NEWS

Review ROG G703GX, Ini Dia Performa Ngebut Kalau RTX 2080 dan Intel Core i9-8950HK Telah Bersatu

Master-Fakry   |   Selasa, 12 Mar 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Halo Kotakers! Akhirnya, setelah resmi diluncurkan pada awal tahun 2019, ROG G703 yang dilengkapi prosesor Intel Core i9 generasi kedelapan dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080, yaitu ROG G703GX, telah hadir di Indonesia. Kabar baiknya, tidak lama setelah laptop gaming berspesifikasi monster tersebut datang, Kru KotGa berkesempatan untuk mencoba dan melakukan benchmark kepada ROG ini.

Pada artikel ini, Kru KotGa bakal lebih menceritakan pengalaman dalam menggunakan ROG G703GX secara umum terlebih dahulu, mengingat banyak dari Kotakers yang penasaran mengenai performa atau kinerja dari laptop yang dibandrol seharga Rp80.999.000 ini. Mengenai detail kinerjanya untuk gaming beberapa game AAA terkini akan Kru KotGa berikan pada artikel selanjutnya.

master fakry
Master Fakry

Okey, diawali dengan kartu grafis dulu, Nvidia GeForce RTX 2080. RTX merupakan GPU gaming terbaru dari Nvidia. ROG G703GX merupakan laptop berbasis GeForce RTX yang menggunakan arsitektur turing dengan Compute Unified Device Architecture (CUDA) Core serta Ray-Tracing (RT) Core yang dapat menghadirkan kualitas visual luar biasa. GeForce RTX juga sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Gabungan teknologi terbaru tersebut membuat jajaran laptop terbaru ROG mampu menghadirkan sajian visual lebih nyata sekaligus menetapkan standar baru dalam dunia laptop gaming. RTX 2080 yang dilengkapi dengan memori GDDR6 sebesar 8GB, ROG G703GX merupakan salah satu laptop dengan kinerja grafis terbaik.


Armoury Crate

Selanjutnya mengenai prosesornya, Intel Core i9-8950HK yang memiliki konfigurasi 6 core 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,8GHz. Intel Core i9-8950HK juga merupakan prosesor Intel untuk laptop consumer paling kencang saat ini dan telah menggunakan arsitektur 14nm. Performa ROG G703GX semakin powerful berkat penggunaan teknologi penyimpanan HyperDrive Extreme yang mengkombinasikan tiga NVMe PCIe SSD berkapasitas masing-masing 512GB pada konfigurasi RAID 0 sehingga bisa menghadirkan kecepatan read hingga 8700MB/s. Untuk membuktikan klaim tersebut, Kru KotGa pun menjajal kinerja storage ROG G703GX ini menggunakan CrystalDisc Mark dan hasil read untuk sequence-nya "wow banget" dapat 8891,8M/s atau bisa dibilang melampau klam ASUS terhadap laptop ini. Kamu bisa lihat tangkapan layarnya di bawah ini.


CrystalDiscMark

Untuk melihat performa ROG G703GX ini, Kru KotGa telah melakukan benchmark menggunakan beberapa software benchmark lain seperti 3DMark, Cinebench dan CrystalDiscMark untuk mengukur performa prosesor, kartu grafis dan storage-nya. Berikut adalah hasl tangkapan layar dar setiap tools benchmark tersebut.


3DMark: Fire Strike


3DMark: Fire Strike Extreme


Cinebench R15

Sebelum membahas kinerjanya lebih lanjut, intip dulu tabel yang berisi spesifikasi lengkap ROG G703GX berikut ini.

Main Spec. ASUS ROG G703GX
CPU Intel Core i9-8950HK Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.8GHz)
Operating System Windows 10
Software Armoury Crate, GameFirst V, Sonic Studio & Sonic Radar III, Aura, XSplit Gamecaster (Free), Android/iOS App
VR Ready Yes
Memory 64GB DDR4 2666MHz SDRAM
Storage 3 x M.2 NVMe PCIe SSD 512GB with RAID 0 configuration
Display 17,3-Inch (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms G-SYNC
Graphics Nvidia GeForce RTX 2080 8GB GDDR6 VRAM
Input/Output 1x HDMI 2.0a, 1x Mini DisplayPort 1.4, 1x USB 3.1 port (Gen 2) with Thunderbolt 3, 3x USB 3.1 (Gen2), 1x Microphone-in/Headphone-out Jack, 1x Microphone Jack, 1x RJ45 port, 1x Kensington lock
Camera HD Web Camera
Connectivity 802.11ac Wave 2 Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio 2x 2W speakers + 2x 4.5W speakers with Smart AMP technology, ESS Hi-Fi DAC, Array Microphone
Battery 71WHrs, 4S2P, 8-cell Li-ion
Dimension 42.5(W) x 31.9(D) x 4.75 ~ 5.10(H) cm
Weight 4,7Kg with Battery
Colors Titanium Metal
Price Rp80.999.000
Warranty 2 tahun garansi global

Sekarang masuk tentang pembahasan layar. ROG G703GX dilengkapi monitor dengan layar berukuran 17,3 inci yang sangat responsif dengan panel IPS-level yang memiliki refresh rate 144Hz dan response time 3ms. Suatu keunggulan yang akan membawa penggunanya dalam pengalaman gaming yang sangat nyaman. Ditambah dengan dukungan fitur Nvidia G-Sync, laptop ini dipastikan dapat menyuguhkan tampilan yang jauh lebih mulus tanpa tearing dan stuttering.


Gamer tidak boleh melupakan kenyamanan keyboard sebab nyaris semua input dan kontrol ketika gaming menggunakan perangkat tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai ketidaknyamanan pada keyboard membawa kamu ke dalam kekalahan karena tombol yang terlalu keras, kurang responsif atau bahkan tidak terdeteksi ketika menekan banyak tombol sekaligus.

Nah, mengetahui pentingnya kenyamanan keyboard bagi gamer, maka keyboard ROG G703GX dirancang khusus untuk ngegame serta dilengkapi dengan teknologi eksklusif HyperStrike Extreme. Selain menghadirkan hotkey dan tombol khusus, teknologi HyperStrike Extreme juga menyuguhkan desain ergonomis ke setiap tombolnya. Setiap tombol keyboard memiliki travel distance 2,5 mm yang ideal untuk bermain game sekaligus mengetik. Didukung dengan teknologi N-Key Rollover dan fitur anti-ghosting, keyboard ROG G703GX dapat memastikan setiap input mampu diproses secara akurat sehingga gamer mendapatkan kontrol yang akurat dan nyaman. Ditambah dengan fitur Aura RGB Lighting, tampilan keyboard ROG G703GX dapat disesuaikan dengan selera setiap gamer.


Keyboard

Kelebihan lainnya yang terdapat pada ROG G703GX, antara lain pada sistem pendingin yang dinamakan Heavy-Duty HyperCool Pro yang memanfaatkan dua kipas 12V yang sangat bertenaga untuk menghasilkan aliran udara kencang. Sistem tersebut membuat setiap komponen dalam ROG G703GX mampu bekerja maksimal tanpa mengalami panas berlebih. Apalagi laptop ini didukung dengan chassis khusus yang memiliki empat jalur pembuangan udara panas (dua di bagian belakang, satu di sisi kanan dan satu lagi di sebelah kiri), ROG G703GX dipastikan tetap dapat bekerja dengan performa maksimal meski sedang dalam kondisi full-load. Gamer juga memiliki kontrol penuh terhadap sistem pendingin khusus di ROG G703GX melalui aplikasi Armoury Crate sehingga gamer dapat mengatur kecepatan kipas sistem pendingin secara manual atau membiarkannya bekerja secara otomatis.


Sistem pendingin 12V

Bagi sebagian gamer, grafis yang luar biasa mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan. Namun, sebagian yang lain tidak mau berhenti pada grafis saja, mereka perlu audio yang "cetar membahana" untuk memuaskan kebutuhan gaming maupun hiburannya. Nah, Berbicara soal audio, ROG G703GX tampil dengan audio yang cukup realistis berkat kombinasi ESS patented HyperStream DAC dan Time Domain Jitter Eliminator. Teknologi 7.1-Channel Surround Sound dari Sonic Studio III juga ikut hadir di laptop ini untuk suara yang jernih dan powerful.

gamer top indonesia
Master Fakry

Baca ini juga :

» [SPECIAL] Nyobain Fitur AiMesh di Router ASUS! Sinyal Luas, Gaming Lancar Tanpa Khawatir WiFi Lemot
» [SPECIAL] Pahami Betul, Inilah Panduan Membeli Router Gaming Sesuai Kantong
» (Defy Ordinary) ZenFone 6 Resmi Diumumkan, Tidak Perlu Kamera Depan untuk Selfie
» Gamer Banget! ASUS Umumkan Router Gaming Terbarunya, ROG Rapture GT-AC2900!
» [SPECIAL] Tidak Semua Sama, Ketahui Fungsi dari Setiap Jenis Wireless Gaming Router

Tentang kelengkapan port-nya. Seperti yang tertera di tabel spesifikasi lengkap, port yang terdapat pada ROG G703GX ini terbilang sangat lengkap, mulai dari USB 3.1 Gen2 (Type-C dan Type-A), HDMI 2.0a hingga Mini DisplayPort. Apalagi, port USB Type-C pada laptop ini sudah mendukung sambungan Thunderbolt 3 yang memiliki kecepatan transfer data sangat tinggi. Salah satu port USB Type-A pada gaming laptop ini juga dilengkapi fitur AUS USB Charger Plus sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone atau gadget lainnya. Kelengkapan lainnya adalah RJ45 atau LAN port untuk gamer yang ingin bermain dengan konektivitas lebih stabil serta sebuah SD Card Reader untuk memudahkan transfer data. Berbeda dengan laptop pada umumnya, ROG G703GX hadir dengan dua audio jack, satu didedikasikan untuk microphone dan satu lagi merupakan combo audio jack.


DC input

Fakta yang perlu kamu ketahui, ROG G703GX memiliki dua DC input. Nah, untuk bisa menjalankan performa terbaiknya atau pada Armoury Crate disebut dengan pengaturan "Turbo", pengguna harus menggunakan kedua adapter. Dan ukuran DC adapternya itu tidak bisa dibilang kecil dan bobotnya cukup berat. Hal tersebut tidak bisa dihindari mengingat ROG G703GX ini memang perangkat yang ditujukan untuk PC replacement atau sebagai PC rumahan atau kantor yang tidak digunakan untuk keperluan mobile, tetapi jika diperlukan untuk mobile masih tetap bisa serta masuk akal, dan tentu lebih ringkas dibandingkan bawa PC sendiri, monitor, keyboard dan mouse-nya secara terpisah.

Well, kesimpulannya adalah buat kamu yang menginginkan laptop powerful untuk keperluan gaming dan aktivitas mendatang yang semakin membutuhkan perangkat komputasi dengan spesifikasi yang tinggi serta dapat dibawa dengan mudah dan kebetulan punya budget yang sangat besar untuk itu, maka ROG G703GX ini merupakan pilihan tepat.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru