NEWS

Bagaimana Hak Cipta YouTube Ditentukan?

Master-Fakry   |   Senin, 10 Dec 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Ketika mengupload video milik orang lain ke saluran anda, video anda akan ditandai karena telah melanggar hak cipta karena isi videonya telah dimiliki oleh orang lain. Mengapa pihak YouTube tahu hal ini? Bagaimana cara untuk mengetahui seseorang sedang menggunakan konten Anda secara ilegal?

Hanya dengan beberapa klik, Anda dapat mengunduh video dan mengunggah video di saluran lain. Pelanggaran hak cipta masih menjadi masalah, terutama dalam konteks ledakan jaringan sosial seperti saat ini. Ketika para YouTuber sedang memproduksi konten untuk memonetisasi iklan dari saluran YouTube-nya, masalah muncul pada saat ada orang lain yang mencuri video atau menggunakan materi abu-abu mereka untuk menghasilkan uang adalah masalah yang sangat sulit untuk ditangani jika tidak ada perlindungan dari MCN (Multi Channel Network – Mitra resmi YouTube).


Pelanggaran hak cipta adalah masalah yang menyakitkan bagi produsen konten

Apa itu pelanggaran hak cipta?

Ketika Anda menyalin teks tanpa mengedit, meringkas atau mentransmisikan karya orang lain tanpa mendapatkan izin (tidak sah) bahkan sudah menulis sumbernya, penulis, Anda masih menggunakan karya orang lain secara ilegal. Lebih serius lagi, Anda dapat membuat orang lain salah paham bahwa itu produk Anda sendiri, terlepas dari sengaja atau tidak sengaja, tetapi perbuatan itu patut dikecam.

Saluran yang ditandai karena pelanggaran hak cipta juga akan dikenakan hukuman tertentu, seperti dihapus, suara latar dipotong atau bahkan penutupan channel. Lebih serius lagi bahkan dapat dituntut oleh penulis dan dihukum oleh pihak berwajib. Banyak orang "menghindari hukum" dengan mencampurkan suara latar, tetapi ini masih dianggap sebagai tindakan mencuri dan masih dapat dituntut jika pemilik hak cipta melaporkannya.

Untuk menggunakan informasi orang lain, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk menggunakannya (dengan membeli lagi hak cipta) atau produk itu ada dalam daftar boleh digunakan dengan bebas (seperti musik gratis).

Baca ini juga :

» Channel Youtube NoahJ456 Dapat Strike Karena Video CoD Mod Pokemon yang Diupload 7 Tahun Lalu
» MrBeast Jadi Pengisi Suara Panda Pig di Kung Fu Panda 4, Netizen Justru Kecewa Karena Hal Tersebut!
» Gokil! MrBeast Sebut Konten Video-nya Direkam dengan 300 Kamera. Sebuah rekor Dunia?
» Mr Beast Dapat Kiriman Hadiah Trofi Custom dari YouTube Atas Pencapaian 200 Juta Subscriber!
» Channel Dota 2 Legendaris, NoobsFromUA Harus Tutup Setelah Dapatkan Strike dari PGL!

Bagaimana cara YouTube menangani masalah hak cipta?

Dengan menggunakan filter video dengan teknologi bernama Content ID eksklusif, meskipun hanya dengan sepotong musik pendek yang melanggar hak cipta, video Anda dapat dihapus dalam hitungan detik. Filter akan memindai video yang baru diunggah dan membandingkannya dengan bank data yang berisi informasi eksklusif untuk pemeriksaan untuk mengcegah duplikasi informasi. YouTube juga memiliki sistem pelaporan untuk membuat pendeteksian bekerja lebih efektif.


Content ID adalah alat yang ampuh untuk melindungi hak cipta Anda di YouTube

Namun, Anda tidak akan dapat meminta YouTube untuk memberi Content ID untuk saluran Anda, kecuali melalui rujukan MCN. Di Yeah1 Network, MCN terkemuka di Asia, mitra atau anggota yang telah bergabung ke dalam jaringannya akan ditunduk pada konten dan diberi Content ID, sekaligus sistem Yeah1 Network akan memindai saluran lain yang menggunakan konten ilegan dalam monetisasi dan memperoleh pendapatan, dengan cara mengembalikan pendapatan itu ke mitra.


YouTuber bergabung dengan Yeah1 Network akan dilindungi melalui Content ID

Selain itu, mitra yang bergabung dengan Yeah1 Network akan menerima dukungan tambahan seperti peningkatan pendapatan, kiat pengoptimalan saluran untuk meningkatkan jumlah view, subscribe, dan memperoleh bayaran pada tanggal 10 setiap bulan, daripada menunggu pembayaran Google Adsense pada tanggal 20-25 setiap bulan.

Itu berarti, Yeah1 Network akan mewakili mitra untuk bekerja dengan Google Adsense, menyelesaikan masalah hak cipta, melaporkan bug dan membantu mitra meningkatkan pendapatan channel-nya. Timbal baliknya, mitra akan membagi sebagian kecil dari pendapatan bulanan mereka (hingga 30 persen pendapatan) dari Google Adsense kepada Yeah1 Network agar Yeah1 Network bisa terus mempertahankan sistemnya. Ini adalah bentuk kerja sama win-win yang cukup populer di dunia dan dihargai banyak YouTuber.

Bergabung dengan Yeah1 Network: https://goo.gl/JQMvx7
Fanpage: https://www.facebook.com/yeah1network.ID

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru