NEWS

Hands-On ROG GX701, Nyoba Zephyrus Pertama dengan Layar 17 Inci dan Bisa Dicas dengan Power Bank

Master-Fakry   |   Rabu, 23 Jan 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Halo Kotakers!

Republic of Gamers (ROG) merupakan brand laptop gaming dari ASUS yang paling terkemuka di Indonesia. Untuk mengawali tahun 2019, ROG akan meluncurkan lini terbaru dari Zephyrus, yaitu GX701. Tidak seperti sebelumnya yang mana Zephyrus hanya terdiri dari layar berukuran 15 inci, untuk pertama kalinya Zephyrus hadir dalam layar berukuran 17 inci.

Berlokasi di Restoran Seribu Rasa, Gandaria City, Kru KotGa bersama dengan media lainnya telah menghadiri micro media gathering untuk menjajal kinerja ROG Zephyrus S GX701GX. Sorotan yang diberikan pada laptop ini, selain sebagai Zephyrus pertama dengan layar 17 inci, laptop gaming ini juga telah hadir dengan kartu grafis yang terkini, yaitu RTX 2080 dengan Max-Q Design. Dalam percobaan tersebut, pihak ASUS telah menyediakan sebuah game AAA dengan judul yang sudah tidak asing di telingan gamers, sebut saja Battlefield V, di Zephyrus S ini untuk dicoba oleh rekan-rekan media.


Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih serius, berikut adalah spesifikasi teknis yang perlu diketahui untuk GX701GX. Prosesornya menggunakan Intel Core i7-8750H, kartu grafisnya NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q Design, RAM sebesar 8GB yang bisa ditingkatkan hingga 24GB, dan media penyimpanan M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas 1TB (tidak menggunakan HDD). Kemudian untuk monitor, GX701GX menggunakan layar IPS berukuran 17 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080), refresh rate 144Hz, response time 3ms, 100 persen sRGB, fitur G-SYNC dan Pantone Validated.


GX701 punya dimensi panjang 39,9 cm, lebar 27,2 cm dan ketebalan hanya 1,87 cm. Mengenai kelengkapan port-nya, GX701GX memiliki 1x USB3.1 Gen2 Type-C with DisplayPort 1.4 and Power Delivery, 1x USB3.1 Gen1 Type-C, 1x USB3.1 Gen2 Type-A, 2x USB3.1 Gen1 Type-A, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm headphone and microphone combo jack, dan 1x Kensington lock. Kelengkapan lainnya adalah Bluetooth 5.0 dan 802.11ac 2x2 WLAN.


Port sisi kiri"


Port sisi kanan

Yang unik dari salah satu port-nya, yaitu pada USB3.1 Gen2 Type-C with DisplayPort 1.4 and Power Delivery, yang bisa digunakan untuk pengisian baterai menggunakan power bank. Untuki pertama kalinya, sebuah gaming laptop bisa di-charge menggunakan power bank, luar biasa. Di samping DC adaptor berkekuatan 230 W, ASUS juga membekali laptop ini dengan adaptor alternatif yang lebih ringan dan lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana yang kekuatannya 65 W.


Isi daya dengan power bank

Sekilas mengenai desain, mungkin Zephyrus ini tidak jauh beda dengan desain sebelumnya. Alas laptop yang bisa terbuka ketika layar diangkat, trackpad di bagian kanan yang dilengkapi virtual numpad, bobot yang tergolong ringan (hanya 2,7 Kg untuk gaming laptop), hingga desain cover-nya yang khas. Namun, jangan salah, layar pada seri ini punya bezel yang sangat tipis. Sayangnya bezel tipis itu datang dengan kompromi, karena ASUS harus mengorbankan webcam bawaan yang biasanya berada di bagian sisi atas layar.


Bezel tipis

Mengenai webcam, jangan khawatir, karena ASUS menyediakan kamera eksternal (1080p @60 fps) yang kualitasnya lebih baik daripada webcam bawaan pada umumnya.


Kamera eskternal

Oh satu lagi yang bikin Zephyrus ini beda, yaitu pengontrol volume gulung yang berada di bagian kiri atas keyboard.


Rolling volume key

Kembali ke percobaan gaming di GX701. Kesan setelah mencoba campaign Battlefield V di GX70GX, Kru KotGa merasa sangat puas dengan kinerjanya. Apalagi dengan bezel yang tipis itu, seakan-akan tidak ada sekan antara layar dengan lingkungan sekitar. Feels so amazing!

Baca ini juga :

» ASUS SmartO MD200 Silent Plus, Seri Mouse Pro Nirkabel
» ASUS Republic of Gamers Umumkan Kehadiran ROG Cetra True Wireless SpeedNova
» ASUS Vivobook Go 14 (E1404G), Laptop Military Grade untuk Pelajar
» ASUS Umumkan Kehadiran Chassis TUF Gaming GT302 ARGB untuk PC Berkinerja Tinggi
» ASUS Republic of Gamers Resmi Luncurkan ROG Phone 8 Series di Indonesia

Namun sayang banget, dikarenakan waktu acara yang terbatas sehingga Kru KotGa tidak sempat untuk melakukan benchmarking pada laptop ini Mungkin lain waktu, ketika ada kesempatan lagi, Kru KotGa akan minta kesempatan untuk melakukan benchmarking untuk mengetahui skor dari GX701GX secara pasti.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru