NEWS

Siap Ucapkan Selamat Tinggal? BlackBerry Messenger Akan Segera Matikan Layanannya

VolkanKaya   |   Jumat, 19 Apr 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Masih ingatkah dengan BlackBerry Messenger atau yang biasa sering disebut BBM? Salah satu platform chatting terpopuler di mobile ini memang sempat menjadi tren besar di kalangan anak muda dulunya, namun jika dilihat dari persaingan pasar aplikasi mobile yang semakin berkembang maju tiap tahunnya, keberadaan BlackBerry Messenger lambat laun mulai dilupakan dan kehilangan banyak pengguna. Mengetahui fakta yang memprihatinkan ini, perusahaan BlackBerry kemudian memutuskan untuk menghentikan layanan BBM pada akhir bulan Mei nanti.

Pengumuman ini disampaikan melalui postingan terbaru di blog resmi perusahaan, dimana mereka menjelaskan kalau terlepas dari usaha perusahaan dalam memberikan dukungan penuh pada BBM, arus industri teknologi yang semakin besar juga membuat persaingan semakin sulit. Apalagi dengan semakin banyaknya pengguna yang beralih ke layanan lain, tentunya mereka tidak bisa memberikan dukungan secara konsisten.

Baca ini juga :

» Bukan Mobile Legends! Piala Presiden 2020 Akan Pertandingkan Free Fire dan PES
» 7 Game yang Paling Banyak Ditonton Gamers di Youtube Bulan Agustus 2019
» Gara-gara Gagal Dapat 1 Item, Speedruner Baten Kaitos Ini Kehilangan Progress 97 Jam
» [TGS 2019] Terlihat Ambisius! Square Enix Pamerkan War of the Visions: Final Fantasy Brave Exvius
» Tips 5 Combo Maut di Chess Rush yang Bikin Lawan Langsung Nangis!

Walaupun layanan BBM versi konsumer akan segera dimatikan, namun para pengguna nantinya masih bisa mengakses versi enterprise dari aplikasinya yang bernama BBMe. Cara kerja dari platform chattingnya masih sama dan bisa diunduh secara gratis untuk Android dan iOS, namun penggunanya akan ditarik biaya subscription selama enam bulan sekali. Aplikasi chatting ini memiliki beragam tambahan fitur eksklusif seperti opsi edit pesan atau membatalkan pengirimannya, jadi tambahan biaya langganan yang kecil bisa dibilang cukup sepadan.

Tentu saja kebanyakan pengguna smartphone saat ini lebih memilih aplikasi chatting yang fleksibel seperti WhatsApp atau LINE, namun tidak bisa dipungkiri juga kalau sebagian dari mereka masih setia dengan BlackBerry Messenger selama bertahun-tahun lamanya. Dengan penutupan layanannya pada akhir bulan Mei, semoga BBM bisa meninggalkan impresi atau kenangan tersendiri pada para pengguna lamanya.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru