NEWS

Rahasia Mobile Legends untuk Terus Eksis di Mata Gamer Indonesia

Master-Fakry   |   Minggu, 25 Mar 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Halo Kotakers,

Di KotakGame Awards 2017, ajang penghargaan bergengsi di industri game Indonesia, salah satu game yang berhasil mendapat penghargaan sebagai yang terbaik adalah Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB. Mobile game buatan Moonton tersebut berhasil menyabet 2 (dua) penghargaan sekaligus, yaitu "The Best Indonesia Esports Mobile Game" dan "The Best Indonesia Mobile Game".

Dalam rangka mengetahui lebih lanjut tentang Mobile Legends, mulai dari strategi dalam memasarkan Mobile Legends dan rencana kedepan dari game yang tersedia secara gratis di App Store dan Google Play ini di tahun 2018, Kru KotGa telah mewawancarai staf Moonton yang menangani Mobile Legends di Indonesia. Ia adalah Fendy Tan, Overseas Operations Manager Moonton.


Ki-ka:
Albert, Fendy Tan, Cakra & Master Fakry

Penasaran dengan rencana Moonton untuk Mobile Legends di tahun 2018? Yuk simak wawancara selengkapnya di bawah ini.

Kru KotGa: Bagaimana cara Moonton dalam mempopulerkan Mobile Legends untuk kali pertama di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, sampai akhirnya menjadi hype seperti sekarang?

Fendy: Yang pasti dari kami, Moonton dan Mobile Legends, tetap fokus membuat konten kearifan lokal, seperti kami membuat hero Gatotkaca yang asli Indonesia. Jadi, membuat produk lebih dekat ke masyarakat, dan orang-orang Indonesia lebih suka dengan produk yang sangat lokal. Istilahnya, dengan konten lokal itu bisa meghadirkan kalau produknya itu dekat dengan hati masyarakat Indonesia.


Hero Gatotkaca


Kru KotGa: Dan strategi waktu itu dalam mempopulerkan Mobile Legends seperti apa? Apa seperti fokus di jejaring sosial, komunitas-komunitas tertentu atau membuat acara esports?

Fendy: Kalo strategi di komunitas itu pasti. Game itu membutuhkan komunitas yang kuat dan sangat aktif dimana para gamer bisa mencari konten menarik yang membuat keterikatan lebih kuat dengan produknya. Apalagi game kami ini bergenre MOBA, yang terikat erat dengan ranah esport. Dengan esports, maka para pemain kami dapat melihat para pemain profesional dalam memainkan produk kami, bagaimana bermain layaknya pemain profesional.


Kru KotGa: Apa tantangan yang mungkin di hadapi Moonton untuk terus memperkenalkan Mobile Legends lebih banyak lagi di kalangan gamer Indonesia?

Fendy: Tantangan kami, ingin menyebarluaskan Mobile Legends ke masyarakat. Game kami ini dimainkan oleh 80 persen pria, jadi kami ingin penetrasi ke market wanita atau perempuan. Kami menargetkan pemain Mobile Legends pria dan wanita itu seimbang.


Master Fakry & Fendy Tan

Kru KotGa: Di tahun 2018, berapa banyak hero baru dan skin baru yang rencananya ditambahkan oleh Moonton di Mobile Legends?

Fendy: Kami konsisten, setiap bulannya akan ada 2 hero baru dan 2 skin baru. Kami membuat update yang cepat, karena dalam game ini biar gamenya tidak terasa membosankan. Mungkin kedepannya kami akan membawa mode game baru.

Kru KotGa: Selanjutnya, untuk di Indonesia jumlah pemain rata-rata setiap pemain Mobile Legends itu berapa sih?

Fendy: Sekarang daily activity report ada sekitar 10 juta.


Fendy Tan

Kru KotGa: Untuk MSC 2018 kejutan apa yang akan di hadirkan? Apakah Indonesia akan menjadi tuan rumah?

Fendy: Untuk MSC 2018 masih dalam planing lah. Pokoknya di tunggu saja.

Kru KotGa: Pertanyaan terakhir, apakah Moonton punya game selain Mobile Legends? Atau punya ke arah sana?

Fendy: Kami ada rencana untuk membuat MOBA battle ground, kurang lebih seperti itu. Tetapi kami akan menyesuaikan tren, karena sebagai perusahaan gaming kami pasti menyesuaikan apa saja yang lagi tren.

Baca ini juga :

» Rumor: Amoux Keluar, Analis MPL ID, KB, Dikabarkan Menjadi Pengganti Pelatih Bigetron Alpha
» Kejutan Akhir Tahun, Mobile Legends: Bang Bang Berkolaborasi dengan Dua Aktor Populer
» Tampil Meyakinkan di Minggu Pertama, Celiboy Berharap Alter Ego dapat Menang Mudah Atas RRQ Hoshi!
» Tidak Tanggung-Tanggung, Riot Games Hadirkan Dua Lagu untuk Meriahkan Kehadiran LoL: Wild Rift!
» Resmi! Turnamen Mobile Legends Kancah Internasional M2 akan Digelar pada Januari 2021 di Singapura!

Demikianlah hasil wawancara Kru KotGa dengan perwakilan Moonton di Indonesia. Untuk kamu yang ingin mengetahui beragam info terbaru tentang Mobile Legends, mulai dari hero dan skin baru, turnamen, tim esports dan lainnya, kamu bisa membacanya di www.kotakgame.com, ya!

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru