NEWS

Menyusul Dragon Momoko, Perusahaan Gunpla Bootleg Daban Ditindak Pihak Berwajib!

Culdesacc   |   Selasa, 02 Oct 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Model kit Gunpla Bootleg memang terkenal karena harganya yang murah dan sangat miring jika dibanding dengan harga asli yang diberikan oleh Bandai. Diantara para produsen Gunpla Bootleg, Daban merupakan salah satu produsen bintang karena telah berhasil menirukan banyak Gunpla, dan membanggakan kualitas produknya yang tinggi lengkap dengan tingkat akurasi yang diberikan. Sayangnya, perusahaan tersebut kini tinggal nama karena telah berhasil diringkus oleh kepolisian China.

Setelah tahun lalu telah menggeledah dan menutup paksa produsen model kit tiruan atau bootleg populer Dragon Momoko di 2017 lalu, kepolisian China baru-baru ini menangkap produsen bootleg Gunpla Daban. Pihak kepolisian dilaporkan berhasil menangkap sembilan tersangka dalam penggeledahan pabrik dan penggerebekan yang berlangsung di Provinsi Guangdong dan Fujian.

Dengan bantuan kepolisian Guangdong dan Fujian, Bandai telah mengajukan kasus pelanggaran hak cipta terhadap produsen model kit tiruan atau versi bootleg ini. Secara keseluruhan, polisi telah menyita barang dagangan palsu senilai 230 juta yuan setelah melakukan pemeriksaan di kedua provinsi tersebut.

Baca ini juga :

» MOBILE SUIT GUNDAM U.C. ENGAGE versi Global akan Rilis pada 17 Oktober!
» GUNDAM Metaverse Siap Dibuka Pada 6 Oktober 2023 Untuk Jepang & Amerika Dalam Waktu Terbatas!
» Pengen Otentik, Ariel NOAH Gambar Sendiri Jaket Tekkadannya di Rumah!
» Siapkan Mecha-mu! Mobile Suit Gundam: Battle Operation 2 Segera Tersedia untuk PC
» Hanya 3 Tahun, Game Gundam Breaker Mobile Umumkan Tutup

Beberapa waktu lalu, Bandai selaku pemegang lisensi resmi dari Gundam dan Model Kit Gunpla melalui cabangnya di China secara resmi menggugat perusahaan Dragon Momoko secara hukum atas kasus serupa. Pengadilan China memutuskan bahwa perusahaan Dragon Momoko terbukti melakukan pelanggaran hak cipta, dimana mereka menghukum CEO perusahaan tersebut hingga tiga setengah tahun penjara, dan juga dikenakan denda sebesar 1,9 juta Yuan (atau sekitar 4.1 miliar rupiah).

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru