Feature

Nyobain Demo Devil May Cry 5, Hack and Slash yang Seru dan SSStylish Abis!

oleh: VolkanKaya

Sejak bocoran rumornya tersebar luas sepanjang tahun lalu, akhirnya Devil May Cry 5 yang merupakan sekuel game hack and slash paling dinanti selama satu dekade terakhir telah resmi diumumkan. Masih menjadikan Nero dari Devil May Cry 4 sebagai karakter utamanya, seri terbarunya ini juga akan menghadirkan hampir semua karakter ikonik franchise seperti Dante, Lady, Trish dan Vergil (Kemungkinan besar), game ini kabarnya juga akan menjadi puncak game action terbaik yang pernah dikembangkan oleh sang kreator Hideaki Itsuno sepanjang karirnya.

Klaim ini tentunya tidak main-main, karena Itsuno sempat dihadapkan pada pilihan apakah dia ingin mengembangkan Dragon's Dogma terlebih dahulu atau Devil May Cry 5. Karena sadar akan permintaan fans yang tinggi, dia telah menghabiskan waktu selama empat tahun bersama tim developernya di Capcom untuk meracik sekuel Devil May Cry yang telah lama dinantikan oleh banyak fans.

Sembari menantikan peluncuran gamenya yang hanya kurang dari satu bulan lagi, Kru KotGa kebetulan sudah menjajal demo terbarunya yang juga dirilis untuk PlayStation 4 minggu lalu (maklum, tidak punya Xbox One). Lalu bagaimana kualitas Devil May Cry 5 sendiri? Apakah gamenya memang solid seperti yang diperkirakan? Untuk menjawab pertanyaan ini, langsung simak saja rangkuman dari impresi Kru KotGa dibawah ini.

Baca ini juga :

» Salah Satu Seri Terbaik? Inilah Roundup Review Untuk Mortal Kombat 11
» Shaolin Monks, dan Kenapa Gamenya Masih Jadi Seri Mortal Kombat Terbaik
» Pahami Betul, Inilah Tips Cepat Naik Lvl. 50+ Untuk Kelas Lahn di Black Desert SEA!
» Hal Mengejutkan yang Dirasakan Setelah Bermain Black Desert SEA
» Kembali Mengenang Modern Warfare, Seri Shooter yang Fantastis dan Emosional!

Gameplay

Karena versi demo ini lebih berfokus pada mekanisme gamenya sendiri, disini Kru KotGa hanya bisa merangkum beberapa elemen penting yang ditawarkannya. Pertama adalah gameplay, dan untuk yang satu ini Devil May Cry 5 berhasil meraciknya dengan sempurna. Sebenarnya Kru KotGa tidak membutuhkan waktu lama untuk terbiasa dengan gameplaynya, karena beragam moveset dan keseluruhan skill yang dimiliki Nero di Devil May Cry 4 masih dibawa ke game ini. Jadinya di sini kamu bisa menggunakan pedang Red Queen dengan beragam kombo seperti Calibur, Streak, High Roller, Roulette Spin, Split hingga menambahkan efek Exceed untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan serang Nero. Pistol Blue Rose juga tidak mengalami banyak perubahan, hanya saja kali ini Nero harus mengisi peluru secara manual layaknya revolver asli.

Intinya jika kamu sudah terbiasa dengan gaya bermain Nero di Devil May Cry 4, maka kamu tidak akan kesulitan untuk beradaptasi. Walaupun sebagian kemampuan Nero masih sama, di game ini dia tidak lagi memiliki tangan iblis atau Devil Bringernya lagi. Jadi sebagai pengganti, dia harus mengandalkan tangan buatan Nico yang mencakup beragam jenis dan kemampuan uniknya sendiri. Bagi kamu yang masih asing dengan Nico, dia adalah rekan baru Nero dalam menjalankan tugasnya sebagai pemburu demon sekaligus cucu dari Nell Goldstein (penempa senjata Dante).

Kembali ke gameplay, tangan pengganti Nero memegang peranan yang krusial jika kamu ingin meningkatkan style rank di setiap segmen permainan. Kamu memang bisa mendapatkan rank yang tinggi dengan mengeksekusi kombo beruntun yang kreatif, namun kekuatan dari setiap Devil Bringer dapat meningkatkan stylish point secara drastis. Secara keseluruhan Nero memiliki 8 jenis Devil Breaker yang bisa dipakai, namun pada versi demo ini kamu hanya bisa mendapat akses untuk menggunakan 3 tangan yaitu Overture, Punch Line dan Gerbera. Selain skill biasa, setiap Devil Breaker memiliki satu skill spesial yang sangat kuat saat digunakan. Hanya saja saat skill tersebut digunakan, maka tangan yang dimiliki Nero tersebut akan rusak dan harus diganti. Tidak masalah jika kamu memiliki tangan pengganti tentunya, namun apa yang terjadi jika Nero hanya membawa satu Devil Breaker saja? yang jelas kamu akan kesulitan dalam menghadapi musuh kuat atau mencapai rank tinggi.

Sekarang mari bahas satu persatu dari kemampuan 3 Devil Breaker yang Kru KotGa singgung di atas. Pertama adalah Overture, tangan yang satu ini memungkinkan Nero untuk mengeluarkan energi listrik kuat yang dapat memukul mundur musuh. Skill spesialnya sendiri adalah semacam bom hitung mundur yang dapat ditempelkan pada musuh, dimana kamu juga bisa menembaknya secara manual agar meledak lebih cepat. Untuk Punch Line, tangan ini memiliki kemampuan untuk memukul musuh dari jarak jauh dan bekerja layaknya roket terbang. Selain berguna untuk menjangkau musuh yang terlalu jauh, tangan ini bisa digunakan Nero untuk berseluncur layaknya menggunakan hoverboard terbang. Skill spesial yang dimilikinya sendiri adalah tinju berkekuatan roket dengan daya hancur tinggi. Sementara untuk yang terakhir adalah Gerbera, yang memiliki fungsi lebih banyak dari Devil Breaker lainnya seperti memberi efek dorong agar Nero bisa bergerak bebas di udara, mengeluarkan beam dengan kekuatan besar (mirip kamehameha), dan memancarkan scatter beam kecil yang dapat memantul ke semua arah.

Ketiga Devil Breaker tersebut sama-sama memiliki peran yang penting, dimana kamu juga bisa membuat variasi kombo sekreatif mungkin dengan memanfaatkan skill standar dan spesial. Terlepas dari kegunaanya yang luar biasa, Devil Breaker juga memiliki dua kelemahan yaitu mudah rusak dan tidak bisa diganti dengan breaker lainnya sebelum hancur. Jadi misalnya kamu memiliki Gerbera dan ingin menggunakannya, maka kamu harus menunggu sampai Devil Breaker yang sedang digunakan Nero hancur terlebih dahulu sebelum bisa berganti tangan. Walaupun terkesan merepotkan, namun sistem ini mungkin diimplementasikan agar pemain bisa beradaptasi dengan semua jenis Devil Breaker yang ada dalam game ini.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru