Feature

5 Mobile RPG yang Bisa Menyaingi Dominasi MOBA dan Battle-Royale

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan industri gaming untuk smartphone semakin berkembang pesat lebih cepat dari masa ke masa. Jika sebelumnya smartphone hanya bisa memainkan berbagai game kasual, kini sudah banyak game "kompetitif" yang menjamur untuk smartphone, terutama yang memiliki genre MOBA ataupun battle-royale.

Kedua genre tersebut benar-benar mendominasi dengan scene kompetitif yang memang menjanjikan. Tapi, jauh sebelum itu, game mobile yang bergenre RPG juga sudah terlebih dahulu eksis meski tidak terlalu menghebohkan hingga saat ini.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan menyebutkan beberapa game yang setidaknya berhasil berjejer di papan atas Google Play ataupun App Store yang mampu menyaingi berbagai game MOBA ataupun battle-royale. Lantas, apa saja 5 mobile RPG yang bisa menyaingi dominasi MOBA dan battle-royale? Yuk simak artikelnya!

Baca ini juga :

» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Auto Kaya! 7 Donasi Paling Menggemparkan di Jagat Streaming Indonesia!
» Transisi Scaramouche Menjadi Wanderer! Rangkuman Update Genshin Impact versi 3.3!
1. Honkai Impact 3

Honkai Impact 3 adalah mobile RPG bergaya anime yang mungkin cukup banyak peminatnya. Setelah sebelumnya cuma hadir dalam bahasa Mandarin dan Jepang saja, akhirnya Honkai Impact 3 telah resmi dirilis untuk perangkat Android dan iOS dalam bahasa Inggris pada tahun 2017 kemarin. Bahkan, baru-baru ini Honkai Impact 3 telah mengadakan event turnamen bersakala besar se-Asia Pasifik.

Honkai Impact 3 memiliki grafis yang menawan dengan style karakter anime. Overall dengan grafik memukau, sistem gameplay dengan kostumisasi mendalam dan karakter yang menarik, Honkai Impact 3 menjadi game Android 3D yang patut kamu mainkan. Terutama bagi para pecinta anime yang menginginkan game action 3D dalam smartphone-nya.

2. Fate/Grand Order

Mobile RPG yang satu ini memang luar biasa popularitasnya, hingga saat ini dari awal perilisannya pada tahun 2015 silam, Fate/Grand Order selalu bertengger di papan atas Top Grossing di negara asalnya, Jepang.

Selain itu, banyak gamer di dunia tak terkecuali Indonesia yang memainkannya dan tidak segan untuk melakukan pembelian in-game credits untuk bisa mendapatkan karakter-karakter yang diinginkan. Ya, kru KotGa adalah salah satu korban game ini. Sebenernya mekanisme gameplay yang ditawarkan terbilang simpel. Hanya saja, nama besar seri Fate, desain karakter dan artwork yang ditawarkan selalu sukses membuat para pemainnya khilaf.

3. Black Desert Mobile

Bagi kamu para pecinta MMORPG, pastinya sudah tahu betul bahwa salah satu game MMORPG yang paling digandrungi saat ini adalah Black Desert Online. Sayangnya, tidak semua gamer mampu untuk memainkan game tersebut, entah karena tidak adanya waktu bermain di depan komputer, atau spesifikasi PC yang kurang memadai. Hal tersebut yang sepertinya membuat Pearl Abyss memutuskan untuk merilis versi Mobile.

Meski belum dirilis secara global, Black Desert Mobile telah meraih kesuksesan di negara asalnya, yaitu Korea Selatan. Begitu juga dengan perilisannya di Taiwan dan Jepang. Game yang mengandalkan grafis fantastis dan mekanisme gameplay yang realistis ini akan rilis secara global pada tahun 2019 ini. Sudah siapkah kamu menyambutnya?

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru