekannya. Namun, terlepas dari itu, keyboard di FX504 ini sudah cukup oke karena ada backlight-nya sekaligus terdapat highlight warna pada tombol WASD sehingga pengguna tidak akan kesulitan menemukan posisi tombol dlam cahaya yang gelap. Kecerahan backlight bisa diatur langsung melalui tombol panah atas dan bawah yang dikombinasikan dengan tombol Fn. Selain itu, kecepatan fan juga bisa diatur secara langsung melalui tombol F5. Meski FX504 adalah seri laptop gaming dari ASUS, tetapi FX504 atau seri TUF Gaming tidak memiliki fitur Gaming Center atau tombol shortcut untuk mengakses fitur yang cuma ada di seri ROG itu.


Tombol shortcut

Dalam hands-on ini, penulis berkesempatan untuk memainkan dua game game AAA, yaitu The Witcher III dan Battlefield 1. Hasil yang dirasakan, FX504 mampu menjalankan kedua game tersebut dengan baik. Pada setting rata tengah, FX504 mampu menghasilkan hingga 60 fps untuk kedua game tersebut. Kalau FX504 saja bisa menjalankan kedua game yang membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi itu, maka laptop ini pastilah bisa menjalankan game PC yang populer di Indonesia, antara lain DOTA 2, Overwatch, Counter-Strike: Global Offensive.


Playing The Witcher III

Mengenai harga, FX504GD (Core i5-8300HQ, GTX 1050, 1 TB SSHD) dijual seharga IDR 12.799.000, lalu FX504GD (Core i7-8750H, GTX 1050, 1 TB SSHD) dijual IDR 14.799.000, dan FX504GE (Core i7-8750H, 1050Ti, 1 TB SSHD, 128 SSD) dihargai IDR 15.799.000.

Baca ini juga :

» [VIDEO] Spek Gahar Harga Ga Wajar! Buat Gamer dan Content Creator - Review Laptop Gaming ROG Zephyrus GA502I
» ROG Zephyrus GA502I - Speknya Gahar & Harga Ga Wajar! Cocok Untuk Gamer dan Mantap Untuk Content Creator
» [REVIEW] ASUS TUF Gaming AX3000, Router Andalan Gamer yang Ngebut dan Stabil!
» [VIDEO] Murah dan Ganas! Pantes Aja Ghoib - Review ASUS TUF Gaming Geforce RTX 3080
» [REVIEW] Berasa Masuk ke Dalam Game! Inilah Sensasi Gaming di 3 Monitor dengan ASUS TUF RTX 3080!

Demikianlah pengalaman Kru KotGa setelah melakukan hands-on FX504GE. Secara keseluruhan, melihat ke spesifikasi serta harga yang ditawarkan oleh ASUS terhadap laptop ini, kinerjanya sudah cukup memuaskan untuk gaming. Desain ramping serta bobot yang tidak terlalu berat. Yang tidak kalah penting, charging adapter-nya tidak terlalu besar sehingga nyaman untuk dibawa dan tidak makan banyak tempat ketika disimpan di dalam ransel.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru