NEWS

Setelah 18 Tahun Lamanya, Situs ROM Legendaris 'EmuParadise' Ditutup

Fadhil Baladraf   |   Kamis, 09 Aug 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Mungkin kamu sudah mendengar kabar kalau beberapa perusahaan hingga publisher game internasional saat ini mulai serius menghadapi scene pembajakan. Tidak hanya dari kalangan hacker yang membobol game AAA yang dilindungi Denuvo, tapi juga para penyedia ROM emulator yang mulai diburu oleh pihak Nintendo. Hasilnya sendiri tidak main-main, karena sudah ada dua situs penyedia ROM ternama yang berhasil dituntut oleh Nintendo America dan dikenai denda hingga jutaan dollar. Melihat langkah antisipasi yang makin gencar ini, sepertinya hanya masalah waktu sampai situs lain juga ikut terkena dampaknya.

Skenario yang ditakutkan tersebut akhirnya benar-benar terjadi, setelah pemilik situs ROM terpopuler dan paling banyak dikenal EmuParadise membawa kabar mengejutkan. Melalui postingan terbaru di situs resminya, sang pemilik situs menjelaskan kalau dia dan timnya berniat untuk menutup EmuParadise. Keputusan ini sepertinya diambil karena mereka ingin menghindari konsekuensi berat yang dialami beberapa situs penyedia ROM lainnya, seperti LoveROMs dan LoveRETRO.co yang belum lama ini mendapat tuntutan tegas dari Nintendo.

Baca ini juga :

» Baru Beberapa Jam Rilis, Emulator Nintendo Switch Suyu yang Gantiin Yuzu Kena Takedown!
» 3 Game “Wah” Ini Akan Mewarnai 22 Maret Kamu
» Channel Youtube NoahJ456 Dapat Strike Karena Video CoD Mod Pokemon yang Diupload 7 Tahun Lalu
» Sequel Dari Super Mario Bros. Movie Bakal Hadir di Tahun 2026!
» Nuzu dan Suyu Bangkit Dari Bangkai Kekalahan Yuzu

Walaupun tidak memberikan informasi spesifik mengenai alasan penutupan yang sebenarnya, tapi eksistensi EmuParadise yang sudah berdiri selama 18 tahun pasti baru bisa dijatuhkan jika ada pihak yang mulai serius untuk memburu mereka. Seperti yang bisa diamati, kemungkinan besar Nintendo adalah pihak yang ditakutkan tersebut. Jika sudah menyangkut soal hak cipta, bukan rahasia lagi memang kalau Nintendo selalu tegas dan tidak segan untuk melemparkan tuntutan kepada pihak yang sembarangan menggunakan asset mereka.

Bagi sebagian besar gamer yang mengandalkan emulator sebagai platform untuk memainkan game klasik, EmuParadise selalu memberikan peran terbesar bagi gamer di seluruh dunia. Walaupun ucapan selamat tinggal ini memang berat, tapi sang pemilik EmuParadise tetap berencana untuk kembali bangkit dan menawarkan jasa yang lebih baik di masa mendatang.

Sumber: EmuParadise

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru