NEWS

Pemerintah Gelar IEL University Series 2019, Liga Kampus Resmi Pertama di Indonesia!

Salinolino   |   Rabu, 30 Jan 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Dalam beberapa tahun terakhir, esports atau olahraga elektronik menjelma menjadi salah satu industri dengan potensi yang besar. Pertumbuhan ini tak lepas dari antusiasme luar biasa yang dibangun oleh para penggemar game di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Data yang disediakan oleh mitra penelitian kami, Niko Partners, sebuah perusahaan riset pasar dan konsultansi yang berspesialisasi dalam industri game dan esports di Asia Tenggara dan Tiongkok, menunjukkan bahwa 41 persen dari 266 juta orang Indonesia setidaknya adalah gamer mobile atau PC kasual. Pendapatan untuk online PC dan mobile game di Indonesia mencapai 606 juta USD pada 2018, dan diperkirakan mencapai 1.156 juta USD pada 2022.

Merespon antusiasme tersebut, MIX 360 ESPORTS sebagai entitas bisnis dengan komitmen mengembangkan industri esports di Indonesia kini tengah menggarap berbagai inisiasi untuk mengembangkan ekosistem esports di tanah air, mulai dari pembinaan bibit-bibit atlet dan caster esports profesional, hingga menyiapkan manajemen tim esports berkualitas. Salah satu langkah awal MIX adalah peluncuran agenda olahraga terbaru IEL University Series 2019.

Baca ini juga :

» Selain #TOSDULU, Kolaborasi RRQ & EVOS Juga Hadirkan T-Shirt Keren!
» Masih Unbeaten, AP Bren dan ECHO Esports Jadi yang Terkuat di Minggu Awal MPL PH Season 13!
» Mengkeren! Pro Player Overwatch Korea Main Piano Saat Sedang Spawn Pada Pertandingan Penentuan!
» Kembali Ciptakan Meta Baru, Freya Goldlane Akhirnya Hadir di MPL PH Season 13!
» Bangga dengan Talenta Indonesia, Coach Justin Kaget Bahwa Esports Indonesia Miliki Banyak Prestasi!

IEL University Series 2019 merupakan sebuah kompetisi esports resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA). Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), dimana nantinya akan menjadi bagian dari Liga universitas resmi dibawah naungan IESPA.

"Syarat utama untuk memajukan esports di tanah air adalah mengubah paradigma tradisional para orang tua dan institusi pendidikan terhadap esports sehingga mereka turut mendukung pembinaan talenta-talenta berbakat," ujar Harry Kartono selaku Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

"Misi kami dalam penyelenggaraan IEL University Series 2019 adalah mempersiapkan calon atlet ESPORTS, khususnya di tingkat universitas, agar bisa masuk ke pelatnas Indonesia untuk SEA Games 2019 di Manila yang digelar tahun ini," tutur Harry.

"Kompetisi IEL University Series 2019 ini sejalan dengan salah satu tujuan dibentuknya IESPA, yakni menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat melalui ESPORTS sekaligus mendorong komunitas dan industri ESPORTS di Indonesia. Yang IESPA harapkan dari kompetisi ini adalah kemunculan bibit unggul yang bisa berprestasi di kancah ke SEA Games tahun ini," tutur Eddy Lim, presiden IESPA.

Inisiasi ajang esports tingkat mahasiswa ini juga mendapat sambutan Moonton, sebuah developer dari salah satu game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) terbesar di dunia, Mobile Legends: Bang Bang.

"Adanya liga kompetitif resmi untuk esports adalah perkembangan besar bagi industri esports di Indonesia. Kami mendukung penuh penyelenggaraan IEL University Series 2019 untuk memajukan esports Indonesia," tutur Lius Andre Saputra, Esports Manager, Moonton Indonesia.

IEL University Series 2019 digelar untuk mewadahi generasi muda berbakat mengembangkan kemampuannya, sekaligus menyiapkan jalur regenerasi atlet esports nasional. Demi mencapai tujuan ini, MIX menggandeng platform jejaring sosial internasional bagi para gamer, meta.us, sebagai mitra dalam liga amatir tersebut dan mempermudah proses scouting bibit-bibit unggulan tanah air. Selain itu, MIX juga bekerja sama dengan firma penelitian pasar industri gaming Asia, Niko Partners, dalam menyediakan data dan analisis lengkap untuk referensi perkembangan industri esports.

"Kami dengan bangga mendukung IEL University League untuk membantu mengembangkan ekosistem esports di Indonesia. Tujuan kami adalah memberikan kesempatan kepada para gamers terkoneksi satu sama lain dan "ditemukan". Sebuah kehormatan bagi kami untuk bekerja sama dengan MIX 360 dan IESPA yang memiliki tujuan yang sama," kata Chief Executive Officer meta.us, Alan Chou.

Razer, brand lifestyle terkemuka di dunia untuk para gamer, adalah sponsor resmi utama dari IEL University Series 2019. Razer akan membagikan keahliannya dalam mengelola ekosistem hardware, software, dan layanan terintegrasi terbesar bagi para gamer, memastikan eksekusi tanpa cela bagi para fans dan gaming enthusiast di Indonesia.

"Pertumbuhan esports di Asia Tenggara sangat fenomenal, dan kami senang karena dapat mempercepat akselerasi perkembangan esports di Indonesia," kata David Tse selaku Global Esports Director Razer. "Esports dijadwalkan menjadi cabang olahraga yang memperebutkan medali pada Southeast Asian Games 2019 mendatang. IEL University Series 2019 adalah acara yang tepat untuk menampilkan talenta-talenta muda terbaik Indonesia, serta mengenali atlet-atlet luar biasa yang berkesempatan mengibarkan bendera Indonesia di ajang SEA Games 2019," tutup David.

Selain berkolaborasi bersama para sponsor dan partner yang terpercaya, MIX juga menggandeng Clara Mongstar sebagai Key Opinion Leader (KOL), Farand "Koala" ex DOTA 2 Pro Player dari Tim eSports RRQ, Yosua "Kido" Mobile Legends Pro Player dari Tim eSports Louvre Esports, serta MegaKiss, sebagai duta untuk perhelatan IEL University Series 2019.

"Megakiss mendukung liga universitas IEL ini karena kami menyadari pentingnya penyelenggaraan kompetisi yang mendukung terbentuknya sebuah ekosistem esports untuk melahirkan para talenta muda yang siap berkarir di industri digital kreatif yaitu esports," kata salah satu member MegaKiss, Cindy.

Sebanyak 12 kampus terpilih telah siap mengirimkan perwakilannya untuk meraih kejayaan di gelaran IEL 2019 University Series season 1. Dua cabang game yang diperlombakan di IEL 2019 University Series ini adalah Dota 2 dan Mobile Legends. 12 Universitas peserta IEL akan terbagi ke dalam dua grup yang akan melakoni babak penyisihan yang lakukan secara online selama bulan Januari hingga Maret 2019. Kemudian, 4 tim terbaik dari masing-masing cabang akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019. Adapun Tempat berlangsungnya babak final IEL 2019 University Series bertempat di LigaGame Arena. Total hadiah senilai 1 Milyar Rupiah akan diperebutkan para peserta IEL 2019 University Series pada musim pertama ini.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru