NEWS

Akhir Sebuah Generasi, Produksi PlayStation Vita di Jepang Akan Dihentikan

VolkanKaya   |   Selasa, 19 Feb 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Diluncurkan pada tahun 2011 sebagai suksesor langsung dari PlayStation Portable yang dulunya sangat sukses, siapa sangka jika PlayStation Vita berakhir dengan kegagalan. Sebenarnya konsol handheld ini memang memiliki potensi yang sangat bagus, namun kurangnya dukungan dari pihak Sony membuat konsol ini hanya terasa relevan di Jepang dan negara Asia saja. Setelah kehilangan dukungan game eksklusif dan produksi konsolnya di wilayah barat, sepertinya wilayah Jepang juga akan memberhentikan produksinya dalam waktu dekat.

Berdasarkan informasi terbaru dari website PlayStation Jepang, dua model PlayStation Vita PCH-2000 ZA11 (Black) dan PCH 2000 ZA23 (Aqua Blue) yang bertahan sebagai model yang masih diproduksi di Jepang akan segera dihentikan produksinya. Kabar ini memang tidak begitu mengejutkan, karena pihak Sony sudah mengonfirmasi pemberhentian produksi konsolnya di tahun 2019. Untuk sementara tidak ada jadwal spesifik, namun perlu diketahui kalau pemberhentian produksi PlayStation 3 pada waktu itu disampaikan dua bulan sebelum jatuh tempo.

Baca ini juga :

» Dev. Game World War Z Tertarik Untuk Membuat Remake 'Half-Life 2'
» Keanu Reeves Ternyata Selalu Ingin Bermain Lagi di Film 'Constantine'
» Sony Berjanji Akan Mendukung PS4 Sampai Setidaknya 3 Tahun Lagi!
» Sony Umumkan Twisted Metal Bakal Hadir dalam TV Series!
» Kreator Game of Thrones, George R.R. Martin Konfirmasi Tengah Kembangkan Game Baru!

Mengenai kedudukan PlayStation Vita sendiri, sebenarnya hingga tahun 2019 ini konsol tersebut masih sejajar dan bahkan lebih laris dibandingkan Nintendo 3DS di Jepang. Banyak developer lokal juga masih mengandalkannya sebagai platform utama untuk merilis game, namun sayangnya dukungan dari satu negara saja tidak akan cukup untuk mempertahankan eksistensi konsol ini.

Era PlayStation Vita memang sudah berakhir, namun eksistensi konsol ini pasti akan selalu dikenang oleh banyak gamer hingga beberapa generasi berikutnya. Sekarang mari berharap agar Sony dapat memberikan dukungan lebih jika mereka ingin membuat konsol handheld lagi di masa mendatang.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru