NEWS

Ternyata Developer Game Indonesia Sudah Eksis Sejak Tahun 1989, Ini Dia Sosok Agustinus Nalwan

Master-Fakry   |   Kamis, 21 Mar 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Halo Kotakers!

Pernah tidak terfikirkan oleh kamu mengenai eksistensi developer atau pengembang game Indonesia ini mulai sejak kapan? Nah, pagi ini ketika sedang asyik browsing dan Facebook-an, Kru KotGa menemukan artikel menarik di situs Tech in Asia Indonesia yang mengulas tentang sosok developer game pertama di Indonesia yang mulai membuat game sejak tahun 1989. Ia adalah Agustinus Nalwan.

Dilansir dari situs PCGamer, pria yang akrab disapa Mas Agus itu diklaim sebagai pembuat fangame Dragon Ball Z pertama untuk PC, lho. Kalau buat gamenya baru-baru ini ketika engine pengembangan game sudah banyak dan lebih mudah, mungkin tidak jadi sesuatu yang spesial. Sebab, pada zaman Mas Agus mulai membuat game itu, ketika dirinya duduk di bangku SMP, internet belum umum digunakan oleh masyarakat dan Google pun belum didirikan. Jadi, mau cari cara buat game di mana?

Baca ini juga :

» Intip Agenda Acaranya, Baparekraf Game Prime 2020 Online Diumumkan
» Kisahkan Kembali Goku dan Gohan Kecil, Action RPG Dragon Ball Z Dikerjakan CyberConnect2?
» Game Terbaru Dragon Ball Adalah Sebuah Action RPG!
» Pendapatan Industri Game Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara pada Tahun 2018
» Fans Memilih Film Dragon Ball Z Terfavorit di Jepang!

Nah, Mas Agus belajar pemrograman secara otodidak dari buku-buku terbitan luar negeri dan BBS (Bulletin Board System) yang merupakan pendahulu internet yang kita nimkati saat ini. Meski belum paham betul bahasa asing, namun dengan bekal keingintahuan dan berani mencoba mengikuti bahasa pemrograman yang dipelajari yang mana saat itu menggunakan BASIC, akhirnya iapun bisa memahami cara pembuatan game.


Game pertama yang dihasilkan oleh pria yang tinggal di Melbourne, Australia, ini adalah game PC bertema Dragon Ball pada tahun 1989. Namun, dikarenakan pengembangan game itu menggunakan properti orang lain sehingga gamer asak Surabaya, Indonesia, ini tidak bisa menjualnya dan hanya bisa membagikannya melalui internet yang cukup banyak diunduh, baik lokal hingga gamer luar negeri. Kemudian, barulah ketika naik kelas ke 3 SMP, barulah dirinya mengembangkan game dengan tampilan yang berbeda tetapi konsepnya serupa.


Di tahun 1996, Elex Media Komputindo telah menerbitkan bukunya yang berjudul "Pemrograman Animasi dan Game untuk Profesional". Berdasarkan laman LinkedIn-nya, saat ini pria dengan pengalaman lebih dari 25 tahn dalam ranah pengembangan software ini berkarir sebagai Head of AI and Machine Learning, Public Speaker, AWS ML Hero dan AI Advisory Board Member.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru